Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 16 February 2018

KUTABAWA FLOWER GARDEN; KEINDAHAN ANEKA WARNA DI LERENG SLAMET

Kabupaten Purbalingga memang menarik untuk dieksplor jebih lanjut. Setelah postingan sebelumnya yang mengulas mengenai SANGGALURI; taman kebanggaan Kabupaten Purbalingga, postingan kali ini juga akan mengulas taman lainnya di Purbalingga. Taman cantik yang terletak di lereng Gunung Slamet ini adalah Kutabawa Flower Garden.

Taman Bunga Kutabawa; Purbalingga
Taman Bunga Kutabawa; Purbalingga
Nama taman yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Taman Bunga Kutabawa ini merupakan salah satu destinasi wisata potensial di Purbalingga. Tidak hanya Yogyakarta saja yang mengalami perkembangan pesat dalam hal pariwisata, kehadiran media sosial pun telah sukses membuat satu per satu destinasi wisata di Purbalingga bermunculan.

Menuju Kutabawa Flower Garden

Taman Bunga Kutabawa tepatnya terletak di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Purbalingga sekitar dua kali lipat dengan jarak tempuh ke Sanggaluri atau sekitar 23 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan tidak terlalu lama yaitu sekitar 40 menit saja.
Menuju Kutabawa Flower Garden

Rute menuju Kutabawa Flower Garden sama dengan rute menuju base camp PENDAKIAN GUNUNG SLAMET VIA BAMBANGAN. Namun pada pertigaan terakhir yang mana jika ke kiri adalah ke base camp, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke arah kanan. Jika bingung cukup bertanya kepada masyarakat setempat. Jalan yang harus dilalui menjelang sampai cukup kecil sehingga harus berhati-hati saat bersimpangan, terutama dengan mobil. 

Taman Bunga Kutabawa

Ternyata tempatnya yang agak tersembunyi tidak membuat Kutabawa Flower Garden sepi dari pengunjung. Ada banyak kendaraan diparkir di parkiran yang disediakan mulai dari sepeda motor hingga mobil. Sayangnya akses jalan belum bisa dilalui bus besar (2 Desember 2017) karena masih terlalu sempit. Mungkin ke depan akses jalannya akan diperlebar.
Kutabawa Flower Garden, Purbalingga
Kutabawa Flower Garden, Purbalingga
Hanya ada satu pintu masuk dan keluar menuju taman bunga yang mana terdapat ticket box. Harga tiketnya cukup terjangkau, hanya Rp10.000,00 saja. Sesuai dengan namanya, pemandangan berupa hamparan taman bunga yang berwarna-warni akan langsung menghiasi pandangan kedua mata begitu masuk ke dalam.
Warna-warni Bunga di Kutabawa Flower Garden
Warna-warni Bunga di Kutabawa Flower Garden
Selain berwarna-warni, penataan taman bunga ini juga begitu rapi dan bersih sehingga suasananya sangat menyenangkan. Spot melihat pemandangan terbaik ada di sisi barat taman yang lebih tinggi sehingga pemandangan terbuka ke seluruh taman dari ketinggian bisa terlihat. Spot tersebut juga bisa untuk duduk-duduk karena telah tersedia gazebo kayu yang juga bisa melindungi dari panas matahari.
Taman Bunga Kutabawa dari Ketinggian
Taman Bunga Kutabawa dari Ketinggian
Berfoto di Kutabawa Flower Garden juga semakin menarik karena selain terdapat bunga yang berwarna-warni, pengelola juga menyediakan banyak properti untuk berfoto. Properti seperti payung hingga Teletubbies bisa membuat hasil foto menjadi semakin menarik berlatar warna-warni bunga yang cantik dengan sejuknya udara pegunungan.
Spot Foto Instagrammable di Taman Bunga Kutabawa
Spot Foto Instagrammable di Taman Bunga Kutabawa
Taman bunga ini masih terus berbenah. Nantinya luas taman akan terus bertambah, begitu pula dengan jenis bunga yang ada. Segala keindahan yang ada di taman ini mungkin akan membuat Kutabawa Flower Garden menjadi destinasi wisata andalan baru Kabupaten Purbalingga ke depannya. Tentu saja jangan sampai mengurangi keindahan taman dengan memetik bunganya supaya taman ini tetap indah berwarna-warni sampai kapan pun juga.
Beautiful Flowers

Info

Jam buka:
07.00 WIB-18.00 WIB

Harga tiket:
Rp10.000,00

Tarif parkir:
Rp2.000,00 (motor)

Fasilitas:
Aera parkir (motor-mobil-elf), toilet, mushalla, warung makan, properti foto

Waktu kunjungan terbaik:
Pagi hari saat cuaca cerah

17 comments:

  1. Selalu ada tempat menarik disetiap kota ya. Ya memang harus dilakukan perbaikan jalan untuk menarik lebih banyak pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena jalan adalah infrastruktur utamanya..
      Setiap kota juga hendaknya punya keunggulannya masing-masing demi kemajuan daerah tersebut..

      Delete
  2. Cie yg kemarin mampir ke kutabawa.. Ku pengin foto disitu tapi selalu ramai kaya es cendol, nggak pernah sepi.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat Senin pagi coba pas hari kerja..
      Ntar rag sepi... hehe

      Delete
  3. tempat2 begini nih yg aku suka banget :).. segeeer ngeliatnya, sejuk udaranya.. so far yg baru aku liat yg di selecta malang, ama batu raden... kapan2 pgn liat juga yg purbalingga ini ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Meski masih baru dan dalam tahap pengembangan, tapi gak kalah indah hlo..

      Delete
  4. Bungane opoan? Bunga musim2an atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, bunga opo yo iku..? Gak begitu memperhatiin eh aku, yg penting warna-warni aja.. hoho
      Kayaknya bukan musiman karena bisa mekar kapan aja..

      Delete
  5. Waaa ya jelas kalau tempat seperti ini tersembunyinya kaya apa juga tetep akan ramaii mas. Apalagi kalau foto-fotonya udah viral di media sosial dan akses jalannya bagus :)
    Kalau ke tempat seperti ini sih bisa sekalian buat modusin cewek. "Siniii tak fotoin di situ" :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Bagusnya ntar bisa menunjang perekonomian masyarakat di sekitarnya...

      Delete
  6. Tempatnya bagus banget nih, apalagi kalau bawa gebetan kesini jos banget, tapi jomlo :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepetan cari gebetan bang kalo gitu, trs diajakin ke sini.. haha

      Delete
  7. Keren taman bunganya ... sejuk ngeliatnya ☺

    ReplyDelete
  8. Nah nah nah xD hmmm~~~~ memang konsep wisata seperti ini salah satu yang lagi marak beberapa tahun terakhir. Bagus sih, malah senang karena berbagai lapisan masyarakat sudah sadar pentingnya estetika pertamanan (?) /apaansik wkwk/.

    Kalau di Pujon, Malang juga ada nih. Namanya Cafe Sawah Pujon Kidul (pernah dengar gak mas?). Jadi dia tuh taman, tapi juga berdampingan dengan ladang, kebun, dan sawah yang menghasilkan komoditas beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor sosmed juga mungkin..
      Sekarang kan bagus dikit diupload dan terkenal.. hehe

      Waduh, belum tau..
      Tauku baru Selecta aja.. Kalo ke Malang cuma ke Semeru soalnya.. hoho

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika bermanfaat, mohon kesediaannya untuk menshare postingan yang ada.