Rekomendasi Materi TPS untuk Persiapan UTBK 2023

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Jika berencana untuk masuk ke Perguruan Tinggi Nasional (PTN), ada banyak jalur yang bisa dilewati. Salah satunya adalah dengan SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional. 

Jika mengikuti jalur ini, perlu lulus dalam UTBK atau yang merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Jika dibandingkan dengan 2022, ada beberapa perbedaan peraturan yang akan dilaksanakan di UTBK 2023. Salah satunya yang paling kentara adalah tidak ada lagi Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau secara mudahnya ujian dengan berbasis mata pelajaran. Di UTBK 2023 ini akan lebih fokus pada Tes  Potensi Skolastik (TPS).

Selain menghilangkan TKA, pada UTBK 2023 ujiannya lebih berupa ke penalaran dan bukan hafalan. Ada beberapa jenis TPS yang akan diujikan, mulai dari kemampuan bernalar para siswa, potensi kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan literasi bahasa Inggris.

Supaya bisa belajar berbagai materi TPS lebih terarah dan matang, bisa pertimbangkan bergabung ke Quipper. Berbagai keuntungan diraih dan kesempatan masuk PTN impian semakin besar. 

Dengan bergabung Quipper les SMA, kamu bisa belajar berbagai materi persiapan UTBK, coba berbagai Tryout Online, sekaligus didampingi Tutor & Coach yang berpengalaman.

Supaya bisa mempersiapkan diri lebih matang ikut UTBK 2023, simak yuk di sini berbagai serba serbinya. Ada rekomendasi materi untuk persiapan UTBK 2023 juga. 

Apa Saja Materi UTBK 2023?

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau yang lebih familiar disebut dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim melakukan beberapa perubahan di seleksi masuk UTBK-SBMPTN 2023. Salah satunya seperti yang sudah dibahas adalah menghilangkan tes pelajaran atau TKA dan berfokus pada TPS.

Keputusan peniadaan TKA ini tercantum pada Permendikbud Ristek No. 48 Tahun 2022 tentang penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri. Di dalamnya, berisi berbagai perubahan aturan plus aturan terbaru.

Beberapa peraturan baru di UTBK 2023, calon mahasiswa bisa mengikuti SBMPTN 2 kali. Selain itu, pihak PTN juga bebas jika menambahkan persyaratan portofolio untuk Program Studi (Prodi) Seni dan Olahraga.

Terkait TPS tujuannya adalah mengetahui dan mengukur kemampuan kognitif yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Pada UTBK 2023 ini materi yang diberikan berfokus pada potensi kognitif, penalaran Matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris.

1. Potensi Kognitif

Secara mudahnya, tes ini digunakan untuk mengukur bagaimana calon mahasiswa berpikir atau menggunakan logikanya untuk menyelesaikan masalah. Jadi ini merupakan cara calon mahasiswa menganalisis suatu masalah. 

Ada berbagai keterampilan kognitif yang mencakupnya, mulai dari membaca, mengingat, belajar, memperhatikan, dan juga penalaran logis.

Penerapan Kognitif yang akan ada pada soal UTBK 2023 mulai dari pernyataan benar atau salah, penalaran analitik, sampai dengan pemahaman visual. 

Jadi perbanyak contoh materi tersebut supaya semakin mantap dalam mengikuti berbagai ujian UTBK 2023. Contoh soalnya banyak, bisa dipelajari secara online atau offline.

2. Penalaran Matematika

Selanjutnya adalah Penalaran Matematika yang akan menguji kemampuan calon mahasiswa dalam menerapkan berbagai Matematika dasar untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.

Materi Penalaran Matematika yang diprediksi antara lain perbandingan, statistika & peluang, sampai dengan silogisme. Soal-soal atau materi yang akan diberikan, sudah dijelaskan di SMP dan SMP, jadi digadang-gadang lebih mudah dan tidak serumit SBMPTN tahun 2022.

3. Literasi Bahasa Indonesia

Dalam Literasi Bahasa Indonesia bukan bagaimana bagusnya dalam membaca atau menggunakan bahasa. Namun, bagaimana calon mahasiswa mengerti esensi bacaan yang sedang dibaca dan bagaimana mereka melakukan analisis. Baik itu secara tersirat atau tersurat di dalam kalimat atau bacaan yang lebih panjang.

Materi yang akan diujikan pada Literasi Bahasa Indonesia ini mencakup gagasan, interpretasi teks, serta sikap dan juga opini penulis. Supaya bisa lolos dengan lebih mudah, ada beberapa yang dapat dilakukan. Mulai dari membaca soal terlebih dahulu, gunakan teknik baca cepat dan cermat, lalu perbanyak kosa kata di KBBI dan PUEBI.

4. Literasi Bahasa Inggris

Sebenarnya, Literasi Bahasa Inggris ini tidak jauh beda dengan Indonesia. Bedanya, calon mahasiswa diuji kemampuannya dalam memahami bacaan dalam bahasa Inggris. Bukan tentang grammar lagi. Materi yang diujikan adalah seputar topic and main idea, purpose of the passage, dan author’s attitude and opinion.

Dengan persyaratan yang berubah, seperti meniadakan TKA, diharapkan memberikan peluang yang lebih besar bagi para calon mahasiswa masuk ke universitas impiannya. 

Supaya lebih mudah lagi, perlu platform yang tepat untuk memberikan arahan atau bimbingan. Seperti halnya Quipper yang memang sudah terbukti mengantarkan anak bangsa ke PTN favorit.

Ada banyak keunggulan jika bergabung ke Quipper, kamu bisa dapatkan berbagai materi intensif untuk UTBK 2023. Berbagai materinya mulai dari persiapan, latihan soal, materi pemantapan, try out, dan lain sebagainya. kamu akan dapatkan informasi paling update dan didukung oleh guru privat hanya di Quipper!

Kesimpulan

Yuk segera bergabung saja ke Quipper dan nikmati berbagai kelebihan yang ditawarkan. Jika melakukan persiapan lebih awal dan lebih matang, masuk ke PTN yang diinginkan bukan hanya sekadar mimpi!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar