Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 4 May 2018

7 DESTINASI WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN SUNSET MENAWAN

Keindahan sunset memang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Terlebih sebentar lagi menurut perhitungan, musim kemarau akan segera tiba. Musim kemarau juga identik dengan kondisi langit yang cerah sehingga menjadi saat tepat untuk berburu sunset. Sunset menawan pun dapat dengan mudah ditemukan, terutama di Yogyakarta yang merupakan surganya sunset.


Indahnya Sunset (Lokasi: Tanjung Kesirat)
Sepanjang 2017 saat cuaca musim kemarau cukup cerah, saya beberapa kali melakukan perjalanan untuk mengabadikan keindahan saat-saat pergantian antara siang dengan malam. Total ada tujuh destinasi yang menawarkan panorama keindahan sunset di Yogyakarta. Ketujuh destinasi favorit untuk berburu sunset tersebut yakni:

1. Candi Ijo
Destinasi wisata yang satu ini letaknya tidak begitu jauh dari pusat Yogyakarta. Candi tertinggi se-Yogyakata ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh selama sekitar satu jam saja. Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Sore di Candi Ijo
Sore di Candi Ijo
Kini Candi Ijo sedang naik daun. Ada banyak wisatawan yang berkunjung  ke candi ini di sore hari karena ingin menyaksikan keindahan sunset. Medan terbuka ke arah barat membuat pemandangan ke arah matahari terbenam tidak terhalangi. Keindahan sunset saat cuaca cerah di sini akan terlihat begitu memesona.


Destinasi yang satu ini namanya begitu melambung usai mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obama mengunjunginya beberapa waktu yang lalu. Berjarak hanya sekitar 23 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Tugu Jogja, Puncak Becici merupakan salah satu dari sekian banyak alternatif tempat favorit menyambut sunset.
Sunset di Puncak Becici
Sunset di Puncak Becici
Memang keindahan berupa hutan pinus yang teduh di Puncak Becici ini begitu indah, tidak mengherankan apabila Obama sampai mengunjunginya. Namun ternyata Puncak Becici juga menyajikan keindahan matahari terbenam. Bahkan pemandangan laut juga akan terlihat di sini, menyertai matahari sore yang perlahan tenggelam di ufuk barat.


Destinasi ketiga untuk menyaksikan keindahan sunset ada di Embung Nglanggeran. Berada dekat dengan Puncak Nglanggeran yang sudah terkenal, jarak Embung Nglanggeran dengan pusat Yogyakarta hanya sekitar 27 kilometer dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan.
Senja di Embung Nglanggeran (sayang pas berawan)
Sama seperti destinasi sebelumnya, Embung Nglanggeran merupakan lokasi favorit untuk menghabiskan sore. Bentang barat yang terbuka membuat pemandangan ke arah matahari terbenam tidak terhalang. Kombinasi antara panorama embung dari ketinggian berpadu dengan perbukitan dan matahari terbenam jelas akan terlihat begitu indah.


Selanjutnya lokasi berburu sunset ini ada di sebelah selatan Yogyakarta, cukup dekat dengan Pantai Parangtritis. Jarak dan waktu tempuh menuju Puncak Kayangan dari Tugu Jogja hampir sama dengan destinasi sebelumnya yaitu sejauh sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.
Menanti Senja di Puncak Kayangan; Pundong, Bantul
Menanti Senja di Puncak Kayangan; Pundong, Bantul
Panorama sunset di sini akan semakin indah karena nampak pula pemandangan laut selatan yang memanjang dari ketinggian. Selain menyajikan panorama matahari terbenam yang menawan, di sini terdapat pula goa-goa peninggalan Jepang pada masa perang dunia kedua silam. Tentu menjelajah goa sebelum menikmati sunset menjadi pengalaman menarik tersendiri.


Destinasi yang satu ini berada di pojok barat laut Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kali ini lokasinya berada di tengah Pegunungan Menoreh yang membentang di sebelah barat Yogyakarta. Berjarak sekitar 36 kilometer dari Tugu Jogja, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Puncak Suroloyo.
Matahari Terbenam di Puncak Suroloyo
Matahari Terbenam di Puncak Suroloyo
Candi Borobudur dari Kejauhan
Candi Borobudur dari Kejauhan
Puncak Suroloyo sendiri merupakan situs sejarah karena dulunya Sultan Agung sebelum menjadi Raja Mataram Islam pernah bersemedi di sini. Keindahan sunset dengan bentang pegunungan akan terlihat begitu menawan. Tidak hanya itu, bahkan Candi Borobudur yang terletak sekitar 10 kilometer juga akan terlihat dari Puncak Suroloyo.


Kali ini destinasi untuk memburu sunset berada di tepi laut. Laut Bekah yang secara administratif berada di Dusun Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh yang dibutuhkan yaitu sekitar 1,5 jam.
Mengantar Kepergian Matahari di Laut Bekah
Mengantar Kepergian Matahari di Laut Bekah
Nantinya panorama sunset di Laut Bekah akan menawarkan keindahan matahari terbenam yang seakan langsung masuk ke lautan. Duduk-duduk sambil menikmati semilir angin laut akan semakin menambah nikmat suasana menjelang pergantian terang menuju gelap tersebut. Semoga saja sekarang jalannya sudah bagus.


Destinasi terakhir pada postingan kali ini masih berada di tepi laut. Terletak di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak tempuh dari Tugu Yogyakarta menuju Tanjung Kesirat adalah sekitar 45 kilometer. Waktu tempuhnya adalah sekitar 1 jam 45 menit sehingga lebih baik berangkat tidak terlalu sore.
Keindahan Surga Tanjung Kesirat di Kala Senja
Keindahan Surga Tanjung Kesirat di Kala Senja
Panorama sunset yang langsung bertemu lautan luas akan tampak begitu menakjubkan berpadu dengan gagahnya tebing pantai. Selain itu terdapat sebuah pohon yang terletak tepat di tepi laut sehingga semakin menjadikan suasana semakin romantis. Tanjung Kesirat sangat cocok bagi mereka yang ingin memperoleh kedamaian sunset.

Itulah tadi ketujuh alternatif destinasi wisata di Yogyakarta yang menyajikan panorama sunset terindah. Tentu jika berniat untuk menyaksikan keindahan sunset, kondisi cuaca harus diperhatikan sebelum berangkat. Juga jangan lupa berdoa agar sesampainya di lokasi cuaca tetap cerah.

43 comments:

  1. belum ada satu pun yang sha kunjungin nih, kemaren pas ke jogja mau ke candi ijo. Tapi maceeeet banget. Kok jogja sekarang macetnya bikin nanggis ya? hehehe

    Kayaknya mirip2 sama plaosan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, padahal nyaris ya..

      Candi Ijo mah sekarang udah ruame, jadi kurang nyaman buat menikmati ketenangan senja..
      Mungkin ke depannya destinasi-destinasi sunset di Jogja yang lain bisa dikunjungi...

      Yup, emang cukup mirip..
      Tapi Plaosan udah bukan di Jogja lagi eh.. hehe

      Delete
  2. tak tambai satu lagi mas, Taman Parkir Abu Bakar Ali. Beberapa hari lalu dari sini, parkiran barunya malioboro ini ternyata kece buat liat sunset. Free pula. Cuma bayar parkir 3 ribu aja. Viewnya sekitar malioboro dari ketinggian, sama kereta yang lewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm.. Tapi statusnya area parkir eh.. haha
      Tapi boleh juga tu dicoba pas main ke Jogja....

      Buat postingan part II..

      Delete
  3. wah bagus banget pemandangannya bro, bagus buat pilihan kalo mau refreshing hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih aja salah satunya pas mau ke Jogja gan kalo mau menikmati sunset...
      Itu detail masing-masing tempatnya juga bisa diklik biar tau jalannya...

      Delete
  4. MasyaAllah sunsetnya keren2 semua mas..I love sunset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep.. Sunset emang keren...
      Saia juga suka dengan sunset..

      Delete
  5. kalo saya cuma pernah di Candi Ijo sama di Pantai Parangtritis mas. Dulu sering juga duduk-dudukk di perlintasan kereta api di patukan, gamping. Kadang matahari tenggelamnya juga bagus sembari duduk duduk liat kereta lewat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woiya, Pantai Parangtritis ya.. Gak kepikiran sebelumnya.. hehe

      Masih banyak sih gan lokasi yang sunsetnya bagus di Jogja..
      Semoga bisa segera bikin part II nya..

      Delete
  6. Mas, nanti kalau aku ke Solo, ajak liat sunset ya

    ReplyDelete
  7. Yeess, kece banget sunset di puncak Suroloyo ...

    Bonusnya, candi Borobudur kelihatan jelas dari sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Kemaren itu beruntung juga dapet sunset di sana karena cuacanya bisa mendung sewakti-waktu...

      Kalo mau jepret Candi Borobudur mesti bawa lensa tele gan.. hehe

      Delete
  8. Apabanget ini. Saya belum pernah mampir ke 7 tempat itu. Hahaha.
    Kemaren baru sempet baca ulasan Pantai Tanjung Kesirat di blognya Mbak Dwi "Relung Langit". Masyaallah, apik tenan pantaine. Tapi kalau baca trek buat kesananya, katane lumayan horor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, padahal Solo-Jogja cerak hlo.. haha

      Coba sub judul Tanjung Kesirat diklik ms di postingan ini..
      Menurut saia jalannya enak og.. Sekarang udah mulus dan tanjakannya nggak begitu parah..

      Cuma lumayan jauh jarak tempuhnya...

      Delete
  9. wah, cakep2 viewnya. aku belum ke sana semua :D
    semoga ada rezeki bisa main ke jogja lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Jangan lupa direncanakan baik-baik waktunya biar bisa dapet sunset.. hehe

      Delete
  10. banyak juga tempat wisata di yogyakarta rupanya ya mas

    ReplyDelete
  11. ih keren banget fotonya , rasanay ikut trehanyut dg suasana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sunset sendiri sudah begitu indah..

      Delete
  12. Satu pun blm dikunjungi tempat nyunset di Jogja tersebut. Suka liat yg puncak suroloyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin rencana hunting sunset di Jogja gan kalau begitu..
      Kalau mau ke Puncak Suroloyo kendaraannya musti cukup tangguh..

      Delete
  13. Jadi ingat bahwa dulu pernah acara puisi dan menginap di Puncak Kayangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, penasaran sama jalannya kegiatannya...
      Nginapnya di mana kah..?

      Delete
  14. Pemburu senja, cus aja langsung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..
      Apalagi pas musim kemarau hlo.. hehe

      Delete
  15. Apa bisa nikmat seperti ini di dustakan.. Indah banget cm liat gambarnya aja ya ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu udah saatnya menikmati keindahan sunset secara langsung.. hehe

      Di Lampung bukannya bagus-bagus ya mbak sunsetnya..?

      Delete
  16. mungkin ratu boko bisa masuk bang,
    perlu di kunjungi nih untuk penikmat senja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi sayangnya mahal...
      Apalagi kalo masuknya setelah jam 3 sore.. Bisa "kanker" alias kantong kering.. haha

      Delete
    2. Pendapatku juga begitu.
      Tiket masuknya kok pasang harga mahal.
      Semestinya cukup terjangkau saja agar semua lapisan masyarakat bisa datang kesana.

      Delete
    3. Gimana lagi.. Udah dikomersilkan ya jadi mahal..

      Delete
  17. Waduh yg koment diatas sudah pada ramee... :)

    Seramai orang2 yg menyukai sunset. :)

    Sunset adalah salah satu bukti kekuasaan Yang Maha Kuasa.

    Melihatnya akan membuat kita jadi orang yg bersyukur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Mungkin orang yang tidak menyukai keindahan sunset patut dipertanyakan kondisi psikologisnya kang.. haha

      Betul.. Dengan memandang sunset rasanya seakan Tuhan sedang menunjukka kebesaran-Nya..

      Delete
  18. Weh, udah pernah ke Gua Jepang Pundong mas? selatan rumahku ituuu :))
    Suroloyo kirain cuma bisa buat nyunrise dengan kabut ala-ala :p ternyata sunsetnya baguss, tapi ngeri pulang e.

    Waini, ulasan menarik bagi siapapun yang akan menatap senja di sudut-sudut Yogyakarta.
    Coba kutambahi, mmm Puncak Paralayang Parang Endong, Pantai Parangtritis dan deretan pantainya ke barat, Gumuk pasir Parangtritis, dan kawasan Dlingo sisi utara mas... deretannya Becici, Watu Goyang, Lintangsewu, Pinus Pengger, dan kawan-kawannya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogh.. Dulu pas ke sana belum kenal eh.. Jadi nggak tau kalo ternyata rumahnya deket situ.. hehe
      Kalo Suroloyo malah sunrisenya yang gagal soalnya pas ke sana berkabut...

      Hmm.. Mungkin bisa jadi part II mbak soal sunset di Yogyakarta...
      Thanks masukannya...

      Delete
  19. Diantara semuanya baru candi ijo aja yang udah ke sana liat sunset. Eh mas ada lagi sih di candi ratu boko, suasananya keren banget loh untuk liat sunset. Ada juga di bukit breksi gak kalah kerennya juga. Nih 3 spot lokasinya sejalan kok tapi tetep paling mantap di candi ijo menurut ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo Ratu Boko mahal.. Komersilnya udah keterlaluan..
      Apalagi kalo dateng setelah jam 3.. Bisa kurus dompetnya..

      Kalau Candi Ijo paling bagus karena lokasinya paling tinggi..

      Delete
  20. menggoda sekali sunsetnya, dari dulu belum kesampean pengen sunrise atau sunset di borobudur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.. Kalo Sunset/Sunrise di Borobudur juga belum pernah..

      Musti nginep di hotel yang ada paket sunrise Borobudurnya.. Mahal..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika bermanfaat, mohon kesediaannya untuk menshare postingan yang ada.