Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 18 May 2018

PANTAI PAYANGAN, SECUIL KAYANGAN DI JEMBER SELATAN

Kabupaten Jember yang berada di Provinsi Jawa Timur memang menyimpan pesona keindahan alamnya tersendiri. Jika Wonogiri punya PANTAI NAMPU yang menawan, Pacitan punya PANTAI KLAYAR yang indah, maka Jember juga mempunyai pantai cantik bagai kayangan di pesisir selatannya, yakni Pantai Payangan.


Panorama di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Panorama di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Perjalanan saya ke Pantai Payangan ini dimulai saat libur long weekend paskah tanggal 31 Maret 2018. Dikarenakan jarak Kota Surakarta-Jember yang jauh (10 jam perjalanan dengan kereta api), tentu butuh waktu tiga hari untuk bisa menikmati liburan di Jember.


Ditemani Blogger Paling Kece Se-Jember
Ada yang berbeda pada penjelajahan saya di Jember ini. Kali ini saya tidak sendiri seperti biasanya, melainkan ditemani oleh blogger paling kece se-Jember, bahkan se-Indonesia Raya (nuruti request). Dialah Kak Ros pemilik blog Membaca Itu Lezat. Kenalan sendiri yak.. hehe

Solo-Jember

Menuju Payangan
Pantai Payangan secara administratif terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Jember dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Jika dari Jember maka perjalanan dimulai dengan terlebih dahulu dengan berkendara ke jalan utama Jember menuju Lumajang. Nantinya perjalanan berlanjut dengan berbelok ke arah kiri (selatan) menuju Jalan Otto Iskandar Dinata.


Jember-Pantai Payangan

Beruntung sekarang tersedia teknologi Google Maps yang memudahkan pencarian arah, termasuk menuju Pantai Payangan. Cukup terus ke arah selatan mengikuti jalan tersebut yang nantinya akan sampai tujuan.

Secuil Kayangan di Payangan
Nantinya tersedia banyak area parkir menjelang sampai. Usai memarkir kendaraan, jalan kaki harus dilakukan untuk mencapai pantai. Kawasan Pantai Payangan sendiri cukup luas sehingga pengunjung akan leluasa memilih spot untuk menikmati keindahan di pantai ini. 
Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Saya memulai perjalanan di pantai ini dengan terlebih dahulu berjalan ke arah barat. Nantinya di sana akan dijumpai bentang garis pantai yang memanjang seperti sebuah teluk. Panorama dari sana begitu indah dengan panjangnya garis pantai yang melengkung dan pegunungan hijau di belakangnya.
Pantai Payangan Sebelah Barat
Pantai Payangan Sebelah Barat
Sebenarnya jika terus berjalan menyusuri garis pantai, maka nantinya perjalanan akan sampai di Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Namun dikarenakan jauhnya jarak, maka saya tidak melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sampai ke sana.
Bermain Air di Pantai Payangan
Bermain Air di Pantai Payangan
Pasir di sepanjang Pantai Payangan memang berwarna hitam, tetapi hal tersebut sama sekali tidak mengurangi keindahannya. Bermain air di sepanjang garis pantai memang menyenangkan, tapi ada baiknya untuk tetap berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Bukit Samboja
Selain menikmati keindahan Pantai Payangan di sepanjang garis pantainya, indahnya panorama juga bisa didapatkan di kawasan perbukitan sekitarnya. Salah satu bukit yang bisa didaki yakni Bukit Samboja. Untuk mendaki Bukit Samboja, pengunjung harus membayar Rp5.000,00 saja.
Pintu Masuk Bukit Samboja
Pintu Masuk Bukit Samboja
Pengunjung juga bisa meminjam caping untuk melindungi diri dari panas matahari siang dan tongkat untuk membantu saat berjalan menanjak menuju atas bukit. Jalan setapak di Bukit Samboja juga sudah ditata dengan baik sehingga cukup mudah untuk dilalui.
Menuju Puncak Bukit Samboja
Menuju Puncak Bukit Samboja
Nantinya semakin ke atas, pemandangan akan semakin indah karena bentang alam Pantai Payangan yang luas akan terlihat jelas. Sepanjang jalan juga sudah disediakan tempat istirahat dengan atap untuk berteduh sambil menikmati indahnya pemandangan.
Pantai Payangan Sebelah Timur
Pantai Payangan Sebelah Timur
Sesampainya di puncak Bukit Samboja, pemandangan ke segala arah akan terlihat. Sisi timur bisa dibilang adalah pantai nelayan karena banyak perahu nelayan yang singgah di sana. Beberpa perahu nelayan bersandar di pantai dan ada pula yang berada di laut.
Kawasan Pantai Nelayan
Memandang lebih jauh ke sisi timur di seberang muara sebuah sungai besar, lengkungan garis pantai yang panjang tampak begitu memesona. Terdapat beberapa pantai di sisi barat itu, seperti Pantai Roro Ayu, Pantai Rowo Cangak, dan Pantai Canga’an. Lebih jauh lagi ke arah timur, terdapat kawasan pegunungan hijau yang termasuk Taman Nasional Meru Betiri.
Sisi Timur Pantai Payangan
Sisi Timur Pantai Payangan
Sementara itu sisi barat juga tidak kalah indah. Lengkungan garis pantai berpadu dengan landskap pegunungan hijau yang sebelumnya dilihat dari bawah ternyata tampak lebih indah jika dilihat dari Puncak Bukit Samboja ini.
Sisi Barat Pantai Payangan
Sisi Barat Pantai Payangan
Selain keindahan panorama ke arah laut lepas di sisi barat, lebih jauh ke arah kaki langit sebelah barat tampak sebuah pulau besar dari kejauhan. Pulau itu bernama Nusa Barung; sebuah pulau bersejarah yang kini kosong dan menjadi cagar alam.
Pulau Nusa Barung dari Pantai Payangan
Pulau Nusa Barung dari Pantai Payangan
Berkunjung ke Pantai Payangan ada baiknya dilakukan pada sore hari. Selain cuaca sudah tidak begitu terik, pemandangan sunset di sisi barat akan terlihat sangat indah, terutama jika disaksikan dari puncak Bukit Samboja.

Info
Jam buka
24 jam
Tiket Bukit Samboja
Rp5.000,00

Tarif parkir
Rp5.000,00 (motor)

Fasilitas
Area parkir, toilet, warung makan, mushalla, kamar mandi, spot foto, gazebo untuk istirahat, naik kuda

Waktu kunjungan terbaik
Pagi hari atau sore hari sewaktu cuaca cerah

Bonus:


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin