Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 1 June 2018

BANYU TIBO; AIR TERJUN TEPI LAUT DI UJUNG BARAT DAYA PACITAN

Kabupaten Pacitan yang merupakan tanah kelahiran mantan Presiden Republik Indonesia; Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang memiliki banyak destinasi wisata. Jenisnya pun beragam, dari wisata alam hingga wisata sejarah tersedia di “Kabupaten Seribu Goa” ini seperti MUSEUM MARKAS TERAKHIR JENDERAL SUDIRMAN dan GOA GONG yang juga pernah ditulis sebelumnya.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Bicara mengenai pantai, Pacitan yang di sebelah selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tentunya memiliki banyak pantai menawan. PANTAI KLAYAR mungkin adalah pantai di Pacitan yang paling terkenal sekarang, tetapi ternyata di pojok barat daya-nya terdapat sebuah pantai yang kini sedang naik daun, yakni Banyu Tibo.

Menuju Pantai Banyu Tibo
Perjalanan saya menuju Pantai Banyu Tibo terlaksana saat libur hari buruh pada tanggal 1 Mei 2018. Alih-alih berdemo, saya memilih untuk kembali melakukan penjelajahan yang memang hanya memungkinkan dilakukan di hari libur. Cukup siang saya memulai perjalanan karena saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB.

Solo-Pantai Banyu Tibo

Beruntung kini tersedia teknologi bernama Google Maps yang bisa memandu saya menuju Pantai Banyu Tibo. Sebenarnya rutenya hampir sama dengan menuju PANTAI NAMPU yaitu lewat Wonogiri-Pracimantoro-Perempatan Giribelah, kemudian ke selatan menuju Kecamatan Paranggupito dan terus mengikuti jalan menuju Pantai Nampu. 
Ambil Arah Kiri
Nantinya sebelum mencapai Pantai Nampu, terdapat percabangan jalan ke arah kiri dengan plang penunjuk jalan sederhana menuju Pantai Banyu Tibo. Belok ke arah kiri dan ikuti jalan yang lebih sempit. Bahkan nanti kondisi jalan berupa jalan cor khas desa sehingga bisa saja memunculkan keraguan apakah itu jalan yang benar. Namun tenang, karena jalan tersebut sudah benar.
Jalan Cor Khas Perdesaan
Tarif masuk kawasan Pantai Banyu Tibo adalah sebesar Rp10.000,00 per orang. Usai membayar, jalan yang dilalui masih sempit dan merupakan jalan cor sehingga cukup menyusahkan untuk bersimpangan terutama mobil dengan mobil. Tidak lama kemudian perjalanan saya sampai di tujuan yaitu Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo
Ternyata begitu sampai di Pantai Banyu Tibo, sudah banyak kendaraan yang diparkir di sana, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga elf. Banyaknya kendaraan tentunya juga dibarengi dengan banyaknya pengunjung yang mengisi hari liburnya di Pantai Banyu Tibo ini. Saya memarkirkan motor di area parkir yang disediakan di ujung tebing.
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Hari itu cuaca sangat cerah, tidak ada awan satu pun. Kawasan utama Pantai Banyu Tibo yang mana terdapat air terjun langsung mengalir ke pantai adalah di sebelah timur area parkir. Sebuah tulisan besar bertulisakan “Banyu Tibo” menjadi landmark pantai ini yang berlatar belakang kawasan pantai dengan air terjun.
Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Banyu Tibo
Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Banyu Tibo
Pantainya sendiri bagus karena berpasir putih. Meski demikian, pantai pasirnya hanya sempit sehingga tempat bermain ombak untuk pengunjung hanya sedikit. Selain itu aliran air terjun yang besar hanya ada satu saja sehingga pengunjung harus rela mengantre untuk bisa mandi di bawah air terjunnya.
Mandi di Bawah Air Terjun
Pesona kawasan Pantai Banyu Tibo tidak hanya ada di kawasan pantai pasir dengan air terjunnya saja. Kawasan tebing sebelah timur pantai pasir merupakan spot favorit untuk berfoto dengan latar belakang lautan yang luas. Pengunjung juga bisa menjepret panorama berupa air terjun yang mengalir langsung ke pantai dari sini, atau naik ke atas bukit untuk menikmati panorama.
Pantai Banyu Tibo dari Sisi Barat
Pantai Banyu Tibo dari Sisi Barat
Selain di sisi timur, terdapat pula spot panorama di tebing tepi laut sebelah barat parkiran Pantai Banyu Tibo. Pengunjung bisa menikmati panorama laut dengan ombaknya. Pemandangan ke sisi barat pun tidak kalah menarik dengan garis pantai yang memanjang. Bahkan Pantai Nampu pun akan turut terlihat di ujung barat.
Pantai Nampu (Mode Superzoom)
Fasilitas penunjang wisata di Pantai Banyu Tibo sendiri sudah cukup lengkap. Tersedia kamar mandi dan toilet untuk mandi bagi mereka usai berbasah-basahan di pantai. Ada pula warung makan dan minuman jika haus dan lapar menyerang. Usai puas menikmati suasana di Pantai Banyu Tibo, saya melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Info
Harga tiket masuk
Rp10.000,00

Tarif parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas
Area parkir, warung makan, kamar mandi, toilet, mushalla

Waktu kunjungan terbaik
Pagi hari atau sore hari yang cerah saat tidak pasang

38 comments:

  1. Uniiiik ... air terjunnya meluncur jatuh di atas pasir.

    Posisi air terjun di tepi pantai seperti ini ada kemiripan di pantai Parangtritis.
    Tapi disana, air terjunnya ngga sebesar di Banyu Tibo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tau kalau di Parangtritis ada air terjun yang langsung ke pantai...
      Setauku di Jogja cuman di Pantai Jogan aja yang ada air terjun tepi lautnya..

      Delete
    2. Iya, Pras ada air terjun di pantai Parangtritis, tapi berukuran kecil dan airnya meluncur jatuh di bebatuan karang ... , ngga langsung jatuh ke pasir dan laut.

      Air terjun di Parangtritis termasuk air terjun musiman.
      Kalo musim hujan, debit airnya makin deres.

      Delete
  2. wiii banyu tibo,bagus banget.

    doble ini, pantai dan air terjun di satu tempat, murah lagi tiket masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langka juga eh.. Air terjun di tepi laut hanya ada sedikit..
      Kalau menurutku harganya cukup mahal sih..

      Delete
  3. Uwaaaaaa perpaduan air terjun dan pantai pasir putihnya keren baaaanget 😍😍 Jarang banget ada air terjun yang jatuh ke tanah/pasir warna putih

    Itu air terjunnya asin atau tawar?? Nggak dicoba???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Jarang ada ni..
      Di Lumajang sama Jember kan nggak ada.. hehe

      Airnya tawar.. Kan dari daratan ngalirnya...

      Delete
  4. Waah, cakep yaa tempatnya. Mirip-mirip Banyu Anjlok di Malang meskipun medannya lebih mudah dijangkau Banyu Tibo. Selama ini cuma tahu Pantai Klayar 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini deket hlo sama Pantai Klayar.. Paling cuma perjalanan setengah jam dari Klayar..

      Delete
  5. ini keren banget ya, mdhan bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga libur lebaran bisa main ke sini..

      Delete
  6. Jadi teringat dengan Teluk Hijau di Banyuwangi yang juga ada air terjun kecil di salah satu sisi tebing yang mengalir ke arah pantai. Bedanya, di Banyuwangi sepertinya lebih tinggi tapi lebih sempit dna sedikit debit airnya. Biasanya sih dipakai untuk bilas gitu oleh pengunjung.

    Anyway, ini keren sih. Biasanya kan kolam air terjun di daerah dataran tinggi/gunung serem yak karena ada cekungan di bawah. Kalo ini mah sama main pasir xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jadi penasaran tu..
      Kayaknya lebih serem juga habis baca penjelasan ttg tempatnya..

      Iya ni.. Tapi sayangnya termasuk kecil air terjunnya.. Jadi cuma bisa buat sedikit orang aja...

      Delete
  7. iya ini kayak banyu anjlok tapi gak perlu nyebrang lagi
    ah pacitan emang asyik2 pantainya'
    apalagi ini juga rute gerilya PB Sudirman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, malah belum tahu Banyu Anjlok..

      Emang keren-keren destinasi di Pacitan itu..
      Semoga setelah lebaran bisa nambah lagi...

      Delete
  8. Apik banget mas banyu tibo, ada air terjunnya, pasir di sekitarnya pun kelihatan bersih, buat poto-potoan kece badai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpaduan warnanya keren soalnya ms..
      Biru laut, biru pantai, trs air terjun yang putih sama pasir pantai yg putih.. Keren dah..

      Delete
  9. keren, destinasi 2 in 1. Pantesan namanya pantai banyu tibo.
    Jepretannya jg mewakili banget kata pertama di komen ini.
    Mesti ke pantai lagi nih,yg bagus 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Artinya air terjun itu.. hehe

      Jepretan keren itu mah karena pantainya sendiri udah keren... hoho
      Dulu mestinya pas masih di Solo dipuas-puasin main ke sini mah...

      Delete
  10. ini kaya pantai tersembunyi ya. pantainya kecil terus ada air terjunnya. Bisa mandi2 air laut. eh, ombaknya gede gak? keliatnnya kaya yang gede ya karena pasir pantainya bisa ketutup sampai 3/4 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, pantai selatan kebanyakan ombaknya besar..
      Bisa sih main air di pantainya, tapi jangan terlalu ke tengah...

      Sebenernya kawasan pantai pasirnya nggak terlalu luas tu..

      Delete
  11. Mas, apa air terjunnya ini musiman? ada masa keringnya?
    Kalau Gunungkidul punya pantai semacam ini juga, namanya Pantai Jogan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada terus.. Tapi kalau kemarau kemungkinan debit airnya menurun..

      Iya.. Jogan.. Pernah bikin catatan juga kok...
      Tapi di Jogan lebih ngeri euy.. hehe

      Delete
  12. Berkah Mbah Google yang punya anak google map, kita seakan-akan tahu jalan aja yah hehe, sumpah keren banget pantainya, gua lihat dari fotonya udah kayak lukisan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuacanya pas bagus bang..
      Kalau pas cerah ntar di foto bagus, tapi puanass..

      Delete
  13. Kayaknya cuma di sini ya pantai yang ada air terjunnya sekaligus. Nggak nunggu sampai sunset, mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jogja ada namanya Pantai Jogan.. Air terjun tepi laut juga tu...

      Enggak ni.. Malemnya ada acara di Solo..

      Delete
  14. Sama kaya di Parangtritis di Jogja yaa,, tapi airnya gedean di Jogja..

    Tapi menarik juga ya sekali destinasi dapat 2,, pantai dan air terjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru ngerti ada air terjun di Pantai Parangtritis...

      Betul.. Ini langka soalnya fenomena semacam ini..

      Delete
  15. Tahun 2016 aku pernah ke banyu tibo ini, pantainya bersiiihhhh bangeeeet asliii.. Duh, jd kangen doi. Bahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pan kapan mas, nunggu ada yg mboncengin. Hahaha

      Delete
  16. Itu yang mbok lingkari nampu itu maksudnya pantai di samping banyu nibo itu kah mas? Kalau yg di samping banyu nibo yg lewat bukit deket parkiran itu namane Pantai Kijingan mas. Mungkin yg mbok maksud itu. Pantene pasire memanjang kaya nampu soale. cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iku Pantai Nampu.. Nganggo zoom penuh iku.. Dadi isa jepret foto saka ujung adoh..

      Delete
  17. Beuh pemandangannya keren abis, sekilas hampir sama lho, Mas. Seperti curug Banyunibo di Bantul. Saya sempat gowes kesana tapi pas airnya gak ada, kemarau memang musimnya waktu itu. Bersih ya tempatnya, saya suka, saya suka..he

    ReplyDelete
  18. Apa ada tempat lain selain disini (banyu tiba) ada air terjun yang menyatu dengan pantai. Maklum baru liat,sebelumnya pernah liat di tipi2 cm belum kesampaian

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Jika bermanfaat, mohon kesediaannya untuk menshare postingan yang ada.