Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa perdagangan online akan booming di Asia Tenggara?

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan membahas tentang 5 alasan mengapa perdagangan online akan booming di Asia Tenggara. Banyak yang menanyakan hal ini karena memang perkembangan perdagangan online semakin pesat ya. Kira-kira, kenapa ya?

Memang, akhir-akhir ini pertumbuhan jual beli online semakin berkembang, bahkan sangat drastis. Hal ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan negara-negara tetangga yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Lantas, kenapa ya perdagangan online akan booming di Asia Tenggara? Yuk kita cari tahu alasannya.

Ini 5 Alasan Transaksi Jual Beli Online Naik Drastis di Asia Tenggara

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa transaksi jual beli online di Asia Tenggara naik drastis. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Banyak Investor Untuk Support E-Commerce dan Online Shop

Menurut suara.com salah satu alasan mengapa transaksi jual beli online akan booming di Asia Tenggara adalah karena ada banyak investor yang menanamkan modalnya di bidang e-commerce dan online shop. 

Tak hanya untuk pemilik bisnis, modal yang ditanam oleh para investor juga dirasakan oleh para pengguna. Ada banyak promo yang diberikan kepada para pengguna atau online shopper sehingga semakin banyak transaksi perdagangan online yang terjadi.

2. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Jual beli online sangat memanjakan orang-orang yang gemar berbelanja. Mereka tidak perlu datang ke mall untuk membeli sesuatu. Cukup buka HP lalu buka e-commerce atau media sosial, lihat-lihat barang, deskripsi barang, ulasang, hingga tanya ke penjual.

Tentu saja hal ini bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Hanya bermodalkan HP dan rebahan di rumah, maka orang-orang tak perlu berdandan rapi dan menempuh perjalanan hanya untuk membeli sesuatu di sebuah toko.

3. Lebih Banyak Pilihan Pembayaran

Kini belanja online tidak hanya menerima pembayaran secara tunai melalui transfer ATM atau e-wallet. Melainkan juga memfasilitasi untuk pembayaran secara kredit. 

Apalagi pembayaran secara kredit juga terbilang cukup mudah asalkan memenuhi syarat dan menyanggupi S&K berlaku. Bahkan untuk barang semurah apa pun, bisa dikredit asalkan tetap memenuhi tanggung jawab.

4. Variasi Barang Beragam dan Lengkap

Dilansir dari Wikipedia bahwa jumlah penduduk Asia Tenggara yang mencapai 650 juta orang, semakin menambah faktor mengenai tingginya permintaan barang untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan sekunder.

Apalagi Asia Tenggara terdiri dari negara-negara berkembang yang sedang membutuhkan banyak barang untuk menunjang kualitas hidup. Adanya barang yang bervariasi dan beragam sesuai kebutuhan, maka semakin memperjelas dukungan bahwa perdagangan online akan booming di Asia Tenggara.

5. Lebih Mudah Membandingkan Harga 

Salah satu faktor yang sangat mendukung tingginya transaksi jual beli secara online adalah mudahnya membandingkan harga antar satu barang dengan barang lain, dan antar toko dengan toko lain.

Tak perlu mendatangi toko satu per satu, melainkan customer dapat melihat-lihat produk di sejumlah toko untuk dibandingkan harganya. Jauh dekatnya jarak toko dan rumah customer juga bisa menjadi pertimbangan mengenai biaya ongkir.

Ada pun saat ini telah diberi akses kemudahan untuk pengiriman melalui kargo. Jadi, pengiriman dari luar negeri khususnya wilayah Asia Tenggara tetap bisa difasilitasi secara maksimal oleh sejumlah ekspedisi.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 alasan mengapa perdagangan secara online akan booming di Asia Tenggara. Ternyata jumlah penduduk dan kebutuhan di negara berkembang mampu mendesak transaksi jual beli online dengan barang yang cukup beragam.

Jadi jangan heran bila bertambah tahun maka geliat perdagangan secara online akan meningkat semakin pesat, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "Mengapa perdagangan online akan booming di Asia Tenggara?"