Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 10 August 2018

GUNUNG BESEK, KISMANTORO; KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI SUDUT WONOGIRI

Wonogiri; kabupaten yang terletak paling tenggara di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan berbagai pesona keindahan. Masih ada berbagai destinasi wisata menarik untuk dijelajah di kabupaten dengan arti nama “Wono/Wana: Hutan” dan “Giri:Gunung” yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur di sebelah timurnya ini.

Pesona Keindahan di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Pesona Keindahan di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Dengan wilayah yang sebagaian besar berupa pegunungan, tentunya ada banyak destinasi wisata atas ketinggian untuk dijelajah, misal SOKO GUNUNG. Selain itu, ternyata di sudut terpencil wilayah Wonogiri terdapat sebuah lokasi yang memiliki panorama luar biasa. Destinasi tersebut yakni Gunung Besek.

Menuju Gunung Besek
Jika dari Kota Surakarta, Gunung Besek paling mudah ditempuh dengan terlebih dahulu melalui rute Surakarta-Sukoharjo-Wonogiri-Kec.Purwantoro (Wonogiri). Nantinya usai sampai di Purwantoro yang merupakan kecamatan paling timur di Kabupaten Wonogiri, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kanan ke arah selatan.

Wonogiri-Balai Desa Bugelan (yang biru)

Jalan tersebut pernah searah dengan jalur menuju MUSEUM MARKAS TERAKHIR PANGLIMA BESAR SUDIRMAN yang pernah saya kunjungi di awal tahun 2018 silam. Jika menggunakan Google Maps, maka  lebih baik jika tujuan ditetapkan di Balai Desa Bugelan dan ubah pengaturan kendaraan menjadi mobil. 

Nantinya dari Balai Desa Bugelan, perjalanan berlanjut ke arah selatan, kemudian berbelok ke arah kiri menyusuri jalan cor khas desa. Cukup ikuti jalan itu dan nanti setelah sekitar sepuluh menit melaju, akan ditemukan plang sederhana bertuliskan Gunung Besek. Kendaraan nantinya harus diparkir dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Gunung Besek
Perjalanan dengan berjalan kaki usai memarkir kendaraan pun tidaklah jauh. Hanya membutuhkan sekitar 15-20 menit saja berjalan kaki, maka perjalanan sudah sampai di Gunung Besek. Rute jalan setapaknya pun mudah. Meski gunung, tetapi jalan setapaknya tidak menanjak, malah cenderung menurun.
Jalan Setapak menuju Kawasan Gunung Besek
Jalan Setapak menuju Kawasan Gunung Besek
Secara administratif, Gunung Besek terletak di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.Perjalanan dari Kota Surakarta menuju Gunung Besek adalah sekitar 2,5 jam dengan kecepatan sedang. Rute cukup menanjak setelah sampai di Kecamatan Kismantoro sehingga lebih baik memakai motor yang kuat menanjak.

Gunung Besek ternyata bukanlah suatu puncak tertinggi dari deretan pegunungan di sekitarnya. Terbukti dengan panorama berupa jajaran pegunungan yang lebih tinggi di sekitarnya. Konon Gunung Besek ini dinamai demikian karena terdapat gugusan batu yang berbentuk seperti besek atau wadah makanan tradisional dari kayu.

Panorama Menawan di Gunung Besek
Satu hal yang paling spesial dari Gunung Besek adalah panorama yang begitu indah di sekelilingnya. Jajaran pegunungan sisi timur-tenggara hingga pemandangan terbuka di sisi utara dan timur laut dari ketinggian tampak begitu menakjubkan. Bisa dibilang terdapat tiga bagian dari Gunung Besek ini, yakni bagian selatan, tengah, dan utara.
Pemandangan Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Pemandangan Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Masing-masing bagian Gunung Besek ini memiliki keindahannya tersendiri. Spot terbaik adalah di bebatuan yang menjorok di tepi tebing karena dengan berfoto di sana, maka latar belakang foto berupa bentang terbuka dari ketinggian akan terlihat begitu menawan di foto. Namun hendaknya tetap berhati-hati karena bisa fatal jika sampai terjatuh.
Menikmati Panorama Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Menikmati Panorama Indah di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Satu hal lain yang harus diwaspadai jika berkunjung di Gunung Besek adalah angin yang terkadang berembus cukup kencang, bahkan bisa sampai membuat kehilangan keseimbangan. Inilah yang harus diperhatikan oleh mereka yang sedang berfoto, terutama di ujung tebing. Jangan sampai kehilangan keseimbangan dan jatuh ke jurang.
Bentang Terbuka di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Bentang Terbuka di Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri
Jika angin sedang bersahabat, maka pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan dengan leluasa. Meski demikian, hendaknya tetaplah harus berhati-hati karena jurang akan langsung menyambut di sisi timur. Jurang itu pun tegak lurus dan sangat dalam sehingga jika sampai terjatuh, akibatnya akan sangat fatal.
Spot Foto Favorit di Gunung Besek
Spot Foto Favorit di Gunung Besek
Kegiatan camping sebenarnya bisa dilakukan di sini, tetapi tempat datar yang ada tidaklah luas sehingga jika ingin berkemah, maka harus mendirikan tenda di tempat seadanya. Hal penting yang harus dilakukan di sini ialah jangan membuang sampah sembarangan dan hendaknya tetap menjaga kesopanan dan tingkah laku.
Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri yang Keren
Gunung Besek, Kismantoro, Wonogiri yang Keren
Berikut ini adalah video perjalanan saya menuju Gunung Besek pada Hari Minggu (5/8/2018) lalu beserta sedikit video singkat mengenai keindahan yang ada di sana. Semoga bisa membantu mereka yang ingin menyambangi Gunung Besek.


Info
Tiket masuk:
Seikhlasnya

Tarif parkir:
-

Jam buka:
-

Fasilitas:
-

Waktu kunjungan terbaik:
Pagi hari saat cuaca cerah

26 comments:

  1. Membaca namanya saya langsung membayangnya nasi, orek tempe, dan ayam goreng, hehe hehe.

    Pemandangan terbuka di atas tebing kayak gitu emang asik banget, sih, di manapun itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Tapi di sono nggak ada nasi, orek tempe, dan ayam goreng hlo.. hehe
      Kalau di Gunung Besek ini meski sebelumnya sudah cukup familiar dengan panorama atas ketinggian, tetep terpesona hlo..

      Delete
  2. Aku banget itu, sering oleng pas anginnya kenceng. Kaya mau kebawa gitu lho wkwk. Makanya sama Ibuku dinasihati: janganlah terlalu kerempeng, nanti terbang terbawa angin.
    Berarti kalau ke sana harus ekstra hati-hati, lha langsung dipeluk jurang kalau sampai jatuh.

    Ku udah nonton videonya. Jalan setapaknya dengan angin kenceng gitu bikin ngiluu kalau liat bawah :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enggak nyangklong tas isine air mineral 1,5 liter mbak, ben ora oleng.. haha
      Betul.. Sisis timur langsung jurang vertikal.. Jadi ya bablas kalau sampai jatuh..

      Hatur nuhun mbak..
      Dishare dong videonya. hehe

      Delete
  3. Cakep banget pemandangannya, udah lama nggak naik2 gunung begini. Dinamain besek apa karena bentuk venue yang buat foto2 itu kotak kayak besek kah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini nggak pakai perjalanan naik kok mbak.. Malah turun.. Enak pokoknya jalan setapaknya..

      Betul.. Denger" karena ada susunan batu yang mirip kotak besek..

      Delete
  4. Judulnya bagus mnggambarkan pesona gunung besek yang memang tersembunyi. Tak terduga, ternyata ada view sekece itu di Kismantoro. Btw pinuse ga mbok bahas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo.. Wingi kae yo ora nyangka yen viewne bakal apik kaya ngono..
      Kan ora sedhuwur perbukitan ning sekitare..

      Wah, ora weh.. Wis kesel pas kuwi..

      Delete
  5. anginnya kenceng itu malah buat tambah asyik suasana
    apalagi gila keren banget itu pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mesti hati-hati bang..
      Dan jadi nggak leluasa kalau mau foto..

      Pemandangannya emang keren betul eh di sini..

      Delete
  6. Hmmm sudah kuduga makna beseknya

    Motovlog e gak onok wajahe samean blas ngunuuu 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Ya memang seperti itu maknanya..

      G usah lah.. G enek faedahe.. hoho

      Delete
  7. suka banget sama pemandangan Gunung Besek, bagi yang belum bisa naik gunung terlalu tinggi seperti saya sekarang ini bisa banget deh buat melampiaskan rindu di gunung besek, tapi kapan ya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. G perlu tenaga ekstra buat jalan kakinya..
      Paling perjalanan naik kendaraan yang bikin capek.. hehe

      Pas libur luangken ke sini mbak..

      Delete
  8. Ngeri ya kalau lg swafoto di pinggir jurang, njuk angine kenceng. Apalagi aku yg kurus gini, bisa melayang kebawa angin. Wkwkwkwk
    Ncen keren ik gunungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus bawa ransel isi air mineral botol gede 2.. hoho

      Delete
  9. Tangan langsung keringetan pas nonton foto & baca tulisan tentang spot yang dipakai buat foto-foto rombongan kui mas. Yang samping e langsung jurang. Iki nggak woro-woro nang grup wa blogger solo 'o, pas meh dolan? Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opo meneh yen langsung mrana ms.. Rasane hayub-hayuben.. haha

      Ora eh..
      Aku y mung dijaki tok..

      Delete
  10. Mirip gunung penanggungan Jawa Timur mas viewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Belum pernah ke sono..
      Baru tau kalau bisa komen pakai akun hipwee..

      Delete
    2. Kok bisa ya pake akun hipwee.. Ternyata penulis hipwee juga sama kaya aku,

      Delete
  11. Dengan tracking 15-20 menit sudah dapat bonus view seindah itu, Fhoto yang di batu itu kayaknya ngeri-ngeri giman gitu klo ada angin lumayan kencang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah lebih cepet trackingnya.. Sama sekali nggak berat dah..
      Betul, ngeri.. Apalagi bagi yang fobia ketinggian.. haha

      Delete
  12. Bebartuan yang menjorok ke tebing itu lo, benar-benar harus ekstra hati-hati. Jangan sampai hanya karena ingin mengambil spot yang indah, justru mendatangkan bahaya. tempatnya indah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas, nggak boleh kebanyakan polah pokoknya.. Fatal kalau sampai jatuh..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin