Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Wednesday, 11 October 2017

MENANTI PAGI DI PANTAI SEPANJANG; GUNUNG KIDUL

Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi kalau Yogyakarta terkenal akan pantai-pantainya yang begitu cantik. Jauh sebelum munculnya destinasi-destinasi wisata baru di Yogyakarta, pantai-pantai di sisi selatannya sudah terebih dahulu dikenal dan menjadi tujuan wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Selain menawarkan keindahan pemandangan matahari terbenam seperti di TANJUNG KESIRAT dan LAUT BEKAH, daya tarik pantai di Yogyakarta lainnya adalah pasir putih yang menawan. Salah satu pantai pasir putih yang kini menjadi primadona bagi para wisatawan adalah pantai terpanjang di Yogyakarta yaitu Pantai Sepanjang.

Info Harga Tiket: Rp10.000,00 (1 tiket untuk banyak pantai)  Tarif Parkir Rp2.000,00 (sepeda motor)  Jam Buka 24 jam  Fasilitas Area parkir, toilet, warung makan, gazebo, mushalla, kamar mandi
Suatu Pagi di pantai Sepanjang
Menuju Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 67 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan normal. Akses menuju Pantai Sepanjang juga tidaklah sulit terlebih pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata di kawasan pantai daerah Gunung Kidul berkembang begitu pesat. Pantai Sepanjang ini terletak di antara deretan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.

Menuju Pantai Sepanjang
Menuju Pantai Sepanjang
Rute termudah untuk mencapai Pantai Sepanjang adalah melalui Jalan Wonosari-Patuk-Kota Wonosari. Jalur menuju Pantai Sepanjang sama dengan jalur menuju Pantai Baron yang sudah sejak dahulu kala menjadi tujuan wisata sehingga sudah banyak terdapat plang penunjuk jalan. Rute melalui Kabupaten Gunung Kidul kondisinya naik-turun dan berkelok sehingga perlu persiapan; baik itu dari pengemudi atau kendaraan. Jalanan yang ada sudah cukup lebar sehingga bus besar sudah bisa melewatinya sampai area parkir Pantai Sepanjang.


Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, garis Pantai Sepanjang dengan pasir putihnya memang benar-benar panjang. Pantai ini menjadi favorit wisatawan untuk melakukan camping di atas pasir pantainya yang lembut. Saat akhir pekan atau hari libur, banyak pengunjung yang camping di pantai ini. Tentunya kebersihan harus selalu dijaga dan pengunjung tidak diperkenankan untuk membuat api unggun di atas pasir putih untuk menjaga keindahannya.

Kawasan Pantai Sepanjang
Kawasan Pantai Sepanjang
Pengunjung yang camping biasanya menikmati malam dengan berbagai aktifitas seperti memasak, makan, bermain musik, menyanyi, bermain kartu, dan berbagai aktifitas lainnya. Jika cuaca cerah maka mengobrol di bawah gemerlap cahaya bintang dan deburan ombak akan menjadi begitu menyenangkan. Hal terpenting saat camping adalah jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan air karena ada kemungkinan air pasang.

Menjelang Pagi di Pantai Sepanjang
Menjelang Pagi di Pantai Sepanjang
Usai melewati malam, saat pagi tiba merupakan waktu yang ditunggu oleh para pengunjung. Kondisi langit yang mulai cerah membuat pemandangan ke segala arah mulai terlihat. Panjangnya garis pantai di Pantai Sepanjang dari ujung ke ujung akan benar-benar bisa disaksikan saat hari beranjak terang. Pemandangan perbukitan di sekitar pantai juga akan semakin tampak bersamaan dengan semakin terangnya hari.

Pagi dan Pantai Sepanjang
Pagi dan Pantai Sepanjang
Jika cuaca cerah maka indahnya matahari terbit di sisi timur akan terlihat begitu indah. Saat surut, pengunjung dapat bermain air di atas karang yang berbatasan langsung dengan pasir pantai. Aneka flora dan fauna penghuni karang dekat pantai dapat disaksikan secara langsung dari jarak yang cukup dekat. Garis pantai yang panjang membuat Pantai Sepanjang dapat menampung kunjungan banyak wisatawan.

Pantai Sepanjang, Gunung Kidul
Pantai Sepanjang, Gunung Kidul

Info

Harga Tiket:
Rp10.000,00 (1 tiket untuk banyak pantai)

Tarif Parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Jam Buka
24 jam

Fasilitas
Area parkir, toilet, warung makan, gazebo, mushalla, kamar mandi

30 comments:

  1. sudah pernah kesini namun sayangnya cuma sebentar waktu itu, namun walaupun bentar sudah puas lah ngrasain tebelnya pasir pantai sepanjang ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga karena diajakin ngecamp di pantai..
      Jadi ada kesempatan buat enjoy pantainya lama..

      Delete
  2. Pantai nya lumayan..
    tp favorite ku tetep pok tunggal.. lbh ciamikkk buat spot camp..
    Toh ya nggak jauh2 amat dr sepanjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. Malah saia belum pernah ke sono.. haha
      Dulu nyaris ke sana tapi malah batal..

      Mungkin akan jadi destinasi selanjutnya...

      Delete
  3. Dulu saya juga pernah ke pantai Sepanjang. Tapi ke sana pas siang hari. Jadi airnya sedang pasang. Makanya ingatan saya tentang pantai Sepanjang tidak seindah tulisan di blog ini. Mungkin beneran harus ke sana pagi-pagi ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu dan kondisi cuaca emang memengaruhi panorama yang tersaji di suatu tempat mbak..
      Coba datang lagi pas pagi dan semoga cuaca pas cerah..

      Kalau siang bukannya panas banget ya..?

      Delete
  4. Asik juga ya kalau bisa camping di pantai sepanjang. :D
    Kalau bareng keluarga atau sahabat bisa lebih seru tuh. :)
    Salam kenal ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..
      Camping sendiri juga boleh kalau mau menyendiri.. haha

      Salam kenal juga..

      Delete
  5. Wow. Yogya pun menyimpan mistisisme fajar selain Parangtritis dan Parangkusumo. Saat fajar dengan dominasi semburat ungu itu menurut saya fantastis banget. Saya baru baca soal pantai ini. Mudah-mudahan bisa ke sana dalam kunjungan selanjutnya di Yogya. Terima kasih banget atas informasinya. Oh iya, salam kenal. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ms.. Sama-sama..

      Semoga pas berkunjung nanti dapet waktu dan cuaca yang bagus..

      Delete
  6. Waaah.. kayaknya tempatnya indah banget tuh mas..
    hasil jepretannya juga indah banget mas..

    Next Time harus ajak keluarga nih ke pantai sepanjang sekalian liburan..
    nice info mas

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga..

      Itu lebih ke waktunya yg pas gan..
      Semoga pas maen ke sini dapet waktu yang pas juga..

      Delete
  7. pagi nya amzing pemndanganya,,,pantai sepanjang

    ReplyDelete
  8. Hwaa, masyaAllah~~~~~
    menawan nian pemandangan di pantai Sepanjang.
    Perpaduan antara biru, ungu, oranye, tersapu lembut di langit luas.
    Apalagi terpantul di hamparan pasir pantainya yang basah, jadi seperti bercermin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah keindahan lukisan Tuhan..
      Bagaimana semesta bersatu atas perintah-Nya..
      Sehingga jadilah lukisan indah-Nya;
      sebuah cermin raksasa angkasa raya..

      Delete
  9. pantai slalu menjadi favorite ku, smoga bisa pergi ke sana

    ReplyDelete
  10. Keren pisan euy..
    Kapan ya agendakan. Wkwkw. Ini saya lagi menggebu gebu pengen mengexplor jogja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera agendakan bung..
      Jogja memanggil untuk dijelajah..

      Delete
  11. Foto pantainya keren yah... berpanduan warna warni langit dengan air laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..
      Beruntung dapet cuaca yang pas, meskipun gak terlalu cerah sebenernya..

      Delete
  12. Ini pantai sepanjang duh lah namanya nanggung banget
    Serasa mau nyanyi gitu "sepanjang jalan kenangan"


    Btw itu foto2 pribadi kah?
    Kueren 💚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, langsung galau dah kalo denger lagu itu.. hehe
      Tapi pantainya memang beneran panjang hlo..

      Iya, itu foto" saia sewaktu camp di sana..
      Alhamdulillah pas bagus banget momennya meskipun sebenernya gak cerah..

      Delete
  13. suasana paginya sepertinya syahdu banget yah..

    Belum pernah kesini.. Cuma parangtritis yg pernah dikunjungi di Jogja,, duluuu bgt waktu masih kecil :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan gan buat main kemari..
      Jangan lupa berdoa sebelum berangkat supaya cuacanya mendukung..

      Delete
  14. Uwah,,, picture langitnya cantiiik banget
    Besok besok deh,,sapa tau dapat rejeki jalan jalan ke jogja..mau mampir kesana liat sunrise nya ^_^ thanks sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama..

      Jangan lupa berdoa dulu sebelum berangkat supaya cuacanya mendukung.. hehe

      Delete
  15. Replies
    1. Thanks..
      Alhamdulillah momennya yang pas..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda