Belajar SEO di Kelas Gratis BRT Network

49 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing tentang pengalaman saya belajar SEO di Kelas Gratis BRT Network. Banyak ilmu SEO yang saya lupa. Mungkin karena belum saya terapkan sepenuhnya.

Jadi saya ikut kelas ini lagi, dengan harapan bisa memanggil jiwa-jiwa mager saya biar saya mau dan rajin lagi nulis menggunakan kaidah SEO. Udah mulai merapikan internal link, dalaman blog, menulis rapi, dan lainnya.

kelas seo gratis untuk pemula

Penerapan SEO Saya Sejauh Ini

Sebelumnya saya pernah ikut kelas SEO-nya Mas Qbenk di SEO Moms, kelas nulis artikelnya Mas Erik Aristo, dan kelas SEO-nya Om Pewe dkk di BRT Network. Materinya hampir sama sih. Tapi yang namanya manusia, harus mau terus menerus belajar.

Sejauh ini, penerapan SEO yang telah saya lakukan antara lain:

  1. Penulisan H1 dan H2 untuk Judul Artikel dan Sub Judul
  2. Peletakan keyword di awal paragraf, tengah paragraf, dan akhir paragraf
  3. Peletakan keyword di Heading
  4. Penulisan meta deskripsi di masing-masing postingan (ya belum semuanya sih)
  5. Penulisan deskripsi gambar
  6. Cara baca Google Analytics dan Google Search Console

Itu sih. Kalau yang nomor 2 dan 5 masih jarang-jarang saya terapkan, hahaha. Tapi suatu hari, biasanya saya akan rapelan untuk mengerjakan itu semua.

Tapi semoga tidak lagi. Saya pengennya ketika selesai nulis artikel, maka harus saya selesaikan pula urusan per-SEO-annya. Salah satu artikel yang sudah saya rapikan SEO-nya adalah artikel travel saya tentang Merapi Garden di Boyolali.

Dapat Ilmu Apa Aja dari Kelas Gratis BRT Network?

Awal bulan, saya akhirnya join lagi untuk kedua kalinya di kelasnya Kak Monic dan Om Pewe. Yang kesempatan pertama, saya dikeluarin dari grup karena ada 1 anggota yang nggak ngerjain tugas. Wuaah, sedihnya.

Tapi yaaa mari kita syukuri apa pun yang terjadi. Setidaknya, saya punya sejumlah ilmu yang sebagian sudah saya terapkan sehingga mampu mendongkrak traffic di blog halokakros.com.

Kelas baru berlangsung 5 hari. Namun cukup padat ilmu yang saya dapatkan dari kelas gratis BRT Network. Apa sajakah itu?

1. Merapikan struktur heading

Kemarin-kemarin saya cek struktur heading pakai add ons SEO Meta 1 Click. Hasilnya ya rapi-rapi aja. Tapi di kelas ini, saya diajarkan untuk menggunakan add ons META SEO Inspector. Jadinya H1 saya isinya 0 karakter alias tak terdeteksi.

Beragam cara saya coba. Namun pada akhirnya saya harus merelakan logo/header menggapaiangkasa demi mendapatkan H1. Saya mau edit H1 di edit HTML, tapi nggak dapat-dapat. Jadi ya sementara ini aja dulu.

Opreknya nanti aja lagi. Soalnya pas dicek di halaman postingan/artikel, nggak ada judul blog atau logo di bagian atas euy. Malah hilang, hahaha. 

2. Cek identitas blog (meta content, meta deskripsi, dll)

Saya menyebutnya sebagai identitas blog. Identitas blog ini meliputi nama blog, deskripsi blog, judul blog, asal negara, dan lainnya. Punya saya tuh nggak error alias aman. Mungkin karena saya pakai templatenya Mas Sugeng kali ya.

Saya tuh pengennya tetap terus mengembangkan blog ini menjadi blog travel. Maka dari itu nama blog ini saya ubah menjadi Travel Blogger Indonesia. Ingin sebenarnya mengganti alamat domain, tapi eman-eman. Jadinya ya mari kita manfaatkan dengan baik untuk membahas tentang perjalanan ke tempat wisata dan cari kuliner enak.

3. 18 Parameter SEO On Page

Ini sebenarnya sudah saya pelajari di kelas yang lalu. Jadi ketika mendapatkan materi ini, saya seperti re-call. Memanggil memori saya kembali, kemudian review apakah saya sudah melakukannya atau belum.

Apa sajakah 18 parameter SEO On Page yang harus kita terapkan? Berikut ini sudah saya buatkan infografisnya:

gambar parameter seo


Nah, itulah 18 parameter SEO On Page yang harus saya terapkan. Yaa Inshaa Allah bisa. Yuk optimis!

Tujuannya apa? Supaya konten-konten saya tentang tempat wisata di Solo, tempat wisata di Jogja, dan lainnya bisa naik ke page one. Konten saya yang laris naik ke page one masih seputar Waduk Gajah Mungkur.

4. Google Analytics dan Google Search Console

Sebenarnya saya sudah pasang GA dan GSC. Alhamdulillah udah jalan juga untuk kedua blog. Tapi di kelas ini, penjabaran GA dan GSC-nya lengkap dan detail banget. Salut deh sama Mas Priyo yang ngasih materinya pol-polan. 

5. Kode-kode baru untuk problem solving by Kelas Gratis BRT Network

Saya tuh sebenarnya udah lama utak-atik html (ya karena penasaran sih). Tapi ya gitu. Kadang nemu solusinya, kadang macet. Kadang juga bingung, ini kata kuncinya apa ya.

Di kelas BRT Network yang gratis ini, coachnya asyik-asyik. Yang saya suka ya Bang Zen dan Mbak Marita. Mereka tuh pol-polan kalau share kode html. Memberikan berbagai alternatif kode html untuk berbagai masalah.

Beberapa kode saya simpan untuk saya pelajari. Karena mempelajari kode-kode tuh sulit, jadi kudu mau belajar meski sedikit-sedikit.

Apabila mempelajari kode-kode html ini sendirian, dijamin pusing. Bahkan kalau ada terkendala, rasanya stuck seperti jalan di tempat hingga akhirnya stop alias berhenti. 

Ternyata pengalaman yang saya rasakan ini, juga dialami oleh Mbak Dian Purnama. Pengalama Mbak Dian ini juga ia tuliskan di blognya yang juga membahas tentang Kelas SEO Gratis dari BRT Network

Penerapan SEO yang Hendak Saya Lakukan

Setelah mendapatkan ilmu-ilmu tentang SEO tersebut, ya saya harus menerapkannya. Apa saja yang hendak saya terapkan dalam waktu dekat?

  1. Rajin menambahkan internal link (minimal 3)
  2. Rajin cari keyword LSI
  3. Mulai menulis kesimpulan dan sekalian dijadikan H2
  4. Mengatur besar image
  5. Membaca lagi data kemauan pengunjung dan google melalui GA dan GSC

Kesimpulan

Ikut kelas free BRT Network ini menyenangkan. Ada suka, ya tentu ada duka. Sukanya apa? Saya bisa recall ilmu-ilmu SEO dan terpicu untuk menerapkannya lagi. Saya juga suka ada tugas berkelompok, jadi bisa menambah teman baru dan bisa lebih erat berpegangan tangan.

Lalu dukanya apa? Hmm, ya takut aja sih kalau suatu hari saya dikeluarkan dari grup seperti kelas sebelumnya. Masih sedikit ilmu yang saya dapatkan karena dulu hanya ikut separuh jalan. Tolong dong, jangan sampai saya ikutnya hanya separuh jalan lagi...

kelas seo gratis BRT Network

Yak itulah, suka duka dan apa saja yang saya pelajari di kelas gratis BRT Networknya Kak Monic dan Om Pewe. Semoga saya bisa bertahan sampai akhir. Semoga ilmu-ilmu SEO-nya bisa saya terapkan seluruhnya. 

Saya berharap, semoga blog dan tulisan saya bisa SEO friendly sehingga dapat menjangkau banyak pembaca. Harapan ini sama dengan yang diungkapkan oleh mbak Ratna Palupi yang juga mengikuti kelas gratis BRT Network.

Oh ya, harapan saya yang paling besar adalah semoga traffic saya terdongkrak naik. Semoga bisa gajian bulanan dari Adsense. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

49 komentar

Heni mengatakan…
Keren kak OCHA.... Semangat berkarya selalu ya 🤗
Putri Kusuma mengatakan…
wah dapet ilmu baru nih aku, terima kasih ya kak. nanti aku terapin😃
Alfiyah Rachma mengatakan…
Hwaaaa baru baca di sini langsung mudeng 😭😭😭 tapi harus bener bener di pelajsrin lagi 🥺 aku masih nol banget 😭😭😭
Fevtri Sjahrir mengatakan…
Wuaahhh baca ini seolah jadi ikutan belajar. Setidaknya jadi lebih tau soal SEO. Meski buat penerapannya butuh waktu ya. Harus belajar terus. 😊😊😊😊

Thanks Kak Rhooss. Artikelnya membantu banget nih buat aku yang awam. Hihihihi.
Khoirur Rohmah mengatakan…
Terus kasih aku ilmu baru dari blog ini ya mbak. Supaya aku yg belum bisa ikutan kelas SEO tetap dapat asupan utk otak.
Sbnrnya mupeng juga krena aku belum berbenah apapun sama blog aku, dan butuh sangat utk gali ilmu SEO trmsuk dari BRT
Smoga next Class bisa ikutan
joe candra mengatakan…
Wah, udah jago nih SEO nya. Mantabbb ros, kerennn emang BRT nih
Bintang Candra Jatmiko mengatakan…
hwaaaaaa

semangat mbak rhoosssssku

selain makin cantik
makin cetar membahana badai pula ya postingannya
:)
:)
Fitranda KT mengatakan…
yak semangat belajarnya ya kakakku. Semoga bisa gajian adsense tiap bulan biar bisa nraktir aku makan terus
☆*: .。. o(≧▽≦)o .。.:*☆
Shinta Dwi Safitri mengatakan…
Artikelnya sangat membantu nihh buat aku.. semangat nulisnya kak Ross😍
suga tangguh mengatakan…
SEO dan menulis di blog itu kesatuan yg tidak bisa dipisahkan. Pengen bgt nambah skill di SEO. Akhir2 juga bikin sadar nulis tanpa seo itu kaya ngelakuin hal yg setengah2 😂 apalagi pengetahuan tentang gsc tentang index artikel di google. Capek nulis2 tapi gk keindex di mesin pencarian kan ky sia2
Hasan mengatakan…
Wah mbak nya otw jadi suhu SEO :D
Indri Ariadna mengatakan…
Menarik banget mba, kalo saya mau fokus di SEO off-page nya nih buat blog baru
DAMAR GUMILAR mengatakan…
Mantab banget. Semoga bisa konsisten menerapkan parameter SEO-nya yaaa...
Faisol abrori mengatakan…
wah maksimal 100kb yah? Apa daya fileku yg besar". But next harus rajin kompres gambar nih
Rizki Vadilla mengatakan…
Menarik banget ilmunya, jadi pengen ikutan kelas juga, untuk heading sama meta pernah nerapin, tapi untuk trik-trik lain baru mau nyoba mendalami lagi.
Imawati A. Wardhani mengatakan…
Wah semangat belajar codingnya. Ngurusin blog yang niat banget itu emang butuh effort. Nggak bisa kita ada di zona nyaman cuma nulis lalu publish doang ya.
Mohamad Wawan mengatakan…
Lanjutkan! Laptop kayak pernah kenal tuh. Semoga makin sukses jadi blogger yaaa
Ilham Sadli mengatakan…
Aku jadi kangen ikut kelas yang begini, yang biasanya ada challange. Soalnya jadi ngerasa tertantang aja gitu
Siti Handayani mengatakan…
semangat ya, mbak Ocha pasti bisa. Semoga bisa jadi blogger yang sukses dan adsense lancar jayaaaaaaa
Anggara Wikan Prasetya mengatakan…
Waw, keren belajarnya..
Semoga blognya makin maju dan berjaya melalui kelas SEO, sehingga bisa menebar manfaat bagi semua orang.. Aamiin
Yuliatin mengatakan…
semangat ya mba Rosa ngeblognya. Aku suka baca-baca bloge samean
Ahmad Habib Sholahuddin mengatakan…
Barakallah mbak Rhos, semoga jadi blogger yang amanah dan menebar banyak manfaat. sehat Badan Lan Bathin. Bermanfaat seluas2nya.
Amelia Ika Puspitasari mengatakan…
semangat ya Rhos. aku yakin kamu pasti bisa. semoga cita-citamu tercapai dan kita sama-sama jadi orang sukses wkwkwk
Aamiin....
Ariska Sihombing mengatakan…
iya Rhos, semangat ya. semoga sukses selalu dan jadi bloger terkenal. kapan2 main ke rumah Rhos, main sama Erdo
Nova Violita mengatakan…
nah baru tau kalo kesimpulan itu penting. mulai saat ini kudu nulis sitematis..
Nur Fitriah Andriyani mengatakan…
Masyaallah, keren Kak Ros
Ngeblognya membuahkan hasil
Tetap semangat dan semoga tambah sukses ya kak Ros, Aamiin ya rabbal alamin 🤲🏻
Dimas Ganda mengatakan…
keren mbak. lanjutkan. karena belajar itu tak pernah berhenti. kita harus terus belajar demi menjadi pribadi yg lbh baik
Lintang Aini mengatakan…
Uwaaa keren bgt mba Ros. Tulisannya bagus dan renyah buat dicoba
Iwan Fahmi mengatakan…
Mantap djiwa Rhos!!!
Semoga selalu semangat ngeblognya. Perbanyaklah belajar dan kolega
town story mengatakan…
Wah bisa nyontek nih tipsnya, aku baru belajar ngeblog nih...makasih ya udah sharing ilmu yg keren abisss ini
Roselolitaaa mengatakan…
ocaaaaaa, semangat ya ngeblognya. kamu pasti bisa. kapan2 main ke bwi soalnya bagus2 wisatanya buat konten travel caaaaaaaa :-*
Bhaskara Pramana mengatakan…
Wuah keren mbak ochaa. Semoga dilancarkan yaaa kelasnya. Semoga bisa jadi blogger yg hebat & bermanfaat bagi banyak orang
Sandiyah mengatakan…
Baca cerita sharing mbak Ocha bisa ikut ngerasain senengnya belajar blog. Jadi pingin ngulik ngulik juga. Semangat mbak, terus tulis cerita baru belajar blog yaa. Hehe sekalian belajar dari tulisan mbak Ocha. Semangkaa....
Putri Tunjung Sari mengatakan…
Semangat ya mbak Ros. Jangan lupa bagi2 ilmunya. Barakallah
Era Wijaya Sapamama mengatakan…
Tulisannya insightfull mba... pas banget nih baru belajar SEO, biar kualitas blog makin bagus. coba aku mampir ke BRT networknya ah
Dian farida ismyama mengatakan…
H1 ini terus terang aku masih bingung. Kalo di WP berarti judul dibikin heading juga? Atau cuma bisa dg cara ngoprek html? Entahlah. Cek lagi keyword di lsi juga blm kulakukan. Mencari tahu yang dibutuhkan pembaca juga jarang. Duh, macam mana pula aq nih
Ini blog kedua ya mbak? Baru tau :D
Wah aku catat nih parameter SEO-nya apa aja, makasih udah berbagi mbak.
Keren banget udah ada target2 ngeblog yang udah dibidik nih. Semoga segera tercapai semuanya ya mbak.
Kata Nieke mengatakan…
Terima kasih sudah sharing ilmunya dari kelas BRT. Detil banget dan terkesan enggak pelit berbagi ilmu. Saya jadi tergerak membenahi blog saya juga nih.
Antung apriana mengatakan…
Mbak keyword lsi itu maksudnya apa ya? Soal peletakan keyword di awal paragraf itu lumayan tricky kalau menurutku. Kita harus pintar-pintar bikin kalimat biar benar-benar organik
April Fatmasari mengatakan…
Seru ya Mbak, belajarnya. Saya juga ketagihan pingin ikutan kelas BRT lagii. Hiks, terdepak di kelas akhir
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Duh terima kasih sudah berbagi, setidaknya aku yang kebetulan belum beruntung bisa ikutan jadi bisa belajar juga, semoga sukses sampai akhir ya mbak dan bisa menularkan ilmu pada yang belum ikutan.
Saya tuh pengen banget ngoprek Heading. Kayanya sih blog saya meski sudah ada H1, H2, H3, dll tapi posisinya masih lompat-lompat. Semoga tahun depan BRT buka kelas lagi dan saya bisa ikutan.
Rani Retnosari Mantriana mengatakan…
Keren mbak.. Aku auto nengok blog sendiri karena pasti banyak yang harus aku perbaiki juga nih, hiks.. Ohiya mbak nanti materi selanjutnya share juga ya, kepo banget pengen baca lagi
Rindang Yuliani mengatakan…
Wah dari 18 parameter seo on page di atas belum semua kuterapin nih. Otw mnereapkan semuanya nih biar blogku juga lebih mudah kedetect mesin pencari. Terima kasih Kak infonya.
Okti Li mengatakan…
Terimakasih nih semua ilmunya saya ikut belajar juga.
Semoga berhasil ikut kelasnya sampai akhir ya
Aamiin...
Kurnia amelia mengatakan…
Pengen banget ikut BRT Network deh pengen bebedah blog dan paham SEO. Ini daftarnya dimana ya kak?. Thx
Nyi Penengah mengatakan…
Mantep nih mbak langsung ke mastah BRT belajarnya ya
aku nggak ikutan, semoga ada rejeki kapan2 ikutan kelasnya
Putu Felisia mengatakan…
Wah, terima kasih banyak infonya, Mbak. Mau coba menerapkan sedikit2 di blog saya juga ah.