Menggapai Angkasa

Jelajahi Indahnya Negeri Pecahan Surga

Friday, 7 September 2018

MENYAMBUT SENJA DI BUKIT PANDANG KEMUNING, KARANGANYAR

Senja menjadi saat yang dinanti oleh kebanyakan orang. Panorama yang tersaji di ufuk barat, yakni matahari oranye yang semakin perlahan tenggelam ke cakrawala memang begitu indah. Tidak jarang orang-orang sampai rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk menanti keindahan senja.

Senja di Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Senja di Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Ada banyak tempat terbaik untuk menikmati senja seperti TANJUNG KESIRAT, LAUT BEKAH, dan PUNCAK SUROLOYO di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indahnya senja juga bisa dinikmati di lereng barat daya Gunung Lawu, tepatnya di kawasan Kebun Teh Kemuning.

Kebun The Kemuning, Ngargyoso, Karanganyar
Kebun Teh Kemuning ini tepatnya terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari Kota Surakarta, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1 jam 15 menit. Kawasan ini memang telah menjadi favorit wisata, terutama di hari libur karena memiliki hamparan kebun teh luas yang sangat indah.
Surakarta-Bukit Pandang Kemuning

Ada banyak lokasi wisata sepanjang perjalanan sampai di area Kebun Teh Kemuning karena kawasan ini memang sedang dikembangkan untuk menjadi salah satu pusat destinasi wisata di wilayah Karanganyar karena panoramanya yang indah dan suasana lereng gunung yang sejuk. 
Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Saat sampai di kawasan Kebun Teh Kemuning, ada banyak spot wisata yang menanti pengunjung. Salah satunya ialah di Bukit Pandang Kemuning, jika mengacu pada Google Maps yang mana dari sini panorama terbuka di atas ketinggian akan tersaji dengan hamparan luas kebun teh yang menghijau.

Keindahan Sunset di Bukit Pandang Kemuning
Berfoto atau melakukan swafoto (selfie) di tengah hamparan kebun teh yang luas tentu menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan oleh para pengunjung Bukit Pandang Kemuning ini. Tidak ada biaya tambahan untuk berfoto di kebun teh, hanya saja jangan sampai merusak tanaman teh dan juga jangan sampai membuang sampah sembarangan.
Menuju Senja di Bukit Pandang Kemuning
Menuju Senja di Bukit Pandang Kemuning
Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkunjung ke sini. Selain kondisi yang sudah tidak lagi panas, matahari terbenam di ufuk barat pun akan terlihat jelas dari sini dengan catatan cuaca cerah. Jika beruntung, saat cerah-cerahnya Gunung Merapi dan Merbabu akan tampak di kaki langit sebelah barat.
Sunset Hunter
Sunset Hunter
Jika sore hari sangat cerah, puncak Gunung Lawu yang menjulang tinggi juga akan terlihat jelas. Selain itu, saat cuaca mendukung, tampak pula menghiasai pandangan paralayang yang meluncur dengan parasutnya dari lokasi Paralayang Kemuning sehingga semakin menambah keunikan panorama yang tersaji.
Paralayang di Kemuning
Paralayang di Kemuning
Saat matahari sudah tenggelam di ufuk barat, lebih baik untuk segera turun dan pulang karena perjalanan malam melewati jalan berkelok di pegunungan tentu cukup membahayakan. Tentu akan lebih baik jika di tengah perjalanan pulang, saat melewati masjid atau mushalla menyempatkan diri untuk salat maghrib bagi yang melaksanakan.
Sunset Menawan di Bukit Pandang Kemuning
Sunset Menawan di Bukit Pandang Kemuning

Info:
Jam buka
-
Tarif masuk
-
Tarif parkir
Rp2.000,00 (sepeda motor)

Fasilitas
Area parkir (motor-mobil-bus-mini bus-elf), warung makan

Waktu kunjungan terbaik
Sore hari saat cuaca cerah

26 comments:

  1. Wah... dekat Solo! Kapan-kapan bisa ke sini, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul.. Salah satu wisata favoritnya Wong Solo ini..

      Delete
  2. Waw sungguh pemandangan yang indah. Keindahan dari puncak bukit emang paling indah deh yaa, bisa melihat matahari yang terik bangeeettt. Apa kalau pagi hari juga termasuk waktu kunjungan terbaik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sore hari yang cerah emang bagus seperti ini pemandangannya..

      Kalau pagi bagus juga, tapi sunrise-nya gak kelihatan karena terhalang Gunung Lawunya..

      Delete
  3. Ya ampuun, baper akuuuu.. Indah banget uy, jadi pengen main ke Karanganyar.. Tp syg, udah masuk musim penghujan, bakal susah nikmatin sunset :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main ke Karanganyar aja mbak..
      Ada banyak tempat wisata hlo..

      Ini belum penghujan di sini.. Masih sering sunsetnya..

      Delete
    2. Ditempatku kl sore sering mendung, tp nggak hujan. Hayah kl ke karanganyar ku kabarin deh mas, tapi wajib ajakin jalan2.. Wkwk

      Delete
  4. Dapet RoL yaa...
    Oh ya, di Bukit Padang Kemuning terjangkau Musala atau Masjid nggak mas?
    Kadang tuh, kalau nyunset suka keburu-buru ngejar Maghrib. Apalagi kalau jauh dari peradaban :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapet.. hehe

      Kalau di sekitar kebun teh nggak ada.. Adanya di kampung..
      Tapi deket kok perkampungannya, paling 10 menitan..

      Delete
  5. kayaknya paling asyik menikmati sunset sambil ngeteh hasil kebun kemuning tuh..
    pasti nikmat tiada duanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul..
      Paling pas buat para pencinta sunset..

      Delete
  6. Wuaaaah, sunsetnya dapeeet 💕💕

    Pancen huuuapik yo kebun teh kemuning
    koyoke lebih terkesplor sih iki, ketimbang kebun teh kertowono ndek Lumajang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulullah pas oleh wingi..

      Loh, enek kebun teh ternyata ndek Lumajang.. haha

      Delete
  7. Pemandangannya keren, terlebih sunsetnya, duh keren..
    Udah gitu masuknya murah lagi, sangat nyesel kalau gak mengabadikan foto disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunset semuanya keren sepertinya ms.. haha

      Betul, jangan sampai nggak bawa kamera pokoknya..

      Delete
  8. Sunsednya sungguh apik, perpaduan dauh teh di sinari sunsed menjadi objek fhoto yang memukau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kelebihan sunset di Kebun Teh Kemuning karena pemandangan ke arah barat cukup terbuka..

      Delete
  9. elok niann mataharinya, jingga. bagus memang di sini. sayang jalan nanjak sebelum kesini itu lho bikin males

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koyone standar nanjake yen mung tekan Kemuning.. Sing nanjak banget kan yen arep ng Candi Cetho.. hoho

      Delete
  10. Aah, nyesel aku ga dtg pas sunset gini. Ga tau kalo bakal secakep itu :o. Trakhir mudik ke solo, sempet ke kemuning ini, tp siangan. Puas ngeteh2 dan foto, lga turun lagi ke solo. Next kesana hrs pas sunset deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tahan dikit sampai sore dapet sunset hlo..

      Sipp" besok lagi jangan lewatkan sunsetnya.. hehe

      Delete
  11. Pemadangan yang Indah, betapa mempesonanya Alam Indonesia ini. Sungguh hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk Negeri Tercinta ini.

    ReplyDelete
  12. Wah cantik banget sunsetnya. Saya suka sekali sunset tp jarang bisa menikmatinya karena tempat2 melihat sunset bagus biasanya jauh dari pemukiman. Serem kalau harus balik malem2. Tapi kalau sunsetnya kaya di kebun teh ini, wahhh sayang banget kalau nggak mampir. Thanks banget infonya. Salam kenal 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak temen biar nggak serem kalau balik pas gelap.. hehe

      Sipp.. Sama"..

      Delete

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Silakan tinggalkan komentar, semoga yang komen rezekinya lancar dan berkah selalu.. Aamiin