Inilah 7 Pantai Nusa Penida, Yuk Kita Kunjungi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Nusa Penida, yang terletak di sebelah tenggara Bali, juga merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dieksplorasi. Wisata pantai yang eksotis dan memiliki keindahan yang instagramable menjadi daya tarik untuk tujuan liburan.

Pulau Bali memang terkenal sebagai surga tropis yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. 

Namun, terlepas dari keramaian itu, ternyata ada pulau kecil di sebelah tenggara Bali bernama Nusa Penida yang penuh dengan pantai yang luar biasa dan harus masuk dalam rencana liburan.

Daftar 7 Pantai di Nusa Penida

Ingin menikmati keindahan alam Nusa Penida? Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata pantai terindah yang dapat Anda pilih selama liburan.

1. Broken Beach atau Pasih Uug

Nama uniknya seolah menggambarkan pesona alam yang tak terbayangkan. Bayangkan berdiri di atas tebing tinggi dengan formasi seperti mangkok atau cincin. 

Ada rongga besar yang menghubungkan pantai dengan laut lepas, sehingga terlihat seperti sumur raksasa. Benar-benar sulit untuk diterapkan dalam pikiran.

sumber gambar: Digital Travel Couple

Oleh karena itu, Anda harus menyaksikannya secara langsung dengan membuka mata. Tempat ini tentu menjadi salah satu tempat favorit bagi pecinta fotografi atau mereka yang ingin memiliki hasil jepretan yang unik untuk akun Instagram mereka. 

Berjalan di pinggir tebing dengan ketinggian 50-200 meter tentu harus dilakukan dengan hati-hati karena kondisi alamnya masih sangat alami.

Oleh karena itu, permukaannya cukup licin dan berbahaya. Meskipun pemandangan lautnya mempesona, tidak dianjurkan untuk berenang di pantai yang rusak ini karena terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan ombak yang cukup tinggi. 

Namun, jika Anda ingin menantang kematian, pastikan Anda siap menghadapi ombak dan memperhatikan keselamatan diri Anda.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi wisata bahari yang selalu mempesona, Pasih Uug dapat ditemukan di Jalan Bunga Mekar, Sakti, Kabupaten Klungkung. 

Anda harus melewati Bali terlebih dahulu untuk sampai ke Nusa Penida dan kemudian menuju ke Broken Beach menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 90 menit. Harap bersiap-siap karena jalan masih cukup berat.

2. Pantai Atuh atau Raja Lima

Jika ingin merasakan kesejukan air laut sekitar Pulau Nusa Penida, sangat dianjurkan untuk mengunjungi Pantai Atuh. Menariknya, pantai ini sering disebut dengan nama "Raja Lima" karena keindahannya seperti kerajaan laut yang tidak kalah dengan Raja Ampat. 

Benar sekali, begitu memasuki area pantai, Anda akan disuguhi pemandangan air laut yang jernih dan indah.

Lapisan pasir putih yang halus yang menutupi bibir pantai tentu akan memukau para pengunjung. Terlebih lagi, lokasinya yang masih tersembunyi memberikan nuansa yang terselubung dan memikat. 

Kesan sepi dan tenang tampak menyatu dengan gelombang ombak, angin, dan tebing-tebing yang indah yang mengelilinginya.

sumber gambar: Pantainesia

Oleh karena itu, apa yang dapat dilakukan di pantai ini? Tentu saja, keindahan lautan yang luar biasa harus diterima dan tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, persiapkanlah kamera dan keterampilan fotografi Anda untuk mengabadikan pesona Pantai Atuh. 

Untuk membuat foto Anda semakin menarik, Anda juga dapat mengunjungi pantai disebelahnya yang hanya dipisahkan oleh sebuah tebing.

Pantai ini sebenarnya merupakan bagian dari Pantai Atuh yang memiliki tiga bagian pantai yang dipisahkan oleh tebing. Menyelam dan berenang dengan snorkel di sekitar pantai ini adalah salah satu aktivitas yang sangat disukai oleh para pengunjung. 

Tidak hanya itu, Bukit Atuh juga memiliki fenomena alam unik yaitu mata air tawar yang muncul tepat di tepi pantai.

3. Pantai Kelingking

Sebagai apresiasi terhadap pesona tebing yang indah, Pulau Nusa Penida juga memiliki Pantai Kelingking yang tidak kalah megah. 

Tersembunyi di balik pesona tebing yang curam di kawasan Bunga Mekar, Nusa Penida, terdapat hamparan pasir putih halus yang mengarah ke lautan biru. Tepat di balik curaman tebing terdapat Pantai Kelingking.

Keindahan Pantai Kelingking seolah-olah tampak seperti lukisan dari seorang maestro. Kontras antara laut biru yang jernih, pasir putih, dan tebing hijau tinggi kehitaman pasti memanjakan mata. 

Keunikan yang sangat menarik dari pantai ini adalah tebing bebatuan yang berbentuk seperti hewan purba dinosaurus T-Rex. Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Kelingking.

Berenang di pantai dengan ombak yang tenang bisa menjadi solusi untuk meredakan kelelahan. Pasir di area ini juga putih dan bersih, sehingga sangat cocok untuk bersantai dan berbaring. 

Berfoto di sini pasti akan memberikan Anda hasil foto yang indah. Apabila beruntung, Anda juga bisa melakukan snorkeling bersama ikan pari manta atau manta ray.

Sayangnya, untuk mencapai pantai tersebut, Anda harus siap untuk menuruni tangga yang cukup terjal yang terletak di atas tebing. 

Tebing tersebut memiliki kemiringan 70-80 derajat dan hanya dikunci dengan pagar kayu sederhana. Namun, keindahan pantai yang terkenal di seluruh dunia ini pasti akan membalas seluruh rasa lelah yang dialami.

4. Pasih Andus atau Smoke Beach

Ingin menemukan lokasi yang sesuai untuk pemotretan yang fenomenal? Pastikan untuk berkunjung ke Pantai Asap atau Pantai Asap Pasih Andus. Sebutan Smoke Beach tidak tanpa alasan. 

Pastinya bukan karena adanya asap, melainkan karena ombak Laut Selatan yang membentang tinggi seperti asap di Pantai Sawarna Srikandi.

Ketika ombak memecah dan menimbulkan tabir asap yang besar, itulah saat yang tepat untuk mengabadikan momen tersebut. Air yang melimpah (cipratan air) menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

sumber gambar: Gotravela Indonesia

Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi mereka yang menyukai fotografi, karena harus memilih momen, teknik, dan sudut yang tepat untuk menghasilkan bidikan yang menarik.

Jika Anda memikirkan deburan ombak yang kuat, maka pastilah Anda mengetahui bahwa tempat ini tidak layak untuk berenang. Keberadaan batu-batu yang tajam hanya semakin menguatkan hal tersebut. 

Meskipun Anda dapat mencapai lokasi ini hanya dalam waktu 15 menit dari pantai Uug, sebaiknya Anda bersiap untuk menghadapi jalan berbatu yang harus dilewati.

5. Pantai Teluk Kristal

Pantai Crystal Bay di Nusa Penida telah menjadi tujuan wisata utama dan mengalami peningkatan jumlah pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Keindahan laut yang sangat jernih seperti kristal menjadi daya tarik yang memikat bagi para pengunjung untuk menyaksikannya secara langsung.

Nama Crystal Bay berasal dari keindahan laut yang sangat jernih seperti kristal. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan dinding tebing yang ditumbuhi pohon rambat, sehingga menjadi lokasi yang sangat nyaman untuk bersantai. 

Berenang, menyelam, atau snorkeling di pantai ini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tidak akan mengecewakan.

Benar sekali, kekayaan flora dan fauna laut di Pantai Crystal Bay sungguh spektakuler. Dengan garis pantai sepanjang 1 km, para pengunjung dapat bersantai dan menikmati liburan mereka dengan nyaman. 

Berbagai spesies air dan terumbu karang hidup di perairan ini, membuat suasana semakin indah dan menarik. Bahkan, bagi mereka yang beruntung, dapat menjumpai pari manta yang berenang di dekat pantai.

Pantai Crystal Bay berlokasi di Desa Sakti, Nusa Penida dan mudah diakses. Hanya perlu menempuh jarak 15 km dari pelabuhan utama, Anda sudah dapat sampai ke pantai ini. Setelah sampai, siapkanlah untuk menaiki tangga tebing yang mengarah ke pantai dengan pasir putih dan laut biru yang indah.

6. Pantai Angel’s Billabong

Pantai Angle Bilabong dinamakan demikian karena lokasinya menggambarkan tempat bermain para bidadari. Pantai ini berbeda dari pantai lainnya, karena tidak memiliki hamparan pasir putih yang lembut. 

Hamparan pasir pantai digantikan oleh deretan tebing yang membentuk muara buntu yang berubah menjadi kolam alami yang indah.

Air kolam yang terdapat pada muara pantai Angle Bilabong sangat jernih sehingga memungkinkan para pengunjung melihat keindahan karang alami yang ada di dasar kolam. 

Pengunjung dapat berenang dengan tenang dan juga bisa berfoto di sana. Keunikan tersendiri terdapat pada laut lepas, dimana sering dijumpai ikan pari manta yang berenang bebas.

7. Pantai Suwehan

Pantai ini terletak di ujung tenggara Nusa Penida dan memiliki lokasi yang cukup jauh dari dermaga utama, sehingga pantai ini relatif lebih sepi dibanding tempat lain. 

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini, dapat melakukan perjalanan dengan menaiki speedboat dari Pantai Sanur, karena akses terestrial masih belum nyaman untuk dilalui.

Walaupun terletak jauh dari dermaga utama, keindahan pantai yang luas, laut yang biru, pasir putih yang halus, dan ombak yang tenang akan membuat Anda merasa rileks dan tidak merasa lelah. 

Anda juga dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam alami. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di depan sebuah gunung besar yang mirip batu wayang.

Pantai ini merupakan tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk. Berbagai aktivitas dapat dilakukan, mulai dari berjalan-jalan santai di tepi pantai, berenang di laut yang tenang, hingga bersantai menikmati keindahan alam. 

Kekayaan flora dan fauna alam masih terjaga dan bisa dinikmati oleh setiap pengunjung.

Kesimpulan

Walaupun harus menyebrang dari pulau utama Bali, perjalanan panjang menuju Pulau Nusa Penida pasti akan terbayar sudah. Bersiaplah untuk dibuai oleh deretan pantai yang indah. 

Dari wisata alam yang masih alami, keunikan kondisi alam, hingga spot-spot paling Instagrammable, liburan pantai di Pulau Nusa Penida pasti akan membekas indah di dalam memori.


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar