Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aktivitas Seru di Gunung Bromo, Ini Cara Menikmatinya

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah, hari Senin kemarin (24 Januari 2022) saya dan suami berkesempatan untuk main-main ke Gunung Bromo. Kami naik sepeda motor ke Bromo. Melewati lautan pasir dengan penuh drama. Naik gunung dengan penuh sambat, hahaha.

Nah, kali ini saya akan sharing tentang aktivitas apa saja yang wajib dilakukan bila kamu main ke Bromo. Biar kamu nggak mati gaya saat main di Bromo. Kan eman toh, kalau berkunjung ke Bromo tapi cuma foto-foto doang.

Ini 7 Aktivitas Seru di Gunung Bromo, Nggak Bikin Mati Gaya

jadi, berikut ini sudah saya rangkumkan 7 aktivitas seru di Gunung Bromo supaya kamu nggak mati gaya. Nggak foto-foto doang. Kalaupun foto, ada yang berbeda dari setiap pengambilan fotomu. Jadi simak baik-baik ya!

1. Beli Bunga Edelweis, Berfoto di Bukit Teletubbies

Bila datang melalui Malang, maka kamu akan tiba terlebih dahulu di Bukit Teletubbies. Pemandangannya berupa perbukitan hijau yang indah seperti bukit Teletubbies. Saat datang ke sini, jangan pakai baju warna hijau ya, nanti warnanya sama dengan background Bromo yang mayoritas hijau.

Saat di bukit Teletubbies, ada banyak penjual bunga. Bunga yang paling laris adalah bunga edelweis. Tenang saja, ini sudah dibudidayakan kok. Harga bunga edelweis di Bromo cuma 20ribu rupiah kok. Murah banget, kan?


Selanjutnya, kamu berfoto deh di atas bukit Teletubbies, sambil membawa bunga edelweis. Entah dipegang di belakang. Entah dipake buat nutupin muka. Entah pura-pura dicium, dan lainnya. Pokoknya manfaatkan bunga tersebut.

2. Naik Jeep Keliling Kaldera Bromo

Kalau ke Bromo, memang disarankan naik jeep. Ya boleh sih naik sepeda motor, tapi agak was-was. Kalau naik jeep, maka kamu akan aman tanpa khawatir tergelincir di lautan pasir.

Kalau kamu sewa jeep di Bromo, maka kamu bisa berkeliling menjelajah kaldera Bromo dari ujung ke ujung. Sebagai bonus, kamu bisa loh foto di atas jeep. Kamu bisa menggunakan jasa fotografer di sana supaya bisa dapat foto yang ciamik.

Tenang saja, atap jeep kuat banget untuk kamu naiki bersama temanmu. Apalagi, backgroundnya cakep banget. Yaitu tebing kaldera Bromo yang berwarna hijau. Keren banget!

3. Ngopi dan Ngemie di Warung Bromo

Persis di depan Gunung Bromo dan Gunung Batok, ada sederetan warung sederhana. Warung-warung itu menjual makanan ringan dan makanan berat. Kamu bisa kok menikmati POP mie di tengah dinginnya Bromo. Bisa juga ngopi atau ngeteh cantik.

Setidaknya, di warung ini kamu bisa istirahat dulu sebelum bersiap mendaki Gunung Bromo. Istirahat dulu sajalah sambil ngobrol dengan ibu-ibu penjaga warung.



4. Mendaki ke Gunung Bromo yang Real

Orang-orang tuh sering salah sangka. Gunung Bromo itu yang warnanya abu-abu dan mengeluarkan asap. Sayangnya banyak orang mengira, gunung berwarna hijau yang bentuknya cukup simetris, padahal itu Gunung Batok. Makanya, saya bilang bahwa kamu harus mendaki ke Gunung Bromo yang real.

Gunung Bromo yang real, akan terlihat tangga dari kejauhan. Itulah satu-satunya tangga yang bisa membantumu untuk sampai di kawah Bromo. Saat naik lewat tangga, naiknya antri satu persatu ya. ada lajur kanan dan kiri.


5. Naik Kuda di Tengah Lautan Pasir

Daripada kamu capek jalan dari warung ke Gunung Bromo, mending kamu naik kuda. Kuda di Bromo gagah-gagah kok. Harga sewanya juga terjangkau. Mulai dari 50ribu hingga 150ribu.

Kuda ini bisa membantumu melalui lautan pasir Bromo. Jadi kamu gak akan tergelincir atau kesulitan melalui lautan pasir. Sebab langkah kuda tuh pasti dan bisa mengantarmu hingga tujuan.

Oh jangan lupa, kalau udah sewa kuda, pastikan kamu foto keren bareng kuda ya. Jangan foto yang norak, tapi berfotolah secara elegan. Atau mungkin sekalian bikin video cinematic biar bisa dikenang.

6. Melihat Kawah Gunung Bromo yang Masih Aktif

Usai naik tangga, maka kamu akan tiba di kawah Gunung Bromo. Dari atas sana, kamu akan melihat kawah Gunung Bromo yang masih aktif. 

Saat di kawah, kamu akan merasakan bau belerang yang sangat menyengat. Saya sarankan untuk tidak terlalu berlama-lama di atas sana. Cukup menengok kawah sebentar, mengagumi keagungan Tuhan, refleksi diri betapa ngerinya bagian inti bumi, lalu sebaiknya kembali turun.

Namun sebelum turun, boleh banget kalau mau foto. Foto dengan background kawah yang tentu saja terbatas. Atau berfoto di atas kawah, tapi dengan background Gunung Batok yang ciamik.


7. Makan Bakso Khas Malang

Kalau sudah di Bromo, jangan lewatkan bakso khas Malang. Bromo ini ada di wilayah Probolinggo dan Malang. Namun untuk bakso yang dijajakan oleh para penjual, biasanya berupa bakso Malang.

Bakso Malang ini khas dengan mie kuning dan mie bihun biru. Lalu ada pentol, siomay basah dan siomay goreng. Pokoke komplit wes. Jadi, sempatkan untuk makan bakso dulu ya di Bromo. 

Kalau udah siang, biasanya baksonya habis karena kuahnya abis. Sisa pentolnya sih, tapi udah dingin, hahaha. Ini saya bicara berdasarkan pengalaman.

Kesimpulan

Nah, itulah 7 aktivitas seru yang bisa dilakukan di Bromo. Asyik banget. Nggak bikin aktivitas di Bromo mati gaya.

Kalau saya kemarin, sepertinya lebih banyak menyimak suami nge-drone. Foto-foto saya terlalu sedikit, nggak banyak kayak biasanya. Suami sibuk nge-drone. Lalu kalau foto siang-siang kan kurang cakep ya. 

Jadinya yaa, kudu naik jip. Oh tentu saja sekalian sewa fotografer saja biar cakep dan puas fotonya. Biar bisa foto cakep bareng suami, hehehe.

Wassalamualaikum wr wb



Posting Komentar untuk "7 Aktivitas Seru di Gunung Bromo, Ini Cara Menikmatinya"