Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak 5 Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

Assalamualaikum wr wb

Pada artikel ini saya akan sharing tentang tips dan cara membuka usaha travel sendiri. Saya akan jelaskan apa itu travel, apa itu bisnis travel, dan bagaimana peluang bisnis travel. Tentu saja saya juga akan sharing tentang cara membuka usaha travel untuk kamu yang baru saja membangun bisnis travel.

Apa Itu Travel dan Bagaimana Peluang Bisnis Travel?

Memiliki sebuah usaha travel memang cukup menjanjikan. Apalagi geliat pariwisata semakin meningkat. Yang dimaksud travel di sini adalah sebuah bisnis yang membantu orang-orang untuk melakukan perjalanan wisata.

Mulai dari menyediakan akomodasi kendaraan, hotel, atau paket wisata. Kalau punya mobil nganggur, bisa disewakan secara profesional. Kalau suka menjadi pemandu wisata, bisa membuka usaha travel sendiri.

foto naik mobil pick up

Ada banyak peluang yang bisa kamu kejar dalam bisnis travel ini. Maka tak mengherankan bila ada banyak orang yang ingin memanfaatkan peluang emas ini.

Optimislah bahwa bisnis travel ini semakin dibutuhkan setiap tahunnya. Hal ini lantaran trend travelling yang semakin menjadi bagian dari gaya hidup atau lifestyle.

5 Cara Membuka Usaha Travel Sendiri

Lalu bagaimana cara membuka usaha travel sendiri? Apakah mudah? Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu? Bagaimana cara mempromosikan usaha travel yang baru dirintis?

Berikut ini akan dijelaskan 5 cara membuka usaha travel sendiri. Simak baik-baik ya!

1. Cari Tahu Target Pasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kenali dulu target pasar. Apakah anak-anak muda lokal? Ataukah wisatawan dari luar kota? Atau mungkin bule mancanegara? 

Dengan mengetahui target pasar yang sesuai dengan peluangmu, maka kamu bisa melangkah ke strategi selanjutnya.

2. Menentukan Tujuan Wisata

Cara selanjutnya adalah menentukan tempat tujuan wisata. Kamu bisa mengajak wisatawan untuk datang ke tempat wisata di dekat rumahmu. Atau mungkin kamu bisa mengajak wisatawan keliling kotamu. 

Akan lebih menarik dan menguntunkan bila kamu membuat paket-paket wisata yang menarik dengan harga terjangkau. Coba aja deh!

3. Ciptakan Nama Brand yang Menjual

Tentu saja kamu harus menciptakan nama untuk usaha travelmu. Nggak usah kasih nama yang susah-susah. Cari saja nama yang mudah berbahasa Indonesia, lalu tambahkan kata “travel” di belakangnya.

Buatlah nama brand yang unik sehingga orang-orang bisa mengingat nama usahamu. Selain itu, alangkah lebih baik bila kamu juga membuat website dengan nama brandmu sebagai alamat website. Kamu bisa beli domain di Niagahoster sesuai nama usahamu.

4. Promosi di Media Sosial

Domain yang kamu beli, adalah piranti utama sebuah website. Website merupakan salah satu cara menaikkan branding bisnis travelmu. Dengan hal ini, kamu telah mempromosikan nama travelmu.

Selain itu, kamu juga perlu berpromosi di media sosial. Seperti instagram, tiktok, facebook, youtube, dan whatsapp story. Rajin-rajinlah posting di media sosial hingga orang-orang “ngeh” dengan keberadaan usaha travelmu.

5. Membuat Izin Usaha

Cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat izin usaha. Dengan memiliki izin usaha, maka kamu telah mematenkan nama usahamu dan bersiap mengikuti segala peraturan bisnis yang berlaku.

Dengan memiliki izin usaha, kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahamu. Kamu akan lebih mudah mendapatkan modal usaha dengan cara kredit untuk memperbesar bisnis travelmu. 

Kesimpulan

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka usaha travel. Memang kalau baru memulai bisnis, rasanya agak berat. Tapi tidak ada yang tak mungkin.

Dengan konsistensi promosi dan memberikan pelayanan terbaik bagi customer, dijamin bisnis travelmu akan melejit. Semoga berhasil.

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "Simak 5 Cara Membuka Usaha Travel Sendiri"