5 Tips Kuliah Hybrid Berdasarkan Pengalaman

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang tips kuliah hybrid berdasarkan pengalaman. Dulu ketika saya S2, virus corona menyerang. Waktu itu untuk mata kuliah wajib udah selesai, tinggal bimbingan tesis saja. 

Bimbingan tesis juga dilakukan secara hybrid. Kalau bisa online, ya dilaksanakan lewat zoom meeting. Tapi kalau untuk urusan ttd, apalagi sekaligus bimbingan tatap muka, ya langsung bertemu. Tapi saya sidang tesisnya online.

Ini 5 Tips Kuliah Hybdrid Untuk Calon Mahasiswa

Nah, kali ini saya akan berbagi tips kuliah hybrid untuk teman-teman mahasiswa. Soalnya kuliah hybrid ini enak tapi ada nggak enaknya juga, hehe. Akan Kak Ros bahas sekalian bersamaan dengan pembahasan tips ya!

1. Kelola Waktu dengan Baik

Hal utama yang harus dilakukan dengan baik oleh mahasiswa adalah perencanaan waktu. Mulai dari jadwal kuliah, jadwa organisasi, hingga bersosial dengan teman-teman lain.

Kalau online, mungkin kita bisa bersiap 10 menit sebelum zoom meeting. Tapi kalau offline, maka kamu harus bersiap setidaknya 30 menit sebelumnya. 

Tapi kalau kuliah dilakukan secara hybrid yang ganti-gantian dan sering mendadak, maka kamu harus pandai-pandai mengelola waktu biar dirimu nggak kaget dan bisa mengikuti ritme kuliah.

Usahakan menjadi orang yang tepat waktu, supaya kegiatan lain bisa tertata rapi. Kalau kita terbiasa tepat waktu, maka akan lebih mudah dipercaya oleh orang karena kita menepati janji untuk datang pada waktu yang disepakati.

2. Patuhi Protokol Kesehatan

Memang presiden Indonesia telah membolehkan kita untuk tidak menggunakan masker, tapi sejatinya virus corona dan virus-virus lainnya masih ada di sekitar kita. Kita bisa menjaga daya tahan tubuh, tapi belum tentu orang lain.

Jadi, mari hargai rekan atau dosen yang masih menggunakan masker untuk melindungi dirinya. Maka, hargailah dosenmu bila beliau memintamu menggunakan masker.

Pastikan, sepulang dari kuliah kamu harus mandi. Melepaskan diri dari kotoran, debu, dan penat seharian berkuliah. Inshaa Allah, setelah mandi, badanmu lebih fresh dan siap menyambut aktivitas yang baru.

3. Jaga Kesehatan

Hybrid ini meminta kita untuk tetap sehat kala online dan offline. Bila pertemuan dilakukan secara online, maka kita akan sering duduk di atas kursi. Tentu saja ini butuh peregangan agar badan tidak kaku. Maka dari itu, olahragalah untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, bila kamu melakukan kuliah tatap muka dengan dosen, maka kamu harus punya tubuh yang fit untuk datang ke kampus. Belum lagi kalau hujan, hingga padatnya tugas-tugas kampus. Setidaknya, sempatkan olahraga 2-3x seminggu. Minimal lari, jalan kaki 1 jam, atau senam di kamar.

4. Jaga Laptop dan HP Sebaik Mungkin

Kuliah hybrid tentu membutuhkan media laptop dan HP yang baik. Nggak harus bagus, tapi setidaknya bisa untuk install zoom atau google meet. 

Kalau kamu punya laptop dan HP yang mumpuni, jagalah kedua barang tersebut. Awet-awetlah barang tersebut. Ingatlah, bahwa orang tuamu susah payah mengumpulkan uang untuk memberimu fasilitas kuliah yang memadai.

5. Siapkan Pakaian yang Rapi

Entah kuliah online atau offline, alangkah lebih baik bila kamu menggunakan pakaian yang rapi. Jadi, kalau ada dosen yang mendadak minta kuliah offline, maka kamu bisa siap untuk berangkat kapan pun.

Ada pun bila kamu kuliah online, tetap gunakan pakaian yang rapi. Khawatir kamu diminta dosen untuk berdiri. Lah kalau kamu cuma pake celana pendek, apa nggak malu? Jadi, lebih baik siapkan pakaian terbaik untuk menuntut ilmu.

Kesimpulan

Itulah 5 tips kuliah hybrid mahasiswa baru berdasarkan pengalaman. Kuliah hybrid ini enak kok. Bisa lebih banyak istirahat di kosan. Berangkat ke kampus seperlunya, biasanya untuk kegiatan praktikum atau seminar. 

Jadi memang enak banget kuliah hybrid. Kalau cuma tatap muka dengan materi yang dibungkus teori, kan mending belajar di rumah/kosan ya. Tapi memang kalau kuliah offline itu lebih menyenangkan, karena energi kita terisi bila bertemu teman-teman kuliah.

Jadi itulah 5 tips kuliah hybrid yang bisa Kak Ros sampaikan. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar