Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pekerjaan di Pantai Saat Ini yang Dibutuhkan Banget

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang 10 pekerjaan di pantai saat ini yang sedang hits dan digemari anak-anak pariwisata. Daftar pekerjaan ini juga bisa ditemukan oleh para pencari lowongan kerja bidang pariwisata di Jooble loh!

Tidak menutup mata bahwa makin ke sini, dunia pariwisata makin eksis. Publik semakin butuh wadah untuk eksistensi berkarya. Sehingga sektor pariwisata khususnya pantai butuh penjagaan ketat untuk menyeimbangkan 2 hal ini, pemenuhan kebutuhan sumber daya alam dan  eksisme wisatawan.

Ini Lowongan Pekerjaan Pariwisata di Pantai

Maka jangan heran bila pekerjaan di pantai kini semakin beragam. Berikut ini adalah 10 daftar pekerjaan di pantai yang dibutuhkan banget. Ada apa aja ya kira-kira?

1. Nelayan

Nelayan adalah orang yang bekerja mencari ikan di laut. Biasanya seorang nelayan berangkat melaut pada malam hari, melepaskan jala pada malam hari, lalu kembali ke daratan menjelang pagi. Kemudian hasil tangkapannya diserahkan kepada pedagang ikan.

2. Pedagang Ikan

Pedagang ikan menerima hasil tangkapan ikan laut dari nelayan. Mereka menjual secara grosir maupun eceran. Akan ada pengepul yang membawa ikan-ikan tersebut ke pasar untuk dijual kembali kepada orang-orang di kota.

3. Tour Guide (Pemandu Wisata)

Dulu memang nggak ada tour guide, tapi sekarang sudah ada karena kebutuhan semakin banyaknya wisatawan yang datang. Kalau wisatanya sekadar pantai, mungkin nggak butuh wisatawan, tapi kalau berupa paket wisata termasuk snorkeling, maka dibutuhkan tour guide yang berpengalaman.

sumber gambar: Canva

4. Penjaga Homestay/Villa

Untuk orang-orang yang datang dari luar kota, biasanya mereka membutuhkan akomodasi penginapan. Biasanya wisatawan akan menginap di homestay, villa, atau resort. Di sini tentu selalu sedia Customer Service atau front desk yang siap melayani wisatawan kapan pun mereka datang untuk bermalam.

5. Pedagang Souvenir

Di setiap pantai, biasanya akan ada pedagang souvenir. Mulai dari souvenir berupa gelang, gantungan kunci, hingga baju. Masing-masing souvenir ini biasanya memiliki ciri khas tersendiri sesuai ciri khas pantainya. Ada souvenir baju yang tulisan nama pantainya, dan lainnya.

sumber gambar: Canva

6. Penjaga Hutan Bakau

Saat ini di setiap pantai yang rentang tsunami, ditanami hutan bakau yang juga berguna untuk mencegah abrasi. Di beberapa tempat, ada orang yang memiliki tugas untuk menjaga keasrian hutan bakau. Bahkan ada hutan bakau yang dijadikan sebagai tempat wisata seperti Hutan Bakau di Karimunjawa.

7. Petani Garam

Warga lokal juga memanfaatkan air laut yang kaya akan garam. Mereka mencoba memisahkan antara garam dan air yang ada di air laut. Garam-garam ini akan dikeringkan lalu didistribusikan ke kota-kota besar.

8. Petani Tambak

Memang banyak nelayan yang mencari ikan di laut, namun ada juga petani yang justru mebuka tambak di dekat perariran pantai. Biasanya mereka beternak udang atau ikan-ikan tertentu.

sumber gambar: Canva

9. Penjaga Pantai

Di setiap pantai tentu ada para penjaga pantai. Mereka bertugas untuk menerima tiket pembayaran, menjaga kendaraan di tempat parkir, termasuk penjaga pantai yang bertugas untuk membersihkan pantai. Mereka melakukan pekerjaannya masing-masing dengan sangat baik.

10. Penyedia Jasa Sewa

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai. Bisa berenang, main seluncuran, hingga bermain speedboat. Di setiap pantai, biasanya disediakan penyewaan papan luncur dan speedboat. Jadi orang-orang bisa bermain di pantai dengan bahagia.

Kesimpulan

Itulah 10 pekerjaan di pantai yang dibutuhkan saat ini. Info pekerjaan khususnya tour guide pantai bisa dicari di lowongan kerja bidang pariwisata di Jooble

Jooble adalah situs pencari kerja skala internasional yang menyediakan ragam pekerjaan, termasuk pekerjaan di bidang pariwisata. Di sini tuh isinya loker-loker aja. Jadi orang-orang bisa dengan cepat dan tepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Coba deh, cari lowongan pekerjaan bidang pariwisata yang kerjanya nanti di pantai. Coba cari di Jooble ini. Pasti ada.

Semoga berhasil!

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "10 Pekerjaan di Pantai Saat Ini yang Dibutuhkan Banget"