Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Monday, 23 October 2017

Liburan ke Eropa Bebas Visa? Ke Negara-Negara Ini Aja!

Liburan ke Eropa tentunya menjadi impian bagi para traveller di seluruh Indonesia. Eropa memang memiliki pesonanya tersendiri yang begitu memikat hati. Keindahan alam hingga kekayaan budaya yang ada di Benua Biru (julukan Eropa) tersebut sangat layak untuk dikunjungi dan dijelajahi. Tentunya Jika ingin bepergian ke Eropa, persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi berbeda dengan jika berpergian ke dalam negeri atau negara-negara di ASEAN. Tidak jarang persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi tersebut seperti visa cukup ribet.

Eropa
Sumber: https://www.mapsofworld.com/europe/
Jika ingin berlibur ke Eropa, akan tetapi malas untuk mengurus visa Schengen yang sedikit ribet, beberapa negara di Benua Biru ini memberlakukan bebas visa untuk paspor Indonesia. Tentu saja, masih ada syarat dan ketentuan yang berlaku yang harus dipatuhi, meskipun negara-negara ini memberlakukan bebas visa. Berikut ini adalah negara-negara yang memberlakukan bebas visa untuk paspor Indonesia; yang layak Anda jadikan tujuan destinasi saat berlibur di Eropa:

Rusia

Selama perhelatan Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2018 mendatang, Rusia akan memberlakukan bebas visa untuk paspor Indonesia dan semua Negara. Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bebas visa ini adalah hanya dengan menunjukkan FAN ID yang bisa didapatkan di internet.
sumber:touropia.com
Bebas visa juga berlaku untuk pengunjung yang sedang melakukan perjalanan dinas, diplomatik dan bisnis. Dengan tiga tujuan ini, Rusia memberlakukan masa tinggal selama 14 hari di sana tanpa perlu repot mengurus visa.

Belarus

Tidak jauh dari Rusia, ada sebuah Negara bernama Belarus yang baru saja membuka akses bagi pemegang paspor Indonesia untuk liburan ke sana tanpa visa. Kali persyaratannya adalah harus masuk lewat bandara Minsk dan tidak dalam rute dari dan menuju Rusia.
sumber:jvn.ru
Visa ini berlaku selama lima hari, sehingga merupakan waktu yang cukup untuk menjelajah ke beberapa tempat menarik di Belarusia. Akan tetapi jika perjalanan lebih dari lima hari, atau perjalanan melintasi Rusia, maka mau tidak mau visa harus diurus di kedutaan Belarus.

Turki

Sebenarnya Turki masih memberlakukan visa, akan tetapi visa tersebut bukanlah visa fisik. Sebagai ganti visa fisik, Turki memberlakukan e-visa yang bisa didapatkan di website pemerintahan negara tersebut. Syarat yang harus dipenuhi tidak sesulit visa Eropa dan lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan visa Negara lainnya.
sumber: askidea.com
Namun jika tujuan bepergian ke sana adalah dalam rangka urusan diplomatik atau kedinasan, pemerintah Turki akan membebaskan visa selama 30 hari. Setelah masa berlaku 30 tersebut berakhir, barulah kemudian perlu untuk mengurus visa jika masih ingin untuk menikmati keindahan wisata di negara ini lebih lama.

Andorra

Destinasi selanjutnya di Benua Eropa kali ini menawarkan keindahannya yang luar biasa. Negeri cantik bak dongeng ini memberlakukan bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. Hal yang paling  menggembirakan bagi para traveller adalah tidak adanya persyaratan khusus yang berlaku untuk bisa masuk ke sana.
sumber: pixabay.com
Satu hal yang membuat berat adalah, tidak adanya tiket Garuda yang langsung ke Andorra. Sehingga mau tidak mau jika ingin ke Andorra, maka visa Schengen harus diurus terlebih dahulu di salah satu negara di Eropa. Urutan untuk bisa pergi ke Andorra yang pertama adalah membeli tiket Garuda ke negara tujuan pertama kemudian baru bisa masuk ke Andorra.

Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk masuk ke Andorra, tetapi tidak adanya penerbangan langsung ke Andorra membuat visa Schengen yang cukup ribet tersebut harus diurus terlebih dahulu. Tentunya ada harapan bagi mereka yang ingin ke Andorra bahwa suatu saat nanti akan ada tiket penerbangan Garuda langsung ke negara itu sehingga tidak perlu untuk ribet mengurus visa Schengen.

Armenia

Negara indah ini memberlakukan sistem visa on arrival bagi pemegang paspor Indonesia. Bahkan visa on arrival di Armenia berlaku selama 120 hari. Tentunya waktu tersebut lebih dari cukup untuk menjelajahi dan menikmati serunya perjalanan ketika berada di Negara asal pemain Manchester United bernama Henrikh Mkhitaryan ini.
Sumber:sumber: araratour.com
Jika tujuan perjalanan adalah Negara Armenia, visa bisa diurus di bagian imigrasi bandara setempat. Namun perlu diingat bahwa perjalanan hanya bisa dilakukan di Armenia saja jika memegang visa on arrival karena negara-negara Eropa lainnya masih memberlakukan visa Schengen untuk bisa masuk ke wilayah mereka.

Negara Lainnya

Ada beberapa Negara lain yang memberlakukan bebas visa di Eropa, namun dengan syarat memegang visa Schengen yang masih berlaku atau visa Amerika. Negara-negara tertentu tidak bisa sepenuhnya disebut sebagai negara yang membebaskan visa bagi paspor Indonesia. Namun jika memiliki dua syarat di atas, Kosovo bisa menjadi alternatif destinasi karena memberlakukan masa bebas visa selama 15 hari.

Alternatif lainnya adalah berlibur ke Serbia dengan menggunakan visa Amerika atau Schengen yang memberlakukan bebas visa selama 90 hari. Tentu akan menyenangkan saat menjelajahi Serbia yang cantik meski pernah porak poranda karena bekas perang.


Nah, setelah membaca info di atas; sudahkah punya ide mau ke mana setelah ini?

No comments:

Post a comment

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin