Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 23 March 2018

NAMPU; KEINDAHAN YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU

Mungkin sekarang ini ketenaran destinasi wisata pantai di Kabupaten Wonogiri belumlah setenar PANTAI-PANTAI DI YOGYAKARTA. Namun jika berbicara mengenai keindahan, Wonogiri juga tidak mau kalah karena memiliki sebuah pantai yang begitu memesona di ujung tenggaranya. Pantai tersebut bernama Nampu yang membentang di perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan.

Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri
Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri
Pantai Nampu sebenarnya pernah saya kunjungi sebelumnya pada tahun 2012  atau enam tahun yang lalu. Perjalanan tersebut pun juga pernah dimuat di kumpulan catatan ini dengan judul PANTAI NAMPU, BERLIAN TERSEMBUNYI DI POJOK JAWA TENGAH DAN TIMUR. Bisa dibilang bahwa perjalanan kali ini saya lakukan juga untuk sekalian mengenang perjalanan enam tahun silam tersebut.

Rencana tak terduga
Hari Minggu tanggal 4 Maret 2018. Sebenarnya pada akhir pekan tersebut saya tidak memiliki rencana apa pun untuk pergi travelling, melainkan berencana untuk beristirahat di rumah. Akan tetapi rencana berubah karena di rumah ternyata sedang dilakukan perbaikan sehingga kondisi menjadi berisik. Saya akhirnya memutuskan untuk mengadakan travelling saja pada hari Minggu tersebut.
Kota Surakarta-Pantai Nampu

Saat itu hari sudah siang ketika saya memulai perjalanan ke Pantai Nampu. Sekitar pukul 11.00 WIB bahkan saya baru tiba di Wonogiri setelah menempuh perjalanan tanpa tujuan. Rencana saya untuk ke Pantai Nampu pun dimulai dari Wonogiri ini dengan estimasi perjalanan selama sekitar dua jam untuk sampai ke pantai tersebut. 

Rute perjalanan dari Wonogiri  saya tempuh menuju Pracimantoro terlebih dahulu, sama dengan rute menuju MUSEUM KARST INDONESIA. Begitu sampai di Pracimantoro, maka perjalanan berlanjut ke arah timur atau arah Pacitan. Kali ini Jalan Nasional yang saya tempuh di Kecamatan Pracimantoro kondisinya begitu baik; luas, dan mulus sehingga perjalanan dapat semakin cepat karena bisa tidak terasa bahwa jarum speedometer telah menunjukkan angka lebih dari 100.
Jalan Nasional yang Sudah Mulus
Jalan Nasional yang Sudah Mulus
Nantinya begitu sampai di Perempatan Giribelah, perjalanan menuju Pantai Nampu dilanjutkan dengan berbelok ke arah selatan melalui Jalan Paranggupito. Terus saja mengikuti jalan tersebut selama sekitar setangah jam. Mengenai arah ke Pantai Nampu, hal tersebut bukanlah masalah karena terdapat banyak plang yang mengarah ke pantai tersebut.

Sebenarnya akses jalan menuju Nampu sudah mulus. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kondisi jalan akan melewati medan pegunungan sehingga penuh dengan belokan. Selain itu medan pegunungan membuat kondisi jalan juga naik-turun. Bahkan ada beberapa titik yang merupakan campuran antara tikungan tajam dan tanjakan. Oleh karena itu sebaiknya tidak usah terlalu cepat dalam memacu kendaraan.
Welcome to Nampu Beach
Welcome to Nampu Beach

Nampu, The Hidden Diamond
Pantai Nampu sendiri secara administratif terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh dari Kota Surakarta sampai Pantai Nampu adalah sekitar 91 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Tidak ada kendaraan umum untuk sampai ke pantai ini sehingga pilihan transportasi terbaik adalah dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.
Spot Foto Favorit di Pantai Nampu
Spot Foto Favorit di Pantai Nampu
Keindahan Pantai Nampu akan langsung menyambut pengunjung begitu melangkah beberapa meter dari area parkir. Garis pantai memanjang dan melengkung dengan pasir putihnya seakan menggoda iman untuk segera bergegas mencapai bibir pantai. Selain itu keindahan latar belakang yang menawan tersebut akan sangat pas untuk digunakan sebagai spot foto favorit para pengunjung pantai ini
Pantai Nampu dengan Pasir Putihnya
Pantai Nampu dengan Pasir Putihnya
Panjangnya garis Pantai Nampu membuat banyak tersedianya spot bagi pengunjung untuk bisa bermain air. Jika kuat, maka semakin berjalan ke arah timur kondisi pantai akan semakin sepi sehingga bisa leluasa untuk bermain air atau pasir di sana. Namun meski berpasir putih, terdapat karang yang membatasi pantai dengan laut sehingga hendaknya selalu berhati-hati saat bermain air.
Kawasan Timur Pantai Nampu
Kawasan Timur Pantai Nampu
Kondisi pantai ini pun sudah berubah semenjak kedatangan terakhir saya enam tahun silam. Saat itu warung yang ada di sekitar pantai masih sedikit sekali, bahkan bisa dihitung dengan jari. Akan tetapi sekarang fasilitas yang ada semakin lengkap, termasuk adanya kamar mandi karena pada kunjungan terakhir saya dahulu tidak ada kamar mandi sehingga jika ingin mandi harus ke sendang atau kolam besar tempat mandi warga.
Nyiur Melambai
Nyiur Melambai
Terdapat jalan setapak  yang mengarah ke atas bukit jika ingin menikmati pemandangan Pantai Nampu dari ketinggian. Memang jalan setapak ini tidak begitu terlihat sekilas, tetapi mudah untuk ditemukan. Selain pemandangan indah, nantinya akan ditemukan tugu kecil perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menandakan bahwa pantai ini ada di perbatasan kedua provinsi tersebut.
Tugu Perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur
Tugu Perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur

Info
Jam buka
24 jam

Tarif masuk
Rp3.000,00

Tarif parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas
Area parkir, warung makan, toilet, kamar mandi

Waktu kunjungan terbaik
Sore hari saat cuaca cerah

Bonus: Mie Ayam Pinggir Pantai

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin