Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Bisnis Online Luar Negeri Agar Sukses

Perkembangan teknologi dan informasi membuat batas dunia menjadi samar-samar. Namun, jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik maka hal ini justru menjadi keuntungan. Salah satu peluang yang muncul dari teknologi ini adalah bisnis online luar negeri. 

Jadi, produkmu tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, melainkan bisa dikenal hingga mancanegara. Otomatis, peluang untuk mendapatkan untung lebih besar pun terbuka lebar.

Agar pengelolaan bisnis onlinemu di luar negeri sukses, kamu bisa memanfaatkan beragam fitur pengelolaan keuangan dari  spenmo.id. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

7 Tips Melakukan Bisnis Online Luar Negeri

Jika kamu ingin memperoleh hasil maksimal dari bisnis online ini maka ketahuilah berbagai tips ampuh yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Memilih Produk yang Unik dan Berkualitas Tinggi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih produk berkualitas tinggi dan unik. 

Barang yang unik akan mudah menarik perhatian pembeli. Sedangkan, kualitas yang tinggi akan menjaga kepuasan pembeli sehingga mereka akan bertahan memakai produk yang diberikan sekaligus memberikan peluang besar bagi pelanggan untuk mempromosikan produk kamu.

Namun, untuk memilih produk yang akan dijual harus melakukan riset terlebih dahulu. Kamu harus memikirkan target pasar dan konsumen yang diinginkan, jenis barang yang akan dijual, dan target utamanya di mana. Karena kondisi demografi sangat mempengaruhi penjualan ke depan.

Kamu harus menguasai hal ini dan terus belajar melihat peluang sehingga bisa memperoleh untung yang besar.

2. Pilih Marketplace Terkini

Bisnis online luar negeri pastinya memanfaatkan marketplace tertentu. Kamu harus tahu apa saja nama-nama toko online luar negeri yang banyak digunakan. Contohnya Amazon jika kamu ingin berjualan di banyak negara dengan mudah terutama di Eropa dan Amerika.

Namun, jika ingin mengincar pasar di China maka Alibaba.com adalah pilihan yang tepat. Jika ingin berjualan di pasar Jepang maka Rakuten bisa menjadi alternatif yang baik. Tentunya masih banyak lagi marketplace yang bisa kamu coba.

Namun, perhatikan semua peluang, target pasar, pelayanan dan lain sebagainya dari marketplace tersebut. 

Memiliki berbagai lapak di marketplace juga tidak masalah karena kamu bisa menguasai banyak pasar dan melihat pasar mana yang memberikan hasil terbesar. Jadi, kamu bisa fokus pada pasar tersebut suatu saat nanti.

3. Ketahui Cara Pengiriman Produk yang Sesuai

Tips berikutnya adalah kamu harus tahu bagaimana cara mengirim produk yang sesuai. Jika di dalam negeri maka hal ini sangat mudah, karena kamu bisa memakai jasa pengiriman dengan bebas. Namun, untuk pengiriman luar negeri lebih terbatas. 

Akan tetapi terdapat beberapa jasa pengiriman internasional yang cukup baik dipakai seperti UPS, FedEx, CN, Tiki, JNE Express, dan lainnya. Semua jasa pengiriman ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri seperti biaya dan jangkauan pengiriman.

Selain memilih jasa pengiriman, pastikan juga untuk membuat packing yang baik, kuat, dan menjamin terjaganya keamanan barang di dalamnya. Dengan terjaganya barang ini akan membuat pelanggan luar negeri puas akan pelayanan yang kamu berikan.

4. Miliki Rekening yang Berlaku Antar Negara

Jika ingin berbisnis online ke luar negeri dengan mudah maka memiliki rekening yang bisa digunakan antar negara adalah pilihan yang tepat. 

Hal ini akan memudahkan transaksi sehingga hasil penjualan bisa langsung dinikmati atau dikelola kembali untuk menyediakan produk yang dibutuhkan.

Hampir semua bank di Indonesia bisa digunakan untuk melakukan transaksi ke luar negeri. 

Atau, kamu juga bisa memakai aplikasi transfer uang ke luar negeri seperti Spenmo yang aman dan memudahkan transaksimu. 

5. Minimal Kuasai Bahasa Inggris

Online shop luar negeri saat ini pasti menggunakan Bahasa Inggris dalam semua bagiannya. Mengapa? Karena Bahasa Inggris lebih mudah dikuasai dan dikenal banyak orang. Oleh karena itu, kamu harus menguasai bahasa ini sebaik mungkin.

Tidak perlu sedetail mungkin, namun pastikan informasi yang kamu tuliskan dan baca jelas dan dapat dimengerti oleh calon pelanggan. Kamu bisa memakai tim yang ahli di bidang Bahasa Inggris jika memang tidak menguasai hal ini sama sekali.

Karena suatu saat nanti, pasti ada pelanggan yang ingin melakukan order khusus sehingga kamu harus memberikan jawaban, penawaran, dan dokumen pendukung lainnya dalam Bahasa Inggris.

6. Gencar Melakukan Marketing

Jika kamu ingin jualannya berjalan lancar maka marketing dan promosi harus rajin dilakukan. Marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan promosi, gratis ongkir atau bahkan memberikan edukasi produk.

Jika marketplace yang ada memiliki kolom yang minim maka gunakan sosial media atau website sebagai media edukasinya. Kemudian beri link yang mengarah ke halaman marketplace agar calon pelanggan yang tertarik bisa langsung memesan produk tersebut.

7. Gunakan Berbagai Media untuk Marketing

Mengetahui marketplace luar negeri gratis maupun berbayar saja tidaklah cukup. Karena kamu tetap harus melakukan marketing ataupun promosi sehingga produk yang dijual semakin mudah dikenal calon pembeli.

Kamu sebaiknya memakai berbagai media untuk marketing ini seperti Instagram, Facebook, dan juga Youtube. Melalui semua media tersebut berikan link yang mengarah kepada halaman marketplace yang kamu miliki.

Namun, kamu harus menggunakan setidaknya Bahasa Inggris dalam marketing tersebut agar mudah dipahami oleh konsumen di berbagai belahan dunia. 

Hal ini memang tidak mudah dilakukan namun jika kamu berhasil maka hasilnya sangat menguntungkan.

Kesimpulan

Berbagai tips bisnis online luar negeri di atas bisa menjadi cara ampuh untuk melakukan bisnis di taraf internasional dengan baik. 

Bisnis ini akan berjalan lebih lancar dengan memanfaatkan aplikasi transfer uang tanpa biaya admin dari Spenmo. Jadi, kegiatan bisnis online di luar negeri akan terasa lebih mudah dan aman. 


Posting Komentar untuk "7 Tips Bisnis Online Luar Negeri Agar Sukses"