Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 18 May 2018

PANTAI PAYANGAN, SECUIL KAYANGAN DI JEMBER SELATAN

Kabupaten Jember yang berada di Provinsi Jawa Timur memang menyimpan pesona keindahan alamnya tersendiri. Jika Wonogiri punya PANTAI NAMPU yang menawan, Pacitan punya PANTAI KLAYAR yang indah, maka Jember juga mempunyai pantai cantik bagai kayangan di pesisir selatannya, yakni Pantai Payangan.


Panorama di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Panorama di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Perjalanan saya ke Pantai Payangan ini dimulai saat libur long weekend paskah tanggal 31 Maret 2018. Dikarenakan jarak Kota Surakarta-Jember yang jauh (10 jam perjalanan dengan kereta api), tentu butuh waktu tiga hari untuk bisa menikmati liburan di Jember.


Ditemani Blogger Paling Kece Se-Jember
Ada yang berbeda pada penjelajahan saya di Jember ini. Kali ini saya tidak sendiri seperti biasanya, melainkan ditemani oleh blogger paling kece se-Jember, bahkan se-Indonesia Raya (nuruti request). Dialah Kak Ros pemilik blog Membaca Itu Lezat. Kenalan sendiri yak.. hehe

Solo-Jember

Menuju Payangan
Pantai Payangan secara administratif terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Jember dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Jika dari Jember maka perjalanan dimulai dengan terlebih dahulu dengan berkendara ke jalan utama Jember menuju Lumajang. Nantinya perjalanan berlanjut dengan berbelok ke arah kiri (selatan) menuju Jalan Otto Iskandar Dinata.


Jember-Pantai Payangan

Beruntung sekarang tersedia teknologi Google Maps yang memudahkan pencarian arah, termasuk menuju Pantai Payangan. Cukup terus ke arah selatan mengikuti jalan tersebut yang nantinya akan sampai tujuan.

Secuil Kayangan di Payangan
Nantinya tersedia banyak area parkir menjelang sampai. Usai memarkir kendaraan, jalan kaki harus dilakukan untuk mencapai pantai. Kawasan Pantai Payangan sendiri cukup luas sehingga pengunjung akan leluasa memilih spot untuk menikmati keindahan di pantai ini. 
Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur
Saya memulai perjalanan di pantai ini dengan terlebih dahulu berjalan ke arah barat. Nantinya di sana akan dijumpai bentang garis pantai yang memanjang seperti sebuah teluk. Panorama dari sana begitu indah dengan panjangnya garis pantai yang melengkung dan pegunungan hijau di belakangnya.
Pantai Payangan Sebelah Barat
Pantai Payangan Sebelah Barat
Sebenarnya jika terus berjalan menyusuri garis pantai, maka nantinya perjalanan akan sampai di Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Namun dikarenakan jauhnya jarak, maka saya tidak melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sampai ke sana.
Bermain Air di Pantai Payangan
Bermain Air di Pantai Payangan
Pasir di sepanjang Pantai Payangan memang berwarna hitam, tetapi hal tersebut sama sekali tidak mengurangi keindahannya. Bermain air di sepanjang garis pantai memang menyenangkan, tapi ada baiknya untuk tetap berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Bukit Samboja
Selain menikmati keindahan Pantai Payangan di sepanjang garis pantainya, indahnya panorama juga bisa didapatkan di kawasan perbukitan sekitarnya. Salah satu bukit yang bisa didaki yakni Bukit Samboja. Untuk mendaki Bukit Samboja, pengunjung harus membayar Rp5.000,00 saja.
Pintu Masuk Bukit Samboja
Pintu Masuk Bukit Samboja
Pengunjung juga bisa meminjam caping untuk melindungi diri dari panas matahari siang dan tongkat untuk membantu saat berjalan menanjak menuju atas bukit. Jalan setapak di Bukit Samboja juga sudah ditata dengan baik sehingga cukup mudah untuk dilalui.
Menuju Puncak Bukit Samboja
Menuju Puncak Bukit Samboja
Nantinya semakin ke atas, pemandangan akan semakin indah karena bentang alam Pantai Payangan yang luas akan terlihat jelas. Sepanjang jalan juga sudah disediakan tempat istirahat dengan atap untuk berteduh sambil menikmati indahnya pemandangan.
Pantai Payangan Sebelah Timur
Pantai Payangan Sebelah Timur
Sesampainya di puncak Bukit Samboja, pemandangan ke segala arah akan terlihat. Sisi timur bisa dibilang adalah pantai nelayan karena banyak perahu nelayan yang singgah di sana. Beberpa perahu nelayan bersandar di pantai dan ada pula yang berada di laut.
Kawasan Pantai Nelayan
Memandang lebih jauh ke sisi timur di seberang muara sebuah sungai besar, lengkungan garis pantai yang panjang tampak begitu memesona. Terdapat beberapa pantai di sisi barat itu, seperti Pantai Roro Ayu, Pantai Rowo Cangak, dan Pantai Canga’an. Lebih jauh lagi ke arah timur, terdapat kawasan pegunungan hijau yang termasuk Taman Nasional Meru Betiri.
Sisi Timur Pantai Payangan
Sisi Timur Pantai Payangan
Sementara itu sisi barat juga tidak kalah indah. Lengkungan garis pantai berpadu dengan landskap pegunungan hijau yang sebelumnya dilihat dari bawah ternyata tampak lebih indah jika dilihat dari Puncak Bukit Samboja ini.
Sisi Barat Pantai Payangan
Sisi Barat Pantai Payangan
Selain keindahan panorama ke arah laut lepas di sisi barat, lebih jauh ke arah kaki langit sebelah barat tampak sebuah pulau besar dari kejauhan. Pulau itu bernama Nusa Barung; sebuah pulau bersejarah yang kini kosong dan menjadi cagar alam.
Pulau Nusa Barung dari Pantai Payangan
Pulau Nusa Barung dari Pantai Payangan
Berkunjung ke Pantai Payangan ada baiknya dilakukan pada sore hari. Selain cuaca sudah tidak begitu terik, pemandangan sunset di sisi barat akan terlihat sangat indah, terutama jika disaksikan dari puncak Bukit Samboja.

Info
Jam buka
24 jam
Tiket Bukit Samboja
Rp5.000,00

Tarif parkir
Rp5.000,00 (motor)

Fasilitas
Area parkir, toilet, warung makan, mushalla, kamar mandi, spot foto, gazebo untuk istirahat, naik kuda

Waktu kunjungan terbaik
Pagi hari atau sore hari sewaktu cuaca cerah

Bonus:


49 comments:

  1. Eksotik juga pantainya,sob.
    Pasirnya rada kecoklatan ya..
    Aku belum pernah kesini nih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Jember musti main ke sini gan..

      Delete
    2. Yoiii, gan ...

      Aku kesengsem sama tampilan pantai Nelayan.
      Dilihat seperti ada 2 tepian pantai bersebelahan.

      Delete
  2. Whoa.. pemandangan dari puncak bukit Samboja surga banget itu, apalagi pemandangan panatai nelayan, ahh...
    Gak terlalu suka udara pantai tapi kayaknya betah kalo di puncak bukitnya. Pantai yang ada bukitnya itu memang keren-keren banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari ketinggian emang keren pemandangannya..
      Btw, kok g suka udara pantai..? Kan seger...

      Delete
    2. Setuju.

      Soalnya biasanya kalo ke pantai itu siang, kan panas jadi gerah kemliket gitu kan angin pantai mah. Tapi kalo sore kayaknya memang sejuk, ya.

      Delete
    3. Owalah..
      Iya juga sih.. Lama-lama pliket, soalnya udaranya mengandung garam trs kecampur kringet kalau panas.

      Delete
  3. Wow..biru lautnya..bersih, masih alami pantainya, keren banget Pantai Payangan Jember ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan pas cerah.. Jadi lautnya biru mantulin cahaya matahari...
      Kalo ke Jember main ke sini..

      Delete
  4. uwaaaa bonus e ndak nguatiii XD
    itu mbak nya siapa??? kok ndak diceritain di blog?
    kalau diceritain kan bisa kukepoin. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kae hlo wis tak tambahi paragraf khusus mbaknya.. haha

      Delete
    2. Njir, si masnya, ngasih bonuse segala euy..wkwk
      Ceritain atuh, Mas. Edisi bonus pantai payangan :D

      Delete
    3. Itu udah diceritain dikit.. hehe

      Delete
  5. View dari atasnya keren banget mas :D kalau buat long exposure boleh juga :D

    ReplyDelete
  6. Bagus ya pantainya.. Pas ke jember tempo waktu, aku nggak sempet maen ke pantainya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok kalau ke Jember lagi mampir ke sini berarti.. :D

      Delete
  7. wahh seru banget nih kayaknya mas. murah juga ternyata di jember, tapi saya belum pernah kesana :3 ajak-ajak dong lain kali kalo eksplor-eksplor tapi yang daerah solo dan sekitarnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke ms, kalau enggak dadakan berangkatnya..
      Soalnya seringnya dadakan langsung berangkat..

      Delete
  8. Naik ke Bukit Samboja bisa nyaksiin sunset dari Pantai Payangan? baruu mau tak tanyain, eh udah di jawab di paragraf terakhir :p
    Oh ya mas, apa di Bukit Samboja ini juga ada spot free wifi kaya di gerbangnya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenere belum tau sih sunsetnya langsung ke laut apa bakal di atas bukit.. Soalnya kemarin itu siang..

      Hmm.. Kayaknya cuman tulisannya.. haha
      Tapi kalo misal ada ya paling di sekitar gerbang...

      Delete
  9. baru tau jember ada pantainya, taunya jember itu ada banyak pondok NU :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada euy..
      Iya.. Pas perjalanan kemaren liat banyak pesantren NU.. hehe

      Delete
  10. Subhanallah, mantep banget pemandangannya, btw bonus fotonya oke juga nih. Ihiiiiir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, bonus mah cuma buat selingan aja.. hehe

      Delete
  11. Wuihhh, ternyata Jember punya pantai seindah ini. Kelihatan luas banget. Ini kalo promosinya digencerin bisa tenar nih. Itu bisa buat snorkeling?
    Btw, uhuk.. Di pantai seindah itu barengan mbaknya, sweet bener😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Kemaren juga baru tau...
      Soal promosi... Emmm.., sukmben takceritani yen pas ketemu langsung wae..
      Kalau snorkeling g bisa sepertinya.. Atau belum tergali potensi snorkeling jg belum tau...

      Ben pisan-pisan yen dolan enek kancane kui.. haha

      Delete
  12. Wadaaw keren banget pemandangannya, nyegerin mata dan pikiran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali.
      Itu aja belum semua dieksplor.. Masih ada Bukit Domba juga sama Teluk Love..

      Delete
  13. Pemandangan dari atas bukitnya bagus mas. Itu benar-benar bagus banget. Kalau orang kenal cuma pantai Papuma, nyatanya di sana ada pantai lain yang menggoda dan belum banyak diulas orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Papuma belum pernah.. Katanya lebih mahal tarif masuknya..

      Delete
  14. Ini pas banget, cuaca cerah, view pantai, langit, biru. Seneng lihat pemandangan secakep ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke pantai emang pas ketika cuacanya cerah.. Bakal puas dah..

      Delete
  15. Iki ga diikutkan lomba mas. Kayake lagi ada lomba blog wisata jember kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niatnya begitu; diikutin lomba..

      Tapi batal.. G jadi..
      Persyaratannya kebanyakan..

      Delete
  16. Seperti mendaki gunung saja ya semakin tinggi semakin bagus pula negeri diatas awan. Bedanya disini semakin mendaki tinggi semakin bagus pemandangan lautan. Tarifnya tidak begitu mahal ya, kalau siang hari pasti terik sekali disana. Air lautnya juga bagus, biru sekali seperti langit hahaha. Jadi penasaran sama pulau nusa barung yang sendirian dijauh sana huehee.

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren pas bagus cuacanya.. Jadi kombinasi pemandangannya jadi baguss..

      Sama.. Kemaren pulang dari Payangan juga penasaran sama Nusa Barung..
      Terus cari" info ttg Nusa Barung juga..

      Delete
  17. air lautnya biru, indah banget deh. mudah mudahan liburan nanti bisa pergi kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba berkunjung pas cuaca cerah.. Bagus nanti..

      Delete
  18. Wah keren banget pantainya, dan kayaknya Jember itu kota besar ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Jember kotanya cukup besar..
      Bisa dibilang kota terbesar di Jawa Timur bagian timur..

      Ada universitas juga..

      Delete
  19. Mas, nggak sekalian naik ke Bukit Suroyo yang paling timur itu? Dari sana bisa lihat Teluk Love alias Teluk Cinta bersama orang yang dicinta. Ahahahaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren pengennya ke sana.. Tapi udah terlalu siang..
      Nanti takutnya g sempet ke destinasi selanjutnya.. hehe

      Delete
  20. MasyaAlloh cantik banget pantainya. Biasanya aku ga suka sama yg cantik2 tapi klo urusan pemandangan,cantik jg aku gasak 😂
    Kapan bisa kesana yahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku mah nggak cuma pemandangan, yang cantik lainnya juga gasak.. haha

      Libur lebaran ini mungkin..?

      Delete
  21. Keren banget nih pantainya. Dari foto aja bikin pengen langsung main ke sana. Tuh beneran mas harga tiket masuknya 5 ribu aja? murah banget euy, beda banget kayak di daerah saya bisa 4x lipatnya. Tapi mas, dari beberapa yang pernah saya baca kok di pantai selatan jarang orang yang berenang yah? penasaran saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Pantai Payangan emang masih murah.. Bahkan ada beberapa lokasi yang masih gratis..
      belum dikelola pemerintah soalnya...

      Ombak di pantai selatan cenderung besar.. Jadi bahaya kalau dipake berenang..

      Delete
  22. Pantai ini bisa jadi alternatif destinasi setelah berkunjung ke Pantai Papuma atau Pantai Watu Ulo karena letaknya berdekatan. Tips buat yang baru pertama kali kesini, jangan buru2 parkir klo ga mau jalan jauh. Pilih parkiran yang paling ujung, lurus aja dulu sampai keliatan deretan rumah makan dan bukit hijau yang nantinya bakal kalian daki buat liat view pantai dan lautan luas dari atas.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin