Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 DESTINASI WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN SUNSET MENAWAN

Keindahan sunset memang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Terlebih sebentar lagi menurut perhitungan, musim kemarau akan segera tiba. Musim kemarau juga identik dengan kondisi langit yang cerah sehingga menjadi saat tepat untuk berburu sunset. Sunset menawan pun dapat dengan mudah ditemukan, terutama di Yogyakarta yang merupakan surganya sunset.


Indahnya Sunset (Lokasi: Tanjung Kesirat)
Sepanjang 2017 saat cuaca musim kemarau cukup cerah, saya beberapa kali melakukan perjalanan untuk mengabadikan keindahan saat-saat pergantian antara siang dengan malam. Total ada tujuh destinasi yang menawarkan panorama keindahan sunset di Yogyakarta. Ketujuh destinasi favorit untuk berburu sunset tersebut yakni:

1. Candi Ijo
Destinasi wisata yang satu ini letaknya tidak begitu jauh dari pusat Yogyakarta. Candi tertinggi se-Yogyakata ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh selama sekitar satu jam saja. Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Sore di Candi Ijo
Sore di Candi Ijo
Kini Candi Ijo sedang naik daun. Ada banyak wisatawan yang berkunjung  ke candi ini di sore hari karena ingin menyaksikan keindahan sunset. Medan terbuka ke arah barat membuat pemandangan ke arah matahari terbenam tidak terhalangi. Keindahan sunset saat cuaca cerah di sini akan terlihat begitu memesona.


Destinasi yang satu ini namanya begitu melambung usai mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obama mengunjunginya beberapa waktu yang lalu. Berjarak hanya sekitar 23 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Tugu Jogja, Puncak Becici merupakan salah satu dari sekian banyak alternatif tempat favorit menyambut sunset.
Sunset di Puncak Becici
Sunset di Puncak Becici
Memang keindahan berupa hutan pinus yang teduh di Puncak Becici ini begitu indah, tidak mengherankan apabila Obama sampai mengunjunginya. Namun ternyata Puncak Becici juga menyajikan keindahan matahari terbenam. Bahkan pemandangan laut juga akan terlihat di sini, menyertai matahari sore yang perlahan tenggelam di ufuk barat.


Destinasi ketiga untuk menyaksikan keindahan sunset ada di Embung Nglanggeran. Berada dekat dengan Puncak Nglanggeran yang sudah terkenal, jarak Embung Nglanggeran dengan pusat Yogyakarta hanya sekitar 27 kilometer dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan.
Senja di Embung Nglanggeran (sayang pas berawan)
Sama seperti destinasi sebelumnya, Embung Nglanggeran merupakan lokasi favorit untuk menghabiskan sore. Bentang barat yang terbuka membuat pemandangan ke arah matahari terbenam tidak terhalang. Kombinasi antara panorama embung dari ketinggian berpadu dengan perbukitan dan matahari terbenam jelas akan terlihat begitu indah.


Selanjutnya lokasi berburu sunset ini ada di sebelah selatan Yogyakarta, cukup dekat dengan Pantai Parangtritis. Jarak dan waktu tempuh menuju Puncak Kayangan dari Tugu Jogja hampir sama dengan destinasi sebelumnya yaitu sejauh sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.
Menanti Senja di Puncak Kayangan; Pundong, Bantul
Menanti Senja di Puncak Kayangan; Pundong, Bantul
Panorama sunset di sini akan semakin indah karena nampak pula pemandangan laut selatan yang memanjang dari ketinggian. Selain menyajikan panorama matahari terbenam yang menawan, di sini terdapat pula goa-goa peninggalan Jepang pada masa perang dunia kedua silam. Tentu menjelajah goa sebelum menikmati sunset menjadi pengalaman menarik tersendiri.


Destinasi yang satu ini berada di pojok barat laut Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kali ini lokasinya berada di tengah Pegunungan Menoreh yang membentang di sebelah barat Yogyakarta. Berjarak sekitar 36 kilometer dari Tugu Jogja, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Puncak Suroloyo.
Matahari Terbenam di Puncak Suroloyo
Matahari Terbenam di Puncak Suroloyo
Candi Borobudur dari Kejauhan
Candi Borobudur dari Kejauhan
Puncak Suroloyo sendiri merupakan situs sejarah karena dulunya Sultan Agung sebelum menjadi Raja Mataram Islam pernah bersemedi di sini. Keindahan sunset dengan bentang pegunungan akan terlihat begitu menawan. Tidak hanya itu, bahkan Candi Borobudur yang terletak sekitar 10 kilometer juga akan terlihat dari Puncak Suroloyo.


Kali ini destinasi untuk memburu sunset berada di tepi laut. Laut Bekah yang secara administratif berada di Dusun Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh yang dibutuhkan yaitu sekitar 1,5 jam.
Mengantar Kepergian Matahari di Laut Bekah
Mengantar Kepergian Matahari di Laut Bekah
Nantinya panorama sunset di Laut Bekah akan menawarkan keindahan matahari terbenam yang seakan langsung masuk ke lautan. Duduk-duduk sambil menikmati semilir angin laut akan semakin menambah nikmat suasana menjelang pergantian terang menuju gelap tersebut. Semoga saja sekarang jalannya sudah bagus.


Destinasi terakhir pada postingan kali ini masih berada di tepi laut. Terletak di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak tempuh dari Tugu Yogyakarta menuju Tanjung Kesirat adalah sekitar 45 kilometer. Waktu tempuhnya adalah sekitar 1 jam 45 menit sehingga lebih baik berangkat tidak terlalu sore.
Keindahan Surga Tanjung Kesirat di Kala Senja
Keindahan Surga Tanjung Kesirat di Kala Senja
Panorama sunset yang langsung bertemu lautan luas akan tampak begitu menakjubkan berpadu dengan gagahnya tebing pantai. Selain itu terdapat sebuah pohon yang terletak tepat di tepi laut sehingga semakin menjadikan suasana semakin romantis. Tanjung Kesirat sangat cocok bagi mereka yang ingin memperoleh kedamaian sunset.

Itulah tadi ketujuh alternatif destinasi wisata di Yogyakarta yang menyajikan panorama sunset terindah. Tentu jika berniat untuk menyaksikan keindahan sunset, kondisi cuaca harus diperhatikan sebelum berangkat. Juga jangan lupa berdoa agar sesampainya di lokasi cuaca tetap cerah.

Post a comment for "7 DESTINASI WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN SUNSET MENAWAN"