Donasi Digital Makin Diminati Masyarakat Indonesia, Mengapa?

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Donasi digital sudah jadi kegiatan amal masyarakat Indonesia. Kalau melihat Hari Donasi Online (Hardolnas) 2020, sebanyak 24 ribu donatur berdonasi mencapai belasan miliar rupiah.

Dari kejadian ini bisa dilihat kalau donasi digital menjadi opsi untuk beramal. Donasi digital membuat siapapun dapat mendonasikan uang tanpa batas waktu. Kamu dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja.

Studi mengatakan, pemberian donasi digital secara nominal maupun frekuensi mengalami kenaikan signifikan. Selama pandemi, rata-rata nilai donasi mengalami kenaikan sebesar 72 persen.

Temuan ini sesuai dengan data internal GoPay yang mencatat transaksi donasi digital mengalami kenaikan dua kali lipat. Donatur tertinggi kebanyakan dari generasi milenial.

Selain itu, hasil kuesioner lebih dari 1.300 responden dan wawancara eksklusif kepada 15 pemegang jabatan penting mengatakan kaum milenial paling sering berdonasi, tetapi gen X paling besar nominal donasinya.

Jadi, donatur didominasi oleh kaum milenial, meskipun nominalnya lebih sedikit dibandingkan donasi dari Gen X.

Faktor Donasi Digital Diminati Masyarakat

Ternyata, ada berbagai faktor yang membuat masyarakat mulai meminati donasi online, antara lain:

1. Sesuai dengan nilai dan kepercayaan yang dianut

Semua orang memiliki nilai kepercayaan yang dibawa dalam kehidupan sehari-hari. Pegangan tersebut dipakai untuk membuat keputusan-keputusan di masa depan. Salah satunya adalah terlibat dalam donasi digital.

Donasi digital membentuk jiwa solidaritas antar kelompok karena tidak ingin melihat teman atau saudaranya mengalami kesulitan.

Kepercayaan dari agama yang dianut masyarakat dapat membentuk rasa peduli kepada sesama. Bentuknya dapat terwujud pada infak, sedekah, dan perpuluhan.

Masalah sosial, isu kesehatan, dan kondisi pandemi Covid-19 membentuk kegiatan donasi online oleh berbagai pihak, mulai dari komunitas sampai selebriti. 

Hal tersebut dibuktikan dengan beragam aksi lelang untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan.

2. Kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran

Menurut Lembaga Amil Zakat, pertumbuhan donasi digital per tahun naik dua kali lipat . Pertumbuhan kualitatif organisasi nirlaba di platform galang dana mengalami kenaikan 13 kali lipat.

Inisiatif galang dana terbesar berasal dari media sosial. Selebihnya, masyarakat Indonesia memakai aplikasi dan membuat penggalangan dana digital.

Faktor utama yang membuat donasi online makin digemari ialah keberadaan metode pembayaran digital yang memudahkan masyarakat. Kemudahan teknologi ini dapat melahirkan donatur-donatur baru.

Untuk ekosistem filantropi, donasi digital dapat meningkatkan potensi penerimaan galang dana masyarakat, mendorong akuntabilitas dan transparansi, serta memudahkan manajemen pengelolaan dana.

3. Pergeseran perubahan gaya donasi

Hamid Abidin, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, mengatakan terdapat pergeseran mekanisme dari direct giving menjadi organized giving. 

Selain mekanisme, perubahan peran pun terjadi, yang awalnya donatur berubah menjadi fundraiser dan campaigner.

Selain metode, bentuk donasi perlu menyasar kelompok komunitas yang berpotensi jadi kunci kegiatan donasi digital. Kemudahan teknologi membuat siapapun dapat menjadi inisiator aksi galang dana.

Donasi Digital bersama Ayobantu

Ayobantu adalah platform donasi online yang berdiri pada tahun 2020 untuk menjadi jembatan antara inisiator penggalangan dana sosial dan program sosial dari masyarakat, komunitas, sampai korporasi.

Platform online ini selalu memberikan customer experience yang mudah diakses dengan berbagai cara.

Layanan Ayobantu

Ayobantu memiliki berbagai layanan yang dapat membantu kamu melakukan kegiatan donasi secara digital. Berikut di antaranya:

1. Variasi campaign

Layanan ini mengajak setiap individu, komunitas, serta korporasi melakukan kampanye donasi dengan berbagai cara yang unik.

Untuk penggalang dana, Ayobantu memberi fasilitas campaign melalui event sampai social media activation. 

Social media activation sendiri adalah suatu kegiatan ketika platform sosial media dimanfaatkan untuk memperkenalkan kegiatan amal yang bertujuuan untuk membangun empati masyarakat sehingga tergerak untuk melakukan kegiatan amal. 

Jadi, kamu gak perlu khawatir tentang ide campaign karena sudah disediakan oleh AyoBantu.

2. Lelang Donasi

Ayobantu juga mengakomodasi acara donasi lelang barang. Layanan ini membuat semua orang dapat melelangkan barang mereka di acara donasi. Selain pelalang, kamu dapat ikut serta untuk pasang bid.

Setiap orang dapat melelangkan barang fisik dan digital seperti NFT. Jadi, apapun barangnya bisa didonasikan untuk yang membutuhkan.

3. Ragam Metode Pembayaran

Tidak hanya campaign yang bervariasi, sistem pembayarannya pun beragam, menyesuaikan kebutuhan zaman. 

Metode pembayaran dapat melalui transfer bank, virtual account, dompet digital, sampai aset kripto. Bayangin, kamu nambang kripto untuk kegiatan amal.

Langkah-langkah Berdonasi di Ayobantu

Kamu ingin segera berdonasi di Ayobantu? Langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke laman Ayobantu.com melalui smartphone maupun PC;
  2. Pilih campaign/penggalangan dana yang ingin didukung
  3. Klik tombol “Donasi sekarang”
  4. Masukkan nominal donasi;
  5. Pilih metode pembayaran (Virtual account, Bank transfer, Aset kripto, E-wallet;
  6. Klik “Donasi” untuk menyelesaikan transaksi;
  7. Donatur mendapatkan laporan transaksi lewat WhatsApp atau notifikasi di laman Ayobantu secara real time.

Kesimpulan

Gampang banget, bukan? Enaknya, sekarang tuh kita bisa berdonasi meski cuma dari kasur. Sambil rebahan, sambil membantu orang lain. Enak toh?

Inilah definisi rebahan tapi dapat pahala. Aamiin

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar