Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 9 November 2018

PENDAKIAN MENYUSURI LUASNYA CANDI GEDONG SONGO

Selain di Kecamatan Ambarawa dengan FORT WILLEM I, Kabupaten Semarang juga masih menyimpan berbagai destinasi wisata andalannya. Salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan ada di Kecamatan Bandungan, di mana terdapat sebuah tempat bersejarah bernama Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Sono, Bandungan, Kabupaten Semarang
Candi Gedong Sono, Bandungan, Kabupaten Semarang

Menuju Candi Gedong Songo
Matahari sudah mulai condong ke arah barat saat saya memulai perjalanan ke Candi Gedong Songo usai mengunjungi MUSEUM KERETA API. Jarak yang tidak terlalu jauh menjadi pertimbangan saya untuk mengunjunginya, meski hari sudah agak sore.

Museum Kereta Api Ambarawa-Candi Gedong Songo

Jarak tempuh menuju Candi Gedong Songo hanya sekitar 13 kilometer dengan waku tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Dari Ambarawa, perjalanan saya selanjutnya adalah menuju Kecamatan Bandungan yang merupakan jalan menuju tujuan.

Kecamatan Bandungan sendiri memang menjadi favorit kunjungan wisatawan di hari libur. Banyak kendaraan mulai dari sepeda motor bahkan hingga bus besar memadati jalan sehingga kondisinya cukup macet.
Macet di Pasar Bandungan
Macet di Pasar Bandungan
Pusat kemacetan terparah berada di kawasan Pasar Bandungan karena banyaknya kendaraan yang berhenti di bahu jalan. Beruntung jalur menuju Candi Gedong Songo berbelok ke arah kiri dari Pasar Bandungan (arah barat) sehingga menjauhi titik pusat kemacetan.

Tidak perlu khawatir soal arah karena selain adanya Google Maps, plang petunjuk arah menuju Candi Gedong Songo juga sudah banyak tersedia. Jika masih bingung, maka bertanya kepada masyarakat juga bisa menjadi pilihan.
Menjelang Sampai Candi Gedong Songo
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah, menjelang sampai area parkir Candi Gedong Songo, kondisi jalan akan cukup menanjak sehinhgga dibutuhkan kendaraan dengan kondisi prima untuk melaluinya.


Candi Gedong Songo
Secara administratif, Candi Gedong Songo terletak di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi ini terletak di lereng selatan Gunung Ungaran.
Kawasan Candi Gedong Songo
Kawasan Candi Gedong Songo
Menurut ciri arsitekturnya, Candi Gedong Songo merupakan sebuah candi Hindu. Candi ini dibangun sekitar abad ke-8 Masehi. Nama Gedong Songo kemungkinan berarti sembilan bangunan, tetapi sampai saat ini hanya ada lima kompleks bangunan candi yang ada.
Peta Candi Gedong Songo
Peta Candi Gedong Songo
Usai memarkir kendaraan di area parkir, tiket masuk Candi Gedong Songo langsung bisa dibeli di loket masuk yang jaraknya dekat dari parkiran. Tarif masuknya cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp7.000,00 untuk wisatawan domestik dewasa.
Candi gedong I
Candi gedong I
Kawasan Candi Gedong Songo yang berada di dekat loket (Candi Gedong I) kondisinya cukup ramai dengan keberadaan wisatawan. Selain bangunan candi, taman yang luas di sekitarnya juga menjadi lokasi foto favorit para wisatawan.
Candi gedong I
Candi gedong I
Perjalanan menuju bangunan Candi Gedong I tidaklah jauh. Saat hari libur, ada banyak wisatawan yang berfoto di candi ini sehingga cukup sulit untuk mengambil gambar candi dengan kondisi steril dari manusia.

Pendakian Dimulai
Setelah puas mengunjungi Candi Gedong I, saya kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak yang tersedia untuk menuju lokasi selanjutnya; Candi Gedong II. Kondisi jalan setapak sudah bagus sehingga nyaman untuk ditapaki.
Jalan Setapak Menuju Candi II
Jalan Setapak Menuju Candi II
Menurut info, jarak menuju Candi Gedong II cukup jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki, ditambah kondisi jalannya menanjak. Tentu kondisi fisik yang bagus dibutuhkan untuk sampai ke sana. Namun tenang saja karena ada opsi untuk menggunakan jasa naik kuda.
Tarif Berkuda di Candi Gedong Songo
Tarif Berkuda di Candi Gedong Songo
Tarif naik kuda adalah sebesar Rp60.000,00 untuk menuju Candi Gedong II. Jika ingin mengunjungi semua kompleks candi, tersedia paket naik kuda sebesar Rp90.000,00 untuk 1 jam perjalanan dengan berat badan di bawah 80 kilogram. Jika waktu kunjungan dan berat badan melebihi yang telah ditentukan, maka akan dikenakan biaya tambahan.
Masih Melalui Jalan Setapak
Saya memilih untuk tetap berjalan kaki, hitung-hitung olahraga. Perjalanan menuju Candi Gedong II dengan berjalan kaki saya tempuh selama sekitar 11 menit. Mulai dari sini kunjungan wisatawan sudah mulai berkurang sehingga suasanya cukup sepi meski libur panjang.
Candi Gedong II
Candi Gedong II
Total hanya ada satu bangunan candi di kompleks Candi Gedong II ini. Perjalanan selanjutnya menuju Candi Gedong III tidaklah sejauh sebelumnya. Candi Gedong III sudah terlihat dari Candi Gedong II.

Candi Gedong III
Tujuan selanjutnya adalah Candi Gedong III yang terletak tidak jauh dari Candi Gedong II. Total ada tiga bangunan di kawasan candi ketiga ini. Letaknya yang berada di ketinggian membuat panorama sekitar terlihat indah.
Candi Gedong III
Candi Gedong III
Memandang jauh ke arah barat daya, tampak Candi Gedong V yang terpisahkan oleh sebuah lembah. Bisa dibilang jalan setapak usai Candi Gedong III sudah tidak lagi terlalu menanjak. Selanjutnya jika terus mengikuti jalan setapak, rutenya adalah menyusuri pinggiran tebing.
Candi Gedong V dari Kejauhan
Candi Gedong V dari Kejauhan
Mulai dari Candi Gedong III pula terdapat percabangan dua jalur yang mana keduanya sama-sama akan sampai di Candi gedong IV. Bedanya, salah satunya akan sampai di kawasan kawah terlebih dahulu. Saya pun mengambil rute menuju kawah yang ditandai oleh plang penunjuk arah.

Kawah Ungaran dan Pemandian Air Hangat
Ternyata perjalanan menuju kawah tidaklah jauh. Hanya berjalan kaki sekitar 5 menit, saya sudah sampai di kawah. Ternyata kawah Gunung Ungaran berada di kompleks Candi Gedong Songo ini. Tampak pemandangan kawah yang mengeluarkan asap putih.
Menuju Kawah Gunung Ungaran
Menuju Kawah Gunung Ungaran
Bau belerang cukup menyengat begitu sampai di kawasan kawah. Terdapat sebuah lubang kawah yang menyemburkan asap putih dengan suara menderunya. Awalnya saya ragu mendekat, tetapi setelah ada orang yang mendekatinya, saya pun turut mendekat ke kawah.
Kawah Gunung Ungaran
Kawah Gunung Ungaran
Ternyata meski awalnya cukup menyeramkan, saat mendekat ke kawah situasinya tidak demikian karena tidak ada panas yang terasa dari tempat saya berpijak saat itu. Namun tentu saja hendaknya tidak terlalu dekat dan juga tidak mencoba menyentuh semburan asap belerang.
Terdapat beberapa sumber air yang berada di sekitar lubang kawah. Awalnya saya mengira kalau airnya hangat, tetapi saat disentuh ternyata suhu airnya biasa, meski sedikit lebih hangat. Meski demikian, dari sinilah sumber air pemandian air hangat yang terletak di dekatnya.
Kawah Gunung Ungaran
Kawah Gunung Ungaran
Pemandian air hangat pun letaknya tidak jauh dari kawah dengan sebuah bangunan pemandian yang sudah baik, lengkap dengan ruang gantinya. Tarif untuk menikmati pemandian air hangat pun sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp5.000,00 saja.
Pemandian Air Hangat di Kompleks Candi Gedong Songo
Pemandian Air Hangat di Kompleks Candi Gedong Songo
Saya tidak menikmati fasilitas pemandian air hangat itu dan terus berjalan ke candi selanjutnya. Hal itu dikarenakan selain saya tidak membawa perlengkapan mandi atau berendam, waktu juga sudah semakin sore. Tujuan selanjutnya adalah Candi Gedong IV.


Candi Gedong IV
Karena lokasi kawah dan pemandian air hangat berada di kawah, perjalanan menuju Candi Gedong IV kembali melalui tanjakan. Namun tanjakannya tidak begitu terjal dan jarak tempuhnya juga tidak terlalu jauh. Hanya membutuhkan sekitar lima menit bagi saya untuk sampai tujuan berikutnya.
Candi Gedong IV
Candi Gedong IV
Candi Gedong IV berada di kawasan bukit seberang Candi Gedong III yang dipisahkan oleh lembah kawah sebelumnya. Candi sebelumnya itu pun turut bisa terlihat. Total hanya satu candi yang berdiri di sini, sementara candi-candi lainnya masih berupa reruntuhan.
Candi Gedong III dari Kejauhan
Candi Gedong III dari Kejauhan
Saat saya sampai di Candi Gedong IV, sedang ada upaya pembersihan dari petugas setempat sehingga saya tidak bisa mendekat ke bangunan candi karena akan mengganggu tugas mereka. Kunjungan pengunjung pun sudah berkurang drastis di sini mengingat jauhnya jarak tempuh dengan berjalan kaki.
Candi Gedong IV Sedang Dibersihkan
Candi Gedong IV sedang Dibersihkan
Terdapat jalan setapak ke arah utara, yang mana jalan menuju Candi Gedong V adalah menuju selatan. Karena penasaran, saya pun mencoba untuk mengikuti jalan menuju utara. Ternyata nantinya terdapat kompleks candi tidak bernama. Entah apa candi ini masih satu kompleks dengan Candi Gedong IV karena letaknya cukup terpisah.
Candi yang Terpisah
Candi yang Terpisah
Tidak ada pengunjung lain selain saya di kompleks candi ini sehingga bisa puas berfoto. Selanjutnya saya mulai berjalan menuju Candi Gedong V yang letaknya tidak begitu jauh karena sudah terlihat jelas dari Candi Gedong IV.
......


Candi Gedong V
Hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit bagi saya untuk berjalan sampai ke Candi Gedong V yang merupakan kompleks candi terakhir di kawasan Candi Gedong Songo ini. Waktu saat itu sudah menunjukkan sekitar pukul 16.20 WIB dengan cuaca yang semakin berkabut.
Candi Gedong V
Candi Gedong V
Tidak ada pengunjung lain selain saya juga saat itu di Candi Gedong V. Sementara itu Candi Gedong II, Candi Gedong III, dan Candi Gedong IV terlihat dari kejauhan dari sini. Jika membawa lensa tele, maka candi-candi itu bisa dilihat dengan jelas, terlebih saat cuaca cerah.
Candi Gedong IV dari Kejauhan
Candi Gedong IV dari Kejauhan
Kebanyakan pengunjung Candi Gedong V adalah mereka yang mengendarai kuda karena jauhnya jarak dari titik awal Candi Gedong I. Jika berniat berjalan kaki sampai ke sini, maka fisik hendaknya dipersiapkan terlebih dahulu.
Candi Gedong III dari Candi Gedong V
Candi Gedong III dari Candi Gedong V
Usai puas mengunjungi Candi gedong V, saya segera berjalan menyusuri rute jalan setapak yang ada menuju titik awal atau Candi Gedong I. Selain agar tidak terlalu sore, saya khawatir hujan akan turun tiba-tiba saat itu karena cuaca cukup berawan.
Candi Gedong V
Candi Gedong V
Ternyata hanya butuh 15 menit saja bagi saya untuk berjalan turun sampai Candi gedong I. Meski jarak tempuhnya lebih pendek, tetapi kemiringan jalur kembali ini lebih terjal sehingga. Kondisi tersebut cocok untuk dipakai turun, meski rasanya pegal di kaki karena harus senantiasa mengerem saat berjalan turun.
Kembali ke Candi Gedong I
Sesampainya di titik awal, hujan tiba-tiba turun cukup deras. Beruntung karena saya sudah dekat dengan tempat berteduh. Menuju area parkir pun tidak masalah di bawah guyuran hujan karena ada banyak tempat untuk berlindung dari hujan.

Rangkauan kunjungan saya di Kabupaten Semarang (Ambarawa-Bandungan) pun berakhir setelah saya kembali mengendarai sepeda motor dan meninggalkan kawasan Candi Gedong Songo, kembali ke Kota Surakarta.


Info
Harga tiket
Rp7.000,00

Tarif parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas
Area parkir, ticket box, pusat informasi, mushalla, toilet, kamar mandi, naik kuda, fotografer, area suvenir, warung makan

Waktu kunjungan terbaik
Weekdays, pagi atau sore hari saat cuaca cerah

8 comments:

  1. Woow, indah sekali pemandangan sekitar candinya mas. candi Gedong Songo yang penuh dengan kisah sejarah. Pasti adem ya sekitaran candi ini, berada di ketinggian. kalau mau kesini lebih baik cek ricek dulu ya kesehatan sepeda motor atau mobilnya hehe.

    saya follow webnya ya mas

    ReplyDelete
  2. ternyata komplek candi gedong songo nggak cuman 1, kalau ada jasa naik kuda mayan juga, tp kalau cuman bisa ditempuh 11 menit, ya deket rasanya

    ReplyDelete
  3. Berarti kalau mau ke yang paling sepi ya Candi Gedong V ya mas? Fotonya Candi Gedong V epic banget sik agak2 kabutan dengan background bukit ituu...

    Waaa aku belum pernah ke sini,insyaAllah kudu direncanakan sekalian tes tenaga jalannya kuat sampai Candi Gedong berapa :D
    Kalau ga kuat yawes manggil si kuda wkwk

    ReplyDelete
  4. Aku kok baru sampai candi gedong 3 udah ngos ngosan. Yawla, memang balung tua.

    ReplyDelete
  5. Weeeit, Kawah gunung Ungaraaaan menarik banget eeeh. Berasaaaaap :D

    ReplyDelete
  6. candi 6-9 mungkin masih tertimbun tanah kali ya,, atau candi yang terpisah itu juga bagian dari candi gedong songo...

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  7. Dulu pas eksplore candi gedong songo smape gempor kaki jalan terus mas, tapi terbayar lunas dengan smeua keindahan candinya

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin