Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 23 March 2018

NAMPU; KEINDAHAN YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU

Mungkin sekarang ini ketenaran destinasi wisata pantai di Kabupaten Wonogiri belumlah setenar PANTAI-PANTAI DI YOGYAKARTA. Namun jika berbicara mengenai keindahan, Wonogiri juga tidak mau kalah karena memiliki sebuah pantai yang begitu memesona di ujung tenggaranya. Pantai tersebut bernama Nampu yang membentang di perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan.

Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri
Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri
Pantai Nampu sebenarnya pernah saya kunjungi sebelumnya pada tahun 2012  atau enam tahun yang lalu. Perjalanan tersebut pun juga pernah dimuat di kumpulan catatan ini dengan judul PANTAI NAMPU, BERLIAN TERSEMBUNYI DI POJOK JAWA TENGAH DAN TIMUR. Bisa dibilang bahwa perjalanan kali ini saya lakukan juga untuk sekalian mengenang perjalanan enam tahun silam tersebut.

Rencana tak terduga
Hari Minggu tanggal 4 Maret 2018. Sebenarnya pada akhir pekan tersebut saya tidak memiliki rencana apa pun untuk pergi travelling, melainkan berencana untuk beristirahat di rumah. Akan tetapi rencana berubah karena di rumah ternyata sedang dilakukan perbaikan sehingga kondisi menjadi berisik. Saya akhirnya memutuskan untuk mengadakan travelling saja pada hari Minggu tersebut.
Kota Surakarta-Pantai Nampu

Saat itu hari sudah siang ketika saya memulai perjalanan ke Pantai Nampu. Sekitar pukul 11.00 WIB bahkan saya baru tiba di Wonogiri setelah menempuh perjalanan tanpa tujuan. Rencana saya untuk ke Pantai Nampu pun dimulai dari Wonogiri ini dengan estimasi perjalanan selama sekitar dua jam untuk sampai ke pantai tersebut. 

Rute perjalanan dari Wonogiri  saya tempuh menuju Pracimantoro terlebih dahulu, sama dengan rute menuju MUSEUM KARST INDONESIA. Begitu sampai di Pracimantoro, maka perjalanan berlanjut ke arah timur atau arah Pacitan. Kali ini Jalan Nasional yang saya tempuh di Kecamatan Pracimantoro kondisinya begitu baik; luas, dan mulus sehingga perjalanan dapat semakin cepat karena bisa tidak terasa bahwa jarum speedometer telah menunjukkan angka lebih dari 100.
Jalan Nasional yang Sudah Mulus
Jalan Nasional yang Sudah Mulus
Nantinya begitu sampai di Perempatan Giribelah, perjalanan menuju Pantai Nampu dilanjutkan dengan berbelok ke arah selatan melalui Jalan Paranggupito. Terus saja mengikuti jalan tersebut selama sekitar setangah jam. Mengenai arah ke Pantai Nampu, hal tersebut bukanlah masalah karena terdapat banyak plang yang mengarah ke pantai tersebut.

Sebenarnya akses jalan menuju Nampu sudah mulus. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kondisi jalan akan melewati medan pegunungan sehingga penuh dengan belokan. Selain itu medan pegunungan membuat kondisi jalan juga naik-turun. Bahkan ada beberapa titik yang merupakan campuran antara tikungan tajam dan tanjakan. Oleh karena itu sebaiknya tidak usah terlalu cepat dalam memacu kendaraan.
Welcome to Nampu Beach
Welcome to Nampu Beach

Nampu, The Hidden Diamond
Pantai Nampu sendiri secara administratif terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh dari Kota Surakarta sampai Pantai Nampu adalah sekitar 91 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Tidak ada kendaraan umum untuk sampai ke pantai ini sehingga pilihan transportasi terbaik adalah dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.
Spot Foto Favorit di Pantai Nampu
Spot Foto Favorit di Pantai Nampu
Keindahan Pantai Nampu akan langsung menyambut pengunjung begitu melangkah beberapa meter dari area parkir. Garis pantai memanjang dan melengkung dengan pasir putihnya seakan menggoda iman untuk segera bergegas mencapai bibir pantai. Selain itu keindahan latar belakang yang menawan tersebut akan sangat pas untuk digunakan sebagai spot foto favorit para pengunjung pantai ini
Pantai Nampu dengan Pasir Putihnya
Pantai Nampu dengan Pasir Putihnya
Panjangnya garis Pantai Nampu membuat banyak tersedianya spot bagi pengunjung untuk bisa bermain air. Jika kuat, maka semakin berjalan ke arah timur kondisi pantai akan semakin sepi sehingga bisa leluasa untuk bermain air atau pasir di sana. Namun meski berpasir putih, terdapat karang yang membatasi pantai dengan laut sehingga hendaknya selalu berhati-hati saat bermain air.
Kawasan Timur Pantai Nampu
Kawasan Timur Pantai Nampu
Kondisi pantai ini pun sudah berubah semenjak kedatangan terakhir saya enam tahun silam. Saat itu warung yang ada di sekitar pantai masih sedikit sekali, bahkan bisa dihitung dengan jari. Akan tetapi sekarang fasilitas yang ada semakin lengkap, termasuk adanya kamar mandi karena pada kunjungan terakhir saya dahulu tidak ada kamar mandi sehingga jika ingin mandi harus ke sendang atau kolam besar tempat mandi warga.
Nyiur Melambai
Nyiur Melambai
Terdapat jalan setapak  yang mengarah ke atas bukit jika ingin menikmati pemandangan Pantai Nampu dari ketinggian. Memang jalan setapak ini tidak begitu terlihat sekilas, tetapi mudah untuk ditemukan. Selain pemandangan indah, nantinya akan ditemukan tugu kecil perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menandakan bahwa pantai ini ada di perbatasan kedua provinsi tersebut.
Tugu Perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur
Tugu Perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur

Info
Jam buka
24 jam

Tarif masuk
Rp3.000,00

Tarif parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas
Area parkir, warung makan, toilet, kamar mandi

Waktu kunjungan terbaik
Sore hari saat cuaca cerah

Bonus: Mie Ayam Pinggir Pantai

38 comments:

  1. Ya ampuuuun, aku baru tau ada pantai seindah ini di wonogori.. Duh, masukin wishlist nih.. Ngcamp disana asyik kayaknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat ngecamp, ada banyak pilihan lokasinya.. Bisa di atas pantai pasir putihnya, sama bisa juga di atas bukit.. Jadi begitu bangun tidur pemandangannya bagus..

      Siap perjalanan jauh berarti,, hehe

      Delete
  2. WAh Jogja lagi ya mas. Wkwkwkwk... emang deh bener bener si Jogja ini nggak ada habisnya kalau diexplore :D
    btw hari ini mumpung cerah jane pengen ke Jogja tapi... tanggal tua euy. :D Wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pantainya di Wonogiri..
      Budayakan gemar membaca gan.. hoho

      Delete
  3. Cakep pantainya, seolah private beach ... Enak nih buat camping 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu lebih sepi lagi...
      Tapi sekarang pun masih lumayan sepi..

      Delete
    2. Asik ya ...
      Bisa buat seru-seruan dan berfoto dengan banyak gaya 😁

      Pantai2 sepanjang Gunung Kidul ini memang keren2 abis, cuman sayangnya ada beberapa pantai yang kondisi jalannya masih belum bagus.

      Delete
  4. Masnya enak banget ya ... berisik di rumah, langsung aja gitu traveling ke pantai, mikirnya sambil jalan lagi. Aku loh ... mau ke puncak aja persiapan dari dua minggu sebelumnya, ahahaha.

    Daerah pesisir Jawa banyak pantai yang ada tebingnya gitu ya, enak, karena menikmati deru ombak dari atas tebing itu lebih syahdu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kan tinggal mantai.. G perlu persiapan khusus..
      Paling kamera, uang, sama HP.. Habis itu tinggal mikir sambil jalan.. haha
      Kalo mau pendakian mah emang lebih baik persiapan mateng dulu..

      Yup, betul...
      Nggak cuman tebing aja.. Pantai pasir juga banyak..

      Delete
  5. Kayaknya asik ya pantainya.
    Bersih juga, belum lagi kayknya gak terlalu rame.
    Jadi asik kalo dipake liburan kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas hlo buat yg pengen cari ketenangan..

      Delete
  6. Lumayan buat nambah destinasi wisata...trims artikelnya

    ReplyDelete
  7. La gampang banget si mas.. Tinggal capcus aja travelingnya.. Tempatnya yo keren banget iki.. Makin haus piknik aku haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan tinggal naik motor..
      Yg penting bawa HP, uang, sama kamera.. Udah beres.. haha

      Berarti musti cuss piknik tu..

      Delete
  8. Lah Mas, mie ayamnya cuma satu aja? 😂

    Huu laaaaaah, itu cepet banget kalo motoran. Sampe 100km/jam
    Hati2 loh yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo.. Siji wae ndak lemu.. haha

      La dalanne mulus banget e.. G sadar udah kuenceng..

      Delete
  9. Tarif masuknya bersahabat nih pas tanggal tua, baru tau kalau Wonogiri ada pantai se keren itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas tanggal muda ya.. hehe

      Emang sih garis pantainya g terlalu panjang, tapi pantainya bagus kayak gini...

      Delete
  10. Aku belum pernah menginjakkan kaki di Pantai Wonogiri mas hehe. Jalannya sudah mendukung banget untuk dikunjungi.

    Di Gunungkidul juga ada pantai namanya Nampu mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jalannya udah enak..
      Bahkan 2012 lalu akses jalannya juga sudah enak..

      Iya, dulu sempet ngira kalau itu jalan pintas ke Pantai Nampu Wonogiri hlo...

      Delete
  11. Mewakili warga Wonogiri. Terima kasih tulisannya tentang Wonogiri. Wkwkwk.
    nambain info, memang nggak ada kendaraan umum buat ke sana dan paling ideal emang bawa kendaraan sendiri. Tapi kalau kepaksa, di terminal Pracimantoro, pengunjung bisa naik ojek pangkalan yang ada di terminal buat nganterin ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. SippJoss.. Masih banyak distinasi buat diexplore soalnya... hoho

      Hmm.. Iya sih bisa naik ojek..
      Tapi isih udadoh kalo dari Terminal Pracimantoro...

      Delete
  12. Wonogiri, pernah dengar tapi masih asing juga. Ternyata ada pantai nampu disana. Awalnya kirain di Maluku dari kata Nampu, pas baca selanjutnya ternyata di Wonogiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena destinasi wisatanya belum dikembangkan dan dipublikasikan sesanter Yogyakarta... Jadi belum banyak didengar namanya...

      Waduh, kok bisa dikira di Maluku..?
      Apa ada unsur Maluku nya namanya..? haha

      Delete
  13. lautnya biru banget, mantap banget nich wisata kesini. semoga saja dapat rejeki jadi bisa jalan-jalan kesini nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga disegerakan buat berkunjung ke sini..

      Delete
  14. wow bagus banget ini sumvah :) semoga bisa nih ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang bagus pantainya..
      Semoga disegerakan.. Aamiin

      Delete
  15. Pantainya sepi masih, cocok ini untuk menenangkan suasana hati yang lagi kacau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak hlo spot-spot sepi.. Selain di pinggir pantai, bisa juga di tas pegunungan sekitar pantainya...

      Delete
  16. Ya ampun, pas baca nama pantainya Nampu saya pikir ini ada di daerah Indonesia timur sana.. ternyata di Wonogiri toh.. hahaha..
    *peta mana peta*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew.. Kedengerannya kayak nama Indonesia timur kah..? hehe

      Delete
  17. di garis pantainya banyak karang kayaknya ya ? kayak pantai cipatujah. Lebih nikmat liat pantai sambil makan mie ayam.. jadi kepengen mie ayamnya... haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian besar Pulau Jawa bagian selatan emang pantainya berkarang sepertinya... Apalagi daerah timur...

      Kalo ke Wonogiri wajib mampir makan mie ayam.. Soalnya asal mie ayam akan di Wonogiri..

      Delete
  18. pantai nampu ini ngehits banget era zaman kuliah. katanya surga yang tersembunyi.

    tapi apa sekarang kondisinya sudah kotor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah pas SMA ya..
      Mesti masih suepi..

      Dulu saia pas SMA pernahnya ke Klayar..
      Dan pengunjunge cuman saia seorang.. hoho

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika bermanfaat, mohon kesediaannya untuk menshare postingan yang ada.