Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Tuesday, 31 October 2017

SERUNYA NAIK KUDA TERBANG DI BUKIT PANGUK; DLINGO, BANTUL

Setting waktu dari postingan kali ini sebenarnya masih satu rangkaian dengan perjalanan saat menjelajah JURANG TEMBELAN yang diposting beberapa waktu yang lalu. Kekayaan keindahan alam di Kecamatan Dlingo, Bantul sangat melimpah. Sangat disayangkan apabila langsung pulang usai berkunjung ke Jurang Tembelan. Selain KEBUN BUAH MANGUNAN masih ada lagi spot yang menarik untuk dikunjungi. Spot tersebut berada di Bukit Panguk.

Bukit Panguk, Dlingo, Bantul
Bukit Panguk, Dlingo, Bantul
Menuju Bukit Panguk

Letak dari Bukit Panguk tidaklah jauh dari Jurang Tembelan dan Kebun Buah Mangunan. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Jurang Tembelan hanyalah sekitar 10 menit saja. Plang penunjuk arah juga sudah tersedia semenjak dari Jurang Tembelan. Jika masih kurang yakin maka bisa bertanya dengan warga sekitar dengan sopan.


Rute menuju Bukit Panguk cukup terus mengikuti jalan aspal ke arah selatan dari Jurang Tembelan. Nantinya akan ada banyak plang-plang penunjuk jalan yang akan menuntun sampai ke tujuan. Memang jalan akan sedikit berkelok dan bercabang, akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah besar karena sudah banyaknya plang penunjuk arah yang ada. Hingga saat ini transportasi umum menuju Bukit Panguk masih belum ada sehingga kendaraan pribadi yaitu motor atau mobil menjadi pilihan yang tepat untuk sampai ke sana.

Bukit Panguk

Secara administratif, Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Usai menyusuri jalan perbukitan yang dipandu oleh plang penunjuk jalan yang ada, maka sampailah perjalanan di Bukit Panguk. Sudah tersedia area parkir untuk memarkirkan kendaraan.
Spot Footo di Bukit Panguk
Spot Footo di Bukit Panguk
Saat saya berkunjung ke Bukit Panguk menjelang akhir Ramadhan 2017 ini, tarif masuknya adalah sukarela yang bisa dibayarkan di semacam kotak. Biaya parkir sendiri hanya Rp2.000,00 saja. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur. Sudah tersedia pula jalan setapak yang telah ditatat dengan baik oleh pengelola.
Spot Footo di Bukit Panguk
Spot Footo di Bukit Panguk
Sesampainya di sisi timur, pemandangan terbuka langsung tersaji di depan mata. Hamparan pegunungan hijau yang dipisahkan oleh Sungai Oya tampak begitu memesona. Sama seperti Jurang Tembelan, di Bukit Panguk ini juga sudah tersedia spot-spot unik untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan yang begitu indah.
Spot Footo Lainnya di Bukit Panguk
Spot Footo Lainnya di Bukit Panguk
Hal yang sedikit berbeda dengan spot-spot foto di Jurang Tembelan adalah di Bukit Panguk pengunjung harus membayar untuk masing-masing spot yang ada. Akan tetapi tak peru khawatir karena biaya yang harus dikeluarkan tidaklah besat yaitu hanya Rp3.000,00 saja. Biaya tersebut tentunya selain digunakan untuk kebutuhan hidup pengelola yang ada, juga untuk perbaikan dan perawatan spot-spot foto tersebut.
Spot Footo Kapal di Bukit Panguk
Spot Footo Kapal di Bukit Panguk
Ada banyak pilihan spot foto bagi pengunjung di Bukit Panguk ini. Saat akhir pekan, selalu ada banyak wisatawan yang datang ke Bukit Panguk ini sehingga membuat antrean untuk bisa berfoto di spot-spot yang ada. Satu aturan yang berlaku di spot-spot foto Bukit Panguk adalah durasi waktu maksimal adalah 5 menit. Tentu hal ini agar pengunjung lain dapat segera mendapat giliran berfoto.
Kereta Kuda Terbang di Bukit Panguk
Kereta Kuda Terbang di Bukit Panguk
Spot-spot foto yang ada di Bukit Panguk sangatlah unik. Semua spot yang ada akan menghasilkan foto yang indah. Spot paling unik ada di paling selatan yang berbentuk kereta kuda. Tentu jika berfoto di sana maka yang foto yang dihasilkan bagaikan terbang di angkasa dengan kereta kuda terbang.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Panguk ini adalah saat pagi hari menjelang matahari terbit. Medan terbuka di sisi timur membuat pemandangan ke arah matahari terbit tampak begitu jelas. Tentunya sambil berharap cuaca akan mendukung untuk menikmati sunrise. Saat pagi hari, kabut tipis juga akan melayang-layang menyelimuti bukit sehingga semakin menambah keeksotisan pemandangan alam yang tersaji.
Sunrise di Bukit Panguk
Sunrise di Bukit Panguk

Info

Jam Buka:
05.00 WIB – 17.00 WIB

Tiket Masuk:
Seikhlasnya

Tarif per spot:
Rp3.000,00

Tarif parkir:
Rp2.000,00 (motor)

Fasilitas:
Area parkir, warung makan, toilet, mushalla, spot foto

Waktu kunjungan terbaik:
Pagi hari menjelang sunrise

No comments:

Post a comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin