4 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Posting Komentar
Berkunjung ke Kota Pahlawan untuk liburan, bisnis maupun acara keluarga, hal yang tak boleh lewat dari list adalah mencicipi makanan khas Surabaya. Terkenal sebagai tempat lahirnya rujak cingur, tapi bukan itu saja lho, makanan yang wajib Anda coba selagi di sana.

Ciri kuliner Jawa Timur adalah cita rasa makanan yang asin dan pedas meskipun umumnya cita rasa pulau Jawa dominan manis dan gurih. Di Surabaya, penduduknya telah lama menggunakan petis dan terasi sebagai cita rasa khas yang memperkaya warna makanan khas Surabaya.

Ragam Rasa Kuliner dari Kota Asal Arek-Arek Suroboyo

Ragam Rasa Kuliner dari Kota Asal Arek-Arek Suroboyo

Wisata kulineran Surabaya haruslah menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di antara banyak makanan khas, setidaknya, ada 4 makanan yang wajib Anda coba selama berada di kota asal Arek-Arek Suroboyo ini.

1. Lontong Balap

Lontong Balap berasal dari Surabaya. Kandungan karbohidrat dari lontong yang biasa disantap saat sarapan ini sangat pas untuk mengisi energi di pagi hari hingga jam makan siang tiba. Namun, makanan ini pun cocok untuk dijadikan makan siang seperti halnya gado-gado khas Betawi.

Komponen yang terdiri dari lontong balap adalah lontong nasi, tahu putih goreng, serta wajib ada tauge, sambal petis udang, lento kacang tolo dan kecap. Kulineran Surabaya ini bercita rasa umami.

Dinamakan lontong balap bukan berarti Anda harus menyantapnya sambil balapan. Nama ini berasal dari sejarah, di mana dulu saat dijual, makanan khas Surabaya ini diambil dari dalam gentong yang dipikul lalu dijajakan setengah berlari sehingga tampak seperti balapan.

2. Rawon, Makanan Khas Surabaya

Apakah rawon berasal dari Surabaya? Ya. Meskipun begitu, beberapa daerah di Jatim memiliki resep rawon yang berbeda. Di Surabaya, biasanya rawon berisi daging, wajib ada kecambah, kuahnya berwarna hitam dari kluwek dan disantap bersama telur asin dan kerupuk udang.

Makanan khas Surabaya ini mungkin tidak cocok bagi sebagian orang karena kluwek mengeluarkan rasa dan aroma yang khas, tapi justru itulah letak kelezatannya yang tidak biasa. Rawon cocok disantap kapan pun dengan nasi hangat.

3. Almond Crispy, Super Tipis dan Renyah

Dijamin, jika kamu mencicipi makanan khas Surabaya ini, pasti sekali coba tidak bisa berhenti. Sesuai namanya, almond crispy adalah kue kering yang mengandung kacang almond dan bertekstur renyah. Adonan putih telur dan butter dicetak bulat super tipis, ditaburi kacang almond sangrai dan keju parut.

Pelopor almond crispy adalah Wisata Rasa. Anda bisa membeli almond crispy di toko-toko Wisata Rasa yang telah memiliki banyak cabang di Surabaya. Jika Anda menginap di HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya yang terletak strategis di jantung kota Surabaya, tentu mudah untuk mencapai toko tersebut dan toko lainnya yang menjual makanan khas Surabaya terdekat.

Selesai berbelanja, Anda bisa beristirahat di kamar yang mewah dan nyaman di Harris Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya. Segala fasilitas lengkap memungkinkan Anda tak perlu pergi keluar jika ingin berenang, berolahraga di gym atau sekadar menghabiskan malam di bar.

4. Keripik Buah Kane-Kane

Satu lagi makanan khas Surabaya yaitu Keripik Buah Kane-Kane yang renyah dan bercita rasa manis yang cocok untuk cemal-cemil. Jika Anda bosan dengan keripik pisang, produk satu ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Keripik terbuat dari nangka, nanas, apel atau salak pondoh.

Selain keripik buah, tersedia pula keripik umbi dan stik buah. Semua produk Kane-Kane ini manisnya pas, tidak mengandung pengawet dan pewarna buatan. Berasal dari buah segar utuh dan diproses dengan vacuum frying.

Nah, itu dia makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba sebelum meninggalkan Kota Pahlawan. Bisa disantap langsung atau dijadikan buah tangan. Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar