Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Blog Planner 2022 dengan Excel

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing tentang blog planner saya di tahun 2022. Mulai dari blog planner tahunan, rencana bulanan, mingguan, dan harian. Sederhananya, saya akan sharing bagaimana rencana saya ngeblog 1 tahun ke depan.

Tentu saja, saya juga akan ngasih contoh blog planner untuk teman-teman yang membutuhkan. Kalau artikel ini laris atau saya melihat peluang keyword blog planner ini berjalan baik, kemungkinan besar saya akan sharing sejumlah template blog planner yang bisa diedit langsung oleh teman-teman.

buku blog planner


Blog Planner Itu Apa?

Blog planner adalah perencanaan sebuah blog, kapan artikel tayang dan bagaimana cara + target optimasinya. 

Sebenarnya kita bisa aja sih ngeblog tanpa memiliki blog planner. Namun kemungkinan kita akan berjalan lambat dan tanpa tahu arah.

Sebab, kata pepatah "adanya sebuah rencana yang matang, menunjukkan separuh jalan kesuksesan". 

Jadi yaa mari kita bikin blog planner karena akan membantu kita dalam mengelola sebuah blog. Apalagi kalau kamu punya banyak blog, kerjaan, dan lainnya. Maka kamu harus pandai-pandai membuat blog planner.

Manfaat Blog Planner

Kemarin, saya ikut kelas SEO oleh BRT Network. Salah satu materinya adalah blog planner yang disampaikan oleh Coach Marita. 

Menyimak materi beliau, saya jadi paham seberapa penting blog planner dan seberapa besar manfaatnya. Berikut ini adalah hasil rangkuman mengenai manfaat blog planner yang pasti akan teman-teman rasakan juga:

infografis blog planner

Kalau kita rajin membuat blog planner dan nurut untuk mengikuti arahan sesuai blog planner, maka dijamin urusan per-ngeblog-an kita akan aman dan lancar terkendali.

Mengenal Blog Planner

Sebenarnya, saya sudah mengenal blog planner sejak lama. Saya juga bikin. Kala itu 3 tahun lalu saya bikin di bullet journalling. Isi bujo-nya sih campuran sama aktivitas kuliah. Jadinya kadang diisi, kadang tidak.

Namun karena kemarin dikasih insight banyak oleh Mbak Marita, saya jadi terpacu lagi untuk semangat bikin blog planner. 

menulis planner book

Saya jadi tahu bahwa ada baiknya bila kita memiliki blog plan tahunan, bulanan, dan mingguan. Mengapa begitu? Karena bertujuan untuk memudahkan kita merencanakan sesuatu terkait blog.

  • Blog planner tahunan: berguna untuk menentukan goals/target kita ngeblog setahun ke depan
  • Blog planner bulanan: menentukan hari-hari yang akan kita isi aktivitas blogging dan penunjangnya
  • Blog planner mingguan: menjadi penentu tema konten supaya bisa terisi sesuai jadwal mingguan

Ini Wujud dan Uraian Blog Planner Saya

Supaya ilmu yang saya dapatkan tidak ngambang dan menghilang begitu saja, ada baiknya bila saya membuat blog planner juga. 

Alhamdulillah saya telah membuat blog planner versi saya untuk rencana ngeblog tahunan, mingguan, dan rutinitas harian yang tersaji dalam kalender bulanan.

Saya bikin blog planner di Excel. Pengennya sih bikin planner di Canva ya biar bisa desain cantik-cantik gitu. Tapi kok malas ya. Khawatir saya menghabiskan waktu untuk desain daripada membuat blog plan dan menerbitkan artikel.

Jadinya saya bikin blog planner melalui Excel. Kebetulan di Excel sudah ada template planner yang bisa langsung kita pakai. Dan inilah intisari dari blog planner saya.

contoh bikin planner di excel

Target Saya Ngeblog Tahun Ini Memang Cuan

Alhamdulillah, di tahun 2021 saya sudah berhasil mendapatkan adsense. Hingga saat ini, saya merasakan payout Adsense tiap 2 bulan sekali untuk blog HKR.com. Kalau untuk blog MA.com, masih belum payout sampai sekarang, hahaha.

Iya, saya mengelola 2 blog. Blog HKR ini blog milik saya. Sedangkan blog MA.com ini dulunya punya pacar saya, kemudian dia pindah ke Youtube. Alhasil, blognya saya ambil alih dan saya kelola sekaligus saya jadikan ladang mencari cuan, hehe. 

Untuk kisah perpindahannya, sudah saya tuliskan ceritanya di sini: Ke Mana Anggara?

Semenjak merasakan pageview rame banget di HKR hingga bisa payout tiap 2 bulan sekali, saya kan jadi pengen payout Adsense tiap bulan dengan nominal tertentu. Hingga akhirnya, saya memutuskan untuk menargetkan payout adsense dari HKR.com sejumlah minimal 5juta/bulan.

Apakah bisa? Ya Inshaa Allah harus bisa. Setelah memiliki kalender blog, saya jadi semangat untuk mengisi konten sekaligus membenahi blog. 

Saya pengennya tuh, di usia 30 tahun saya sudah merdeka finansial dan cuma leyeh-leyeh aja kerjaannya di rumah. Travelling bareng keluarga, staycation di hotel, nongkrong cantik di kafe (kalau masih bisa), dan kerjaannya cuma intip dasboard Adsense, hehehe.

Sedangkan untuk blog MA, duh kayaknya masih sulit deh. Blog MA.com ini kontennya travel. Tapi topik tentang tempat wisata nggak begitu laris cuy. Yang laris ya rangkuman hotel dan lainnya. 

Jadi saya akan mencoba untuk menulis artikel travel yang sering dicari oleh orang-orang. Supaya bisa payout tiap bulan dan bisa travelling terus, hehehe. Mulai dari liburan ke Bali, liburan ke Lombok, travelling ke Jambi, bahkan travelling ke luar negeri.

Lalu bagaimana caranya?

Ya memperbanyak pageview lah. Makanya target pageview saya tinggi banget. Sebenarnya, untuk bisa payout per bulan, setidaknya sebuah blog harus mampu mendulang pageview harian sebesar 7000. Kalau masih 7000 sebulan ya bakalan lama payoutnya.

Blog MA.com Saat Ini dan Harapannya

Untuk blog MA.com, saya menargetkan pageview 100.000/bulan atau ya 4.000/hari. Kalau saat ini masih 200 pv/hari atau 5000 pv/hari. Masih kecil sih. 

Tapi ya Inshaa Allah bisa. Toh kemarin sudah mengantongin banyak ilmu dari kelas SEO BRT Network, hoho.

Blog HKR.com Saat Ini dan Harapannya

Untuk blog HKR.com, saya menargetkan pageview 500.000/bulan atau 5x lipat dari pageview bulanan saat ini. Kalau ingin pageview 5x lipat, maka saya harus bekerja lebih keras 5x lipat, bukan?

Sebenarnya, bekerja 5x lipat ini bukan berarti harus posting 5x sehari sih. Melainkan saya harus lebih serius untuk bikin konten populer di blog. 

Bikin konten populer dan unik itu susah loh. Harus riset. Harus bikin materinya yang seringkali lama. Namun Inshaa Allah sebanding dengan apa yang diharapkan oleh para pengunjung.

Apakah Perlu Blog Plan Bulanan?

Sebenarnya, sebelum membuat blog plan mingguan, ada baiknya kita membuat blog plan bulanan (monthly). Contohnya, pada awal bulan melakukan riset keyword, lalu pada akhir bulan melakukan evaluasi blog.

Namun sepertinya saya tidak menjalankan itu. Saya tidak menjalankan aktivitas itu setiap bulan. Sebab, di sela-sela waktu luang saya sering riset keyword karena penasaran dengan keyword-keyword populer.

Untuk evaluasi blog, ya tiap pekan saya evaluasi. Jadinya, blog plan monthly nggak berlaku buat saya. Melainkan, saya perlunya kalender bulanan tentang blogging.

Menentukan Blog Planner Mingguan

Nah, untuk membuat kalender bulanan, maka saya harus membuat blog planner mingguan supaya lebih tertata rapi. Dalam hal ini, saya menentukan hari A posting tema apa, hari B aktivitas saya apa, dst.
Berikut ini adalah uraian mengenai blog planner mingguan saya:

  • Senin: menulis agenda baru di blog planner, cek-cek kerjaan, menentukan target tempo pendek
  • Selasa: menulis artikel untuk MA.com tentang travel yang topiknya by research keyword
  • Rabu: menulis artikel untuk HKR.com yang isinya tentang template-template dokumen supaya banyak orang yang download dari blog ini
  • Kamis: menulis artikel untuk MA.com tentang travel berdasarkan pengalaman travelling
  • Jumat: menulis artikel untuk HKR.com yang isinya tentang contoh teks-teks supaya bisa menjadi rujukan banyak orang
  • Sabtu: saatnya leyeh-leyeh, biasanya baca-baca blog, review-review tulisan, dan lainnya.
  • Minggu: saatnya review kegiatan selama seminggu terakhir dalam topik Cerita Sepekan

Untuk evaluasi blog, akan saya lakukan setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Yang wajib sih hari Kamis dan Jumat. Kalau Sabtu dan Minggu waktunya leyeh-leyeh banget.

Ini Blog Plan Minggu Ini

Untuk pekan ini, saya coba paparkan bagaimana planner blog selama tanggal 13-18 Desember. Dengan mencatat di sini, biasanya saya terdoktrin untuk mengerjakannya.

  • 13 Des: bikin blog plan, mengerjakan 2 artikel pesanan
  • 14 Des: bikin artikel tentang blog planner, mengerjakan 1 artikel pesanan, mulai mencicil artikel untuk lomba blog
  • 15 Des: cek ulang untuk tugas 4 dan 5 BRT Network, finalisasi artikel untuk lomba blog
  • 16 Des: posting artikel di MA.com tentang Candi Sukuh, mengerjakan 1 artikel pesanan, cek SEO 5 artikel di MA.com
  • 17 Des: mengerjakan artikel tentang teks MC acara kampus untuk HKR.com, lalu cek SEO 5 artikel di HKR.com
  • 18 Des: leyeh-leyeh, santai-santai baca blog orang

Udah. Itulah blog plan saya pekan ini. Cukup padat shay. Mengingat bahwa hari Sabtu dan Minggu saya akan direpotkan oleh banyak orang, hoho.

Membuat Kalender Blog Bulanan

Usai menentukan weekly planner, maka saya bisa menjadikan aktivitas tiap weekly itu sebagai aktivitas rutin. Jadi Google bisa ngerti bahwa tiap hari Selasa, blog MA.com akan menerbitkan artikel tentang travel, begitu seterusnya.

Karena panduannya sudah lebih jelas, maka saya lebih mudah membuat kalender bulanan. Btw, kalender bulan Desember sudah saya share ya di atas tadi.

Untuk pengisian kalender bulanan, rencananya akan saya isi sesaat sebelum memasuki bulan baru. Kalau lagi luang, ya bisa isi kalender blog planner sih. Jadi ya senyamannya aja.

Dengan memiliki kalender blog bulanan ini, saya jadi lebih bisa memetakan artikel-artikel prioritas. Artikel kerjaan akan saya utamakan terlebih dahulu. Nah, artikel wajib weekly juga harus disiapkan, kalau bisa jauh-jauh hari sih supaya bisa lebih santai menikmati hari.

Belajar Bikin Blog Planner 

Kabar baiknya, teman-teman saya juga pada bikin blog planner. Jadi saya bisa menyimak harapan mereka yang tertera di planner mereka sekaligus meng-aamiin-kannya.

Salah satu blog planner yang menarik adalah punya Kak Vicky Laurentina, seorang travel food blogger Indonesia yang tinggal di Surabaya. Gara-gara Kak Vicky share planner dia duluan, eh teman-teman terinspirasi dan ikutan bikin planner kayak beliau. 

Ya wajar sih, soalnya blog planner travel food punya Kak Vicky keren dan detail banget sampai aktivitas sosmednya. Targetnya ya supaya banyak pembaca kuliner Surabaya yang terinspirasi olehnya.

Salah satu teman sekelompok yang blog plannya terinspirasi dari blogger Surabaya barusan adalah Kak Bening Pertiwi. Beliau blognya blogspot juga. Saat ubah jpg ke webp, kita sama-sama pake gitbash. Tapi kak Bening nggak perlu instal phyton, sedangkan saya kudu instal phyton, baru running, hahaha.

Anggota yang paling aktif di grup adalah Kak Istiqomah. Beliau adalah blogger newbie asal Sidoarjo. Dulu kita pernah nge-zoom bareng ya supaya saya bisa sharing tentang dunia blog. Meski masih newbie, kak Isti ini semangat banget belajar ngeblog. Terlihat dari keatifannya bertanya di grup umum, grup kelompok, maupun japri, hehehe.

Terakhir, adalah Kak Ajeng Pujianti, seorang blogger sekaligus Ibu dari 3 anak. Konten di blognya adalah fokus tentang parenting. Kak Ajeng ini lebih teliti soal tugas daripada aku, hehehe. 

Kesimpulan

Nah, itulah blog planner buatan saya. Saya telah membuat dan merancang blog planner untuk tahun 2022 yang ternyata goals utama saya adalah Adsense. Tujuannya: biar bisa hidup leyeh-leyeh atau lumah-lumah.

Kemudian, saya telah membuat blog planner untuk bulan ini dalam wujud kalender bulanan. Kalender bulanan ini saya buat berdasarkan panduan weekly planner yang telah saya tetapkan.

Harapannya, saya bisa ngeblog dengan mematuhi blog planner sekaligus menerapkan 18 parameter SEO supaya hidup bisa lebih cuan! Aamiin, hehe.

Wassalamualaikum wr wb


11 komentar untuk "Bikin Blog Planner 2022 dengan Excel"

  1. mbaaak, aku naksir banget sama desain blog plannermu. kelihatan rapi gitu. kayaknya perlu nih, tulisanku yang berantakan dimasukkan kotak2 gini biar lebih rapi. habis itu dipajang di dinding kamar ya, biar enggak lupa, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. download aja mbak di excel, banyak kok templatenya

      Hapus
  2. Kak keren banget design plannya, sangat terperinci jelas sekali. Sangat menginspiratif sekali kak. Bisa jadi acuan blog plannernya kak.

    BalasHapus
  3. selalu suka baca postingan kakak karena kayak lagi dijelasin langsung, bener-bener lengkap

    BalasHapus
  4. Rasanya rapi sekali melihat rencana Rhos ini. Semoga bisa terlaksana dengan konsisten. Rhos, kamu ta' tungguin ngelist di WAG Blogwalking Anti Endorse.

    BalasHapus
  5. Aku sempet Mandeg kak
    Baca ini jadi terpacu lagi, semoga ga males,sedihnya 😁

    BalasHapus
  6. wah targetnya fantasitik ya mbak, dari 200 pv/hari jadi 4000pv/hari. sedikit banyak saya bisa dapat gambar untuk blog panner itu. saya setuju sih, kalau mau ningkatin pengunjung 5 kali lipat, berarti kita harus berusaha 5 kali lipat pula, tapi bukan nulis 5 artikel ya.. noted bangeet

    BalasHapus
  7. Perencanaan ngeblog yang sangat matang, semoga hasilnya pun dapat lebih bermanfaat bagi para pengunjung, sebagai tambahan ilmu pengetahuan yang bisa diterapkan maupun diamalkan. Aamiin. Mudah-mudahan juga semakin bermanfaat bagi mba Rhos dan pacarnya, he he. Cuan cuan dan cuan, yakinlah asal tekun ngeblog, insya Allah cuan adsense akan segera dapat cair tiap bulannya. Oh ya jangan lupa lebih rajin berdoa ya mba?

    BalasHapus