Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Domain .ID untuk Website Bisnis dan Blog Pribadi

Pemilihan ekstensi domain menjadi salah satu aspek penting dalam membangun website bisnis maupun blog pribadi. Di antara ratusan pilihan yang tersedia, ekstensi domain .id layak mendapat perhatian khusus.

Hal ini karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa didapatkan ketika menggunakan generik TLD seperti .com, .net atau .org.

Ekstensi domain .id merupakan tipe domain country code atau ccTLD yang dibuat eksklusif sebagai identitas pengguna di suatu negara. Dalam hal ini domain .id merupakan ekstensi ccTLD yang ditujukan untuk masyarakat di Indonesia. 

kelebihan domain id

Terlepas dari itu, sampai hari ini mayoritas pengguna ekstensi domain .id memang berasal dari Indonesia. Mengutip data yang dirilis oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) per 31 Juli 2021 pertumbuhan pengguna domain ini sudah menyentuh angka 205 ribu pengguna.

Selain faktor kebanggan dan nasionalisme, domain .id sejatinya memiliki beberapa kelebihan yang patut dicermati. Berikut merupakan sejumlah keunggulan ekstensi domain .id yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Domain .ID Dibandingkan dengan Ekstensi Domain Lain

Jika dibandingkan dengan ekstensi domain lain, domain .id memiliki sejumlah kelebihan yang bisa membantu bisnis menarik calon pelanggan. Kira-kira apa saja kelebihannya? Yuk, kita simak pembahasannya bersama-sama.

1. Ketersediaan Nama Domain

Seperti kita ketahui, di dunia ini hanya ada satu nama domain spesifik yang tersedia untuk dibeli, sehingga setiap domain memiliki sifat dan keunikannya tersendiri. 

Sebagai contoh, jika saat ini sudah ada orang atau perusahaan yang mendaftarkan nama domain “facebook.com” maka tidak ada orang lain lagi yang bisa memakai domain tersebut.

Nah, karena domain .id baru dirilis pada tahun 2014 lalu otomatis masih banyak nama yang tersedia untuk domain dengan ekstensi .id. Jadi, kamu akan lebih leluasa dalam menentukan nama apa yang tepat untuk website bisnis maupun kebutuhan pribadi.

2. Lebih Kredibel dan Terpercaya

Sejak awal kemunculannya, ekstensi domain .id sudah memberikan kesan eksklusif dan terpercaya bagi penggunanya. Saat ini domain .id juga sudah digunakan oleh berbagai perusahaan atau instansi kenamaan sebagai alamat website resmi. 

Misalnya seperti musica.id (website resmi dari label musik musica studio’s), tirto.id (website berita), hingga dailysocial.id (portal informasi seputar startup teknologi).

Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan ekstensi domain .id agar website bisnismu lebih kredibel dan terpercaya di mata calon pengguna.

Baca juga : apa itu hosting ? hosting adalah

3. Harga Relatif Bersaing

Sudah bukan rahasia lagi jika harga sewa menjadi salah satu pertimbangan blogger maupun web developer dalam memilih ekstensi domain. Untuk biaya sewa domain .id sendiri per bulan Maret 2022 ada di kisaran Rp180 - Rp300 ribu per tahun. 

Besaran biaya sewa domain .id memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan ekstensi Top Level Domain seperti .com, .net, .info dan .org. Namun, selisih harganya tidak terlalu jauh kok, apalagi jika kamu melakukan pembelian menggunakan promo diskon atau dalam beberapa tahun sekaligus.

domain website id

4. SEO Friendly 

Pada dasarnya setiap ekstensi domain memiliki nilai yang sama di mata mesin pencari. Meski begitu, pada tahun 2014 lalu Google sempat mengeluarkan algoritma baru bernama Local SEO yang bertugas memberikan hasil penelusuran terbaik berdasarkan wilayah di sekitar pengguna.

Alhasil, penggunaan ekstensi domain .id untuk website yang memiliki target pengunjung Indonesia merupakan pilihan terbaik yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, hal ini sedikit banyak akan mendorong website agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Penggunaan domain id secara otomatis juga akan membantu mesin pencari mencocokkan website dengan target pengunjung spesifik secara geografis. Jadi, tidak perlu pusing untuk mengatur melalui search console.

5. Menunjukkan Rasa Nasionalisme

Kelebihan domain .id berikutnya adalah bisa menunjukkan rasa nasionalisme atau kebanggaan terhadap Indonesia. 

Dengan menggunakan domain .id kamu bisa memperlihatkan kepada pengunjung dari seluruh dunia bahwa bisnis atau perusahaanmu ada di Indonesia.

6. Akses Lebih Cepat

Secara teknis, website yang memakai domain .id bakal terasa lebih cepat ketika diakses oleh pengguna, karena eksistensi ini menggunakan DNS (Domain Name Server) yang berada di Indonesia.

Kecepatan akses pengguna saat ini menjadi faktor penting untuk meningkatkan SEO website. Terutama di era Core Web Vital dimana blogger maupun web developer dituntut agar bisa membangun website yang user friendly serta cepat diakses melalui berbagai perangkat.

Kesimpulan

Itulah berbagai kelebihan domain .id yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan website bisnis maupun blog pribadi. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mulai beralih menggunakan domain yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia ini?

Jika tertarik menggunakan domain .id, pastikan untuk membeli domain dari registrar yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang jelas ya. Jangan sampai domainmu hilang dibawa kabur gara-gara mendaftar di registrar domain abal-abal.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Kelebihan Domain .ID untuk Website Bisnis dan Blog Pribadi"