Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aktivitas Seru di Wisata Kebun Teh Nglinggo Jogja

Assalamualaikum wr wb

Hai travellers, kali ini Kak Ros akan sharing tentang aktivitas seru di wisata Kebun Teh Nglinggo yang ada di Jogjakarta. Kebun Teh Nglinggo ini adalah salah satu wisata yang sedang viral akhir-akhir ini.

Mengapa viral? Karena kaya akan pemandangan alam yang menangkan. Cocok untuk healing karena kita bisa menghirup udara segara di sini.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo Jogja

Wisata Kebun Teh Nglinggo ini lebih tepatnya berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta. Jadi nggak tepat di Jogja-nya ya, melainkan di kabupaten Kulon Progo.

Jarak tempuh dari tugu Jogja ke wisata Jateng ini, kurang lebih 1 jam. Perkebunan teh ini ada di perbatasan Jogjakarta dan Jawa Tengah bagian barat. Nggak jauh dari sana, juga terdapata Candi Borobudur.

kebun teh nglinggo kulonprogo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

Harga Tiket Masuk (HTM) dan Parkir

Harga tiket masuk menuju Kebun Teh Nglinggo adalah 6000. Ini adalah HTM dengan harga wajar karena tahun sebelumnya adalah 5000. 

Kalau parkirnya, dulu 2000/sepeda motor. Mungkin sekarang sudah naik menjadi 3000/sepeda motor. Kalau parkir mobil, mungkin 5000 atau 10.000. Nggak mahal-mahal banget kok.

Jam Buka Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Jogja ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00-21.00. Kalau datang sebelum jam 7 pagi, sepertinya kamu harus menunggu dulu. Saat ini sudah dibuka untuk malam hari karena telah tersedia kafe buat nongkrong malam hari, termasuk penginapan.

Lakukan Aktivitas Seru ini Biar Nggak Mati Gaya di Sini

Kalau ke kebun teh Nglinggo, jangan bingung mau ngapain. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Nggak cuma jalan-jalan atau foto-foto doang. Sini deh, Kak Ros kasih tahu. Simak baik-baik ya!

1. Trekking Kecil-Kecilan

Kebun Teh Nglinggo ini merupakan area perkebunan dengan ketinggian 900-1000 mdpl. Ada banyak bukit di sini. Kamu bisa naik bukit di mana saja. 

Cocok buat kamu yang hobi trekking. Setidaknya, naik ke sini bisa menjadi salah satu wahana trekking sebelum benar-benar mendaki gunung.

Salah satu bukit kecil yang paling difavoritkan di Nglinggo ini adalah Puncak 9, Bukit Ngisis, Puncak Widosari, Puncak Proman, Kebun Teh Tritis, Bukit Kendeng, dan juga Bukit Kukusan. Kamu bisa memilih bukit atau puncak mana aja yang kamu mau.

2. Melihat Puncak Gunung Lebih Jelas

Salah satu bonus yang akan kamu dapatkan bila trekking ke atas perbukitan kebun Teh Nglinggo, maka kamu akan melihat sejumlah puncuk gunung. Terlihat sangat jelas dan detail.

Ada 8 puncak gunung yang akan kamu lihat. Antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Andong, Ungaran, Telomoyo, Sindoro, Sumbing, dan Prau. Bisa banget berfoto dengan latar belakang 8 puncak gunung ini.

spot foto kebun teh nglinggo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

3. Naik Jip Off Road, Jelajah Medan yang Ekstrim

Kalau kamu bukan orang yang menye-menye, alias sangat suka tantangan, cobain deh untuk naik jip off road. Di sini disediakan sewa jip off road yang akan mengantarkanmu keliling perbukitan.

Sewa jip off road di Nglinggo berkisar antara 200ribu – 700ribu, bergantung pada jarak tempuh yang kamu minta. Masing-masing jip hanya berisi 3 penumpang. Hati-hati ya kalau naik jip di sini, karena atapnya terbuka sehingga sensasi menegangkannya lebih terasa.

sewa jip off road kebun teh nglinggo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

4. Berfoto dengan Latar Belakang Luasnya Semesta

Spot foto di mana pun di Kebun Teh Nglinggo, pasti instagramable. Mengapa? Karena latar belakangnya adalah alam, kebun teh, dan langit. Di sini, kamu juga bisa menggabung ke-3 elemen tersebut secara bersamaan. Jadi, pasti fotomu indah banget.

Di sini juga tidak ada spot foto warna-warni yang norak-norak itu loh. Jadi, memang yang dijual dan ditawarkan di sini adalah panorama alami. Bentang semesta yang begitu luas, yang perlu kita kagumi dan syukuri.

5. Piknik Menikmati Musik

Kita tuh memang butuh healing. Kabar baiknya, di Kebun Teh Nglinggo, lebih tepatnya di Puncak 9 Bukit Ngisis, terdapat sebuah kafe yang juga menyediakan suguhan musik.

Jadi, kita bisa banget mendengarkan alunan musik akustik secara live sambil memandang arah luas. Nikmat sekali bercengkrama di sini.

pemandangan kebun teh nglinggo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

6. Bersantai di Kedai Kopi

Kalau sudah kelelahan trekking dan berjalan, selanjutnya kamu bisa bersantai ria di kedai. Kalau kamu nggak bawa makanan atau minuman, mungkin kamu bisa beristirahat di Kedai Kopi yang ada, yakni Songo Coffee

Kedai ini bentuknya terbuka. Sambil duduk-duduk, kamu bisa melihat panorama kebun teh yang sangat indah. Sambil menyeduh kopi hangat dan makan indomie rebus, kamu bisa menikmati wisata Kebun Teh Nglinggo dengan cara yang berbeda.

songo coffee kebun teh nglinggo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

7. Bermalam di Penginapan Bukit Ngisis Nglinggo

Ada yang baru di siniii, yakni penginapan Kebun Teh Nglinggo. Terdapat 23 unit penginapan di sini. Harga penginapan di Kebun Teh Nglinggo mulai dari 150ribu-600ribu/malam. 

Ada yang tenda biasa, ada pula yang penginapannya bagaikan rumah kayu. Yang kalau keluar kamar, langsung tampak keasrian alam. Sudah tersedia kamar mandi dalam ya, jadi aman kalau mau buang hajat.

sewa tenda kebun teh nglinggo
sumber gambar: www.instagram.com/puncak9.bukitngisis/

Kesimpulan

Kebun teh yang berada di kawasan Perbukitan Menoreh ini memang sangat spesial dan sedang hangat-hangatnya. Alam yang menghijau, langit yang membiru, dan kabut tipis mampu memberi kesan yang berbeda saat datang ke sini.

Jadi, untuk kamu para travellers yang hendak healing pada akhir pekan ini di sini, boleh banget loh. Jangan datang sendiri. Cobalah datang bersama pasangan, besties, atau pun keluarga. Enjoy it!

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "5 Aktivitas Seru di Wisata Kebun Teh Nglinggo Jogja"